Home » ASI (Air Susu Ibu) » Vitamin Penting yang Dibutuhkan Ibu Menyusui

Vitamin Penting yang Dibutuhkan Ibu Menyusui

Vitamin Penting yang Dibutuhkan Ibu Menyusui – Proses menyusui membuat ibu membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Hal ini tentu dilakukan guna memberikan ASI yang berkualitas pada buah hatinya. Bila nutrisi dari makanan tidak cukup memenuhi kebutuhan nutrisi ibu menyusui. Maka ada beberapa jenis vitamin yang penting diperhatikan dan dipenuhi dengan baik.

Selama proses menyusui seorang ibu hamil membutuhkan nutrisi yang cukup guna menjaga kualitas air susu ibu (ASI) nya dengan baik. Terjaganya kualitas ASI pada seorang wanita tentu akan dapat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si buah hati.

Adapun nutrisi tersebut terdiri dari vitamin dan mineral yang mencukupi kebutuhan sehari-hari. Pada umumya, guna mencukupi kebutuhan vitamin ini ibu menyusui tidak melulu harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan suplemen terbaik. Sebab pada dasarnya, pemenuhan nutrisi ini dapat dilakukan dengan cara yang lebih alami yang ada disekeliling kita. Salah satunya adalah dengan memperhatikan asupan makanan kedalam tubuh.

Seorang ibu menyusui diharapkan untuk tidak mengalami kekurangan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan nutrisi akan membuat kualitas ASI menjadi buruk. Akibatnya, pemberian ASI yang baik terhadap si kecil akan dapat terkendala. Hal ini pun akan dapat mempengaruhi kesehatan dari ibu menyusui dan si kecil yang disusui.

Meskipun sibuk untuk memberikan nutrisi terbaik untuk buah hati dengan memberikan ASI ekslusif. Anda pun tidak boleh melupakan kesehatan diri sendiri. Sebagai ibu menyusui anda tentu perlu juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh anda. Sehingga apa yang anda berikan pada si kecil lewat ASI akan dapat terjaga kualitasnya dengan baik.

Nutrisi berupa vitamin dan mineral pada dasarnya dapat diperoleh dari konsumsi makanan dan minuman berbahan alami yang anda jumpai disekitar anda. Nah, agar ibu menyusui tidak monoton dengan mengkonsumi makanan itu-itu saja. Maka kemampuan untuk mengkreasikan dan memadu padankan makanan akan sangat penitng untuk dilakukan.

Nutrisi ibu menyusui jelas dibutuhkan dua kali lebih banyak dibandingkan orang normal pada umumnya. Karena ibu menyusui harus memiliki lebih banyak nutrisi untuk mencakupi kebutuhan dirinya beserta dengan si buah hati yang ia besarkan.

Vitamin Penting yang Dibutuhkan Ibu Menyusui

Nah, dibawah ini adalah beberapa jenis vitamin yang perlu dipenuhi oleh ibu menyusui agar dapat memenuhi kebutuhan ASI berkualitas pada si kecil.

Vitamin Penting yang Dibutuhkan Ibu Menyusui

Ada beberapa jenis vitamin khusus yang memang dibutuhkan oleh ibu menyusui selama menjalankan perannya. Beberapa jenis vitamin ini tentu dapat anda penuhi dari mengkonsumsi jenis makanan yang sehat yang ada disekeliling anda. Nah, dibawah ini adalah beberapa daftar asupan vitamin penting untuk ibu menyusui.

Vitamin D

Jenis vitamin pertama yang dibutuhkan oleh ibu menyusui adalah vitamin D. Dimana dalam hal ini kebutuhan vitamin ini perlu dipasok setiap harinya dengan baik. Untuk mendapatkan kebutuhan nutrisi vitamin D ibu menyusui bisa memperolehnya dari mengkonsumsi minyak hati ikan kod, susu, kedelai, udang, keju, salmon, ikan tuna, jamur dan masih banyak lagi.

Selain konsumsi makanan, vitamin D pun terdapat pada paparan sinar matahari pagi. Jadi demikian, tidak ada salahnya untuk ibu menyusui rajin berjemur dibawah sinar matahari pagi. Adapun waktu terbaik untuk berjemur guna mendapatkan manfaat vitamin D adalah pada jam 07.00-08.00 pada pagi hari.

