Home » Perawatan Bayi » Trik & Tips Memandikan Bayi Agar Tidak Menangis

Trik & Tips Memandikan Bayi Agar Tidak Menangis

Memandikan bayi menjadi aktivitas yang tidak mudah untuk setiap ibu karena berbagai kendala sering muncul, salah satunya yaitu bayi menangis. Agar mandi menjadi momen yang menyenangkan, penting mengetahui tips memandikan bayi agar tidak menangis.

Kehadiran buah hati membawa kebahagiaan tersendiri untuk keluarga. Akan tetapi, di samping itu banyak ibu yang merasa kerepotan dalam mengurus buah hatinya karena kurangnya pengalaman dalam merawat bayi.

Hal yang seringkali membuat ibu merasa kewalahan dalam mengurus bayinya bukan karena ketidakmampuan ibu, akan tetapi rasa khawatir yang berlebihan dan perasaan takut salah yang kerap kali menghantui para ibu. Perasaan seperti itu memang wajar dialami, terlebih lagi untuk ibu baru.

Salah satu kegiatan yang terkadang membuat ibu kerepotan yaitu ketika memandikan bayinya. Memandikan bayi merupakan salah satu rangkaian merawat bayi untuk menjaga kebersihannya. Keadaan antara bayi yang satu dengan bayi yang lainnya ketika dimandikan tidak sama. Beberapa bayi kerap merasa tenang dan nyaman pada saat air menyentuh tubuhnya. Akan tetapi, tidak sedikit bayi justru sering menangis dan menolak untuk dimandikan.

Tips Memandikan Bayi Agar Tidak Menangis

Mengenai keadaan seperti ini, berbagai pertanyaan muncul dibenak pikiran setiap ibu. Apakah keadaan tersebut bagian dari perkembangan bayi? Apakah keadaan ini normal terjadi dialami oleh bayi? Atau mungkin bayi tidak nyaman karena terdapat kesalahan yang dilakukan oleh ibu sehingga menyebabkan bayi menangis saat dimandikan?

Karena kebiasaan bayi yang sering menangis saat dimandikan, membuat ibu merasa cemas dan stres ketika waktu mandi sudah tiba. Meskipun begitu, bukan berarti jika anda memutuskan untuk tidak memandikan bayi anda. Bagaimana pun memandikan bayi sesuai dengan jadwal yang seharusnya perlu dilakukan guna menjaga kebersihan tubuh bayi. Untuk mendapatkan solusi yang tepat mengenai keadaan seperti ini, penting bagi anda untuk mengetahui penyebab bayi menangis saat dimandikan.

Penyebab Bayi Menangis Saat Dimandikan

Seperti yang dikutip dari laman babycentre.co.uk, banyak alasan yang membuat bayi cukup rewel dan susah pada saat hendak dimandikan. Dimana alasan ini mengacu pada kondisi bayi sendiri di antaranya adalah seperti berikut ini:

Bayi Lapar

Penyebab bayi menangis atau rewel saat dimandikan mungkin karena keadaan perutnya yang lapar. Bayi umumnya belum bisa mengungkapkan apa yang ia rasakan dan menangis menjadi cara berkomunikasi dengan orang yang ada di sekitarnya.

Sebagai langkah untuk mengatasi bayi menangis saat dimandikan karena rasa lapar, maka anda bisa memberikannya ASI atau menyusui si kecil terlebih dahulu sebelum ia dimandikan. Tunggulah beberapa menit setelah makan sebelum ia dimandikan.

Bayi Mengantuk

Keadaan ini seringkali tidak disadari oleh para orang tua, terlebih lagi orang tua yang melihat bayinya lebih senang tidur. Sehingga pada saat tiba waktunya dimandikan, anda merasa bahwa bayi anda sudah cukup tidur dan mendapatkan waktu tidur yang lama.

Dibandingkan dengan orang dewasa, bayi membutuhkan waktu tidur yang lebih lama. Ketika anda memandikan si kecil dan ia nampak rewel atau menangis, bahkan terlihat tanda kantuk di wajahnya, penyebabnya tidak lain karena si kecil sudah mengantuk atau masih mengantuk.

Apabila sebelum dimandikan bayi anda terlihat mengantuk, maka sebaiknya anda menidurkan bayi anda sebelum memandikannya untuk menghindari ia menangis ketika dimandikan.

Bayi Merasa Tidak Aman

Perasaan tidak aman menjadi penyebab bayi menangis saat dimandikan. Selain itu, bisa saja bayi takut dengan air atau sabun yang digunakan saat mandi. Oleh karena itu, saat memandikan si kecil sangat disarankan untuk lebih berhati-hati, jangan sampai bayi anda merasa kaget.

Suhu Air yang Tidak Sesuai

Tidak sedikit bayi takut dengan air ketika hendak dimandikan dan membuatnya rewel ketika berhadapan dengan air. Salah satu penyebab bayi takut dengan air karena suhu air untuk mandi yang tidak sesuai, baik terlalu dingin atau terlalu panas.

Trik & Tips Memandikan Bayi Agar Tidak Menangis

1. Hindari Memaksa

Dalam tahap awal, hindari memaksa bayi untuk mandi. Anda bisa memandikan bayi anda dengan cara menglap menggunakan sponge basah atau washlap, sehingga ia akan terbiasa dengan air yang mengenai tubuhnya meskipun sedikit. Apabila bayi sudah terbiasa mandi dengan cara ini, anda bisa mulai memandikan bayi anda di dalam bak mandi.

Dalam menyiapkan air untuk memandikan bayi, perhatikan volume air di dalam bak mandi. Banyaknya air yang terdapat di dalam bak mandi si kecil sebaiknya maksimal 5 cm atau tidak sampai menyentuh telinga bayi saat ia telentang.

2. Periksa Suhu Air

Jika air sudah disiapkan untuk mandi, sebelum mengajak bayi anda mandi sebaiknya periksa terlebih dahulu suhu air. Air yang digunakan untuk mandi sebaiknya tidak terlalu dingin atau panas. Cara mengetahui temperatur air yang tepat untuk memandikan bayi yaitu dengan mencelupkan sikut ke dalam air, bagian ini merupakan bagian yang lebih sensitif dibandingkan dengan tangan.
Apabila anda akan mencampur air panas dengan menggunakan air dingin, sebaiknya tuangkan air dingin terlebih dahulu, baru kemudian tambahkan air panas.

3. Siram Tubuh Bayi Sedikit Demi Sedikit

Hindari membasahi kepala bayi secara langsung, karena jika ini dilakukan bayi anda akan menangis histeris. Anda bisa membasahi atau menyiram sedikit demi sedikt mulai dari kaki, badan, tangan kemudian ke kepala. Usap wajahnya dengan washlap atau tangan basah.

4. Biarkan Bayi Bermain Sebelum Mandi

Jika bayi anda sudah bisa ditopang dalam posisi duduk, sebelum memulai memandikannya anda bisa mengajaknya bermain terlebih dahulu.

Bayi mulai menangis ketika dimandikan karena ia merasa takut. Untuk menenangkannya, anda bisa memanfaatkan mainan yang mengapung di atas air untuk menarik perhatiannya. Jika tidak, anda bisa mengajak bayi anda berbicara atau bernyanyi. Dengan kegiatan ini bayi anda akan merasa lebih aman dan nyaman.

5. Pilih Waktu yang Tepat Untuk Memandikan Bayi

Bayi akan merasa lebih senang dimandikan apabila ia sedang kegerahan. Anda bisa memilih jam yang tepat untuk memandikan bayi, anda bisa menjadikan waktu mandi sebagai rutinitas agar si kecil terbiasa.

6. Mandi Bersama Bayi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyebab bayi menangis karena ia merasa takut atau tidak aman. Oleh karena itu, anda bisa mencoba untuk mandi bersama dengan bayi anda. Ketika mandi bersamanya, cobalah untuk menciptakan ritual mandi yang menyenangkan.

7. Hindari Meninggalkan Bayi Sendiri

Jangan tinggalkan bayi sendiri meskipun 1 menit ketika ia dimandikan, meskipun anda merasa ia aman berada di dalam bak mandi. Takut yang dirasanya akan membuat bayi anda berontak, mungkin saja si kecil akan terpeleset dari posisinya.

8. Puji Bayi

Bayi mengerti apa yang diucapkan oleh orang tuanya. Ketika bayi anda tidak menangis pada saat dimandikan, maka anda bisa memujinya sebagai bentuk penghargaan terhadapnya. Anda bisa membiasakan memberikan pujian pada si kecil terhadap segala hal yang berhasil ia lakukan.

Mandi akan menjadi aktivitas yang menyenangkan jika bayi tidak rewel dan menangis. Untuk itu, agar bayi anda tidak menangis, penting untuk menerapkan tips memandikan bayi agar tidak menangis.