Asam Folat

Vitamin berikutnya yang dibutuhkan oleh ibu menyusui dan penting untuk dipenuhi adalah asam folat. Asam folat merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan selama ibu menyusui. Nutrisi ini memiliki manfaat dalam pembentukan jaringan otak pada anak.

Ibu menyusui dapat memperoleh asam folat dari konsumsi alpukat, buah jeruk, pepaya, bayam, kacang hijau, wortel, kembang kol, hati sampi dan masih banyak lagi. Varian makanan yang banyak tentu memberikan kesempatan untuk anda dapat mengkombinasikan makanan ini dengan baik. Jangan sungkan untuk menyantap jenis makanan ini sebab kandungan vitamin dan nutrisi dalam makanan ini tentu baik untuk anda.

Vitamin E

Yang selanjutnya adalah vitamin E. Jenis vitamin ini tentu dibutuhkan oleh ibu menyusui guna mendukung kualitas ASI agar terjaga dengan baik. Adapun guna mendapatkan manfaat dari vitamin E anda bisa memperoleh bahan ini dari konsumsi kacang almond, kacang hijau, talas, sawi, brokoli, bayam dan bahkan paprika merah. Perlu manfaat dari vitamin E memiliki kandungan antioksidan yang amat baik guna menangkal radikal bebas. Untuk itu, konsumsi makanan dengan kandungan vitamin E yang banyak akan sangat baik untuk kesehatan ibu menyusui.

Vitamin A

Vitamin A juga menjadi salah satu nutrisi penting yang perlu dipenuhi oleh ibu menyusui. Selain itu, konsumsi terhadap vitamin ini pun memang penting dilakukan setiap hari. Adapun konsumsi beberapa macam bahan ini dapat membuat anda bisa menikmati manfaat vitamin A, diantaranya aseperti brokoli, kangkung, pepaya, wortel, bawah, ubi jalar, mangga, telur dan masih bayak lagi.

Variasikan dan kombinasikan beberapa makanan ini sesuai dengan selera anda. Selain nikmat, memadu padankan makanan dengan rasa yang lezat akan menghindarkan anda dari resiko kebosanan yang akan menjengkelkan.

Vitamin B6

Perlu diketahui dalam satu hari sedikitnya ibu menyusui akan membutuhkan sebanyak 2 mg vitamin B6. Anda dapat memperoleh asupan vitamin ini dari mengkonsumsi beberapa makanan sehat seperti halnya pisang, bayam, tomat, ikan tuna, kacang-kacangan, semangka dan masih banyak lagi. Jadi demikian, mulailah untuk memasukan konsumsi makanan ini pada santapan harian anda.

Vitamin C

Vitamin C bermanfaat baik dalam mempertahankan daya tahan tubuh. Sehingga demikian bahan ini baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain untuk menjaga sistem imunitas agar tetap terjaga. Konsumsi vitamin C yang rutin pun akan baik untuk kesehatan kulit dan menjaga anda untuk tetap segar.

Untuk bisa mendapatkan asupan ini anda bisa mengkonsumsi beberapa bahan makanan alami seperti sayuran dan buah-buahan. Adapun beberapa jenis makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi diantaranya adalah jambu biji, strawberry, paprika, kubis, kiwi, jeruk, brokoli dan masih banyak lagi. Sementara itu, anda pun bisa menambah asupan vitamin C dengan kadar lebih banyak lewat konsumsi suplemen makanan.

Saat ini sudah banyak dijual vitamin C yang ada di pasaran. Hanya saja, tentunya asupan vitamin C dari sayur dan buah akan jauh lebih aman dan lebih alami. Selain itu, konsumsi makanan sehat dengan kandungan vitamin C tidak akan memberikan efek samping yang berbahaya.

Demikianlah beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan oleh Ibu menyusui selama menjalani perannya. Pada intinya, konsumsi makanan sehat memang memberikan manfaat yang baik untuk tubuh dan kesehatan. Selain itu, konsumsi terhadap makanan ini tentu memberikan pengaruh yang baik terhadap kualitas ASI. Untuk itu, mulai saat ini tidak ada salahnya mulai memasukan menu ini pada konsumsi makanan harian anda.