Home » Perawatan Bayi » Trik Memakaikan Baju Bayi Agar Tidak Rewel dan Lebih Mudah

Trik Memakaikan Baju Bayi Agar Tidak Rewel dan Lebih Mudah

Seringkali bayi rewel ketika hendak dipakaikan baju sehingga orangtua akan merasa kewalahan. Untuk menghindari keadaan tersebut, penting mengetahui trik memakaikan baju bayi agar tidak rewel dan lebih mudah.

Dari serangkaian perawatan bayi, kegiatan yang harus dilakukan oleh orangtua yaitu memandikan bayi dan mengganti baju atau memakaikannya baju. Memakaikan baju bayi merupakan kegiatan yang gampang-gampang susah untuk para orangtua. Bagi orangtua yang belum terbiasa merawat dan mengurus bayi mungkin mereka akan kesulitan ketika melakukan kegiatan ini, yang mana pada akhirnya akan membuat bayi menjadi lebih rewel bahkan menolak pada saat pakaiannya hendak diganti.

Aksi bayi rewel ketika hendak dipakaikan baju bisa saja karena ia merasa tidak nyaman. Bahkan dengan keadaan bayi yang seperti ini akan semakin menyusahkan anda ketika hendak memakaikan baju dan perlengkapan lainnya, sehingga membutuhkan waktu yang lama ketika melakukannya.

trik memakaikan baju bayi

Untuk lebih memudahkan anda ketika memakaikan baju si kecil, ada beberapa trik yang dapat anda lakukan. Dengan trik ini selain lebih mudah, si kecil juga tidak akan rewel. Agar anda terbiasa, maka diperlukan adaptasi. Berikut ini trik memakaikan baju bayi:

Trik Memakaikan Baju Bayi Agar Tidak Rewel dan Lebih Mudah

Perhatikan Suhu Ruangan

Sebelum mengganti atau memakaikan baju bayi, anda harus memastikan jika ruangan yang akan digunakan dalam keadaan hangat. Pasalnya, jika ruangan dingin si kecil akan menjadi tidak nyaman dan ia akan lebih rewel, bahkan menangis. Anda dapat menyiapkan alas empuk yang digunakan untuk si kecil berbaring. Kemudian baringkan si kecil dan pastikan ia tidak terjatuh atau terguling ketika berada di atasnya.

Tetap Tenang

Ketika bayi anda rewel pada saat hendak diganti atau dipakaikan baju, anda tidak perlu panik apalagi sampai memaksa si kecil yang akan membuatnya menangis atau bertambah rewel. Anda harus melakukannya dengan tenang dan cepat dan pastikan anda berhati-hati karena tubuh bayi masih rentan.

Ajak Berinteraksi

Meskipun bayi belum dapat memahami betul apa yang sedang dibicarakan oleh orang tuanya, tetapi bukan berarti jika anda tidak mencoba untuk mengajaknya berinteraksi. Cobalah untuk mengajak bayi anda berinteraksi agar perhatiannya teralihkan. Agar si kecil merasa terhibur, anda dapat memberikan mainan kesukaannya. Anda juga dapat menyelinginya dengan beberapa pembicaraan, seperti misalkan ” boleh ibu pinjam tangannya nak?”. Kegiatan seperti ini akan membuat jalinan anda bersama si kecil menjadi lebih erat.

Lakukan Langkah Demi Langkah dengan Tepat

Banyak pilihan baju bayi yang lucu dengan aneka model dan warna yang menarik. Namun, jika bayi anda masih sangat kecil maka pastikan untuk memilih model baju yang sederhana, praktis dan tetap membuatnya nyaman. Apabila semua pakaian dan perlengkapan bayi yang lainnya sudah disiapkan, maka anda dapat bereaksi.

  • Pertama-tama, anda dapat memulainya dengan menggunakan popok. Kemudian, anda dapat melanjutkannya dengan menggunakan kaus dalam. Buka dan lebarkan lubang kaus yang akan anda pakaikan pada si kecil dengan menggunakan tangan anda. Kemudian anda dapat memasukan kepala si kecil ke dalamnya. Bagian tangan kiri letakan di belakang leher bayi anda, sedangkan tangan kanan digunakan untuk memasukan kaus dalam melewati kepalanya.
  • Lebarkan lubang kaus pada bagian tangan, dengan perlahan dan hati-hati masukan tangan si kecil ke dalam lubang tersebut satu persatu. Setelah itu, tarik kaus agar dapat menutupi perut bayi anda.
  • Apabila anda bermaksud memaikan jumper atau pakaian hangat yang panjangnya hingga menutupi pakaian si kecil, maka sebaiknya pilihlah pakaian yang dilengkapi dengan kancing di bagian depan. Ini dimaksudkan agar anda lebih mudah ketika memakaikannya dan anda tidak perlu lagi susah-susah mengangkat kepala si kecil.
  • Setelah itu, masukan satu persatu kaki bayi anda pada bagian bawah jumper. Lalu dengan segera kancingkan bagian bawahnya agar kaki bayi anda tidak kembali keluar yang akan membuat baju kembali terlepas.
  • Miringkan dengan hat hati tubuh bayi anda, lalu tarik bagian lengan jumper dan tahan dengan menggunakan tangan anda. Arahkan dengan hati hati tangan si kecil untuk masuk dan melewati lengan bajunya. Kembali lakukan langkah yang sama untuk bagian tangan yang satunya.
  • Selanjutnya, kancingkan bagian depan jumper sehingga menutupi bagian tubuh depan bayi anda. Agar tidak ada kancing yang terlewat, anda dapat memulainya dari bagian bawah.
  • Jika semuanya telah dilakukan, anda dapat kembali memeriksa baju si kecil, apakah sudah rapi atau belum.

Rajin Berlatih

Tidak semua orangtua dapat dengan mudah ketika memakaikan baju bayinya, sehingga dibutuhkan adaptasi agar lebih terbiasa. Agar kegiatan ini menjadi kegiatan yang mudah, anda dapat sering berlatih. Anda dapat mencoba berlatih mengganti baju si kecil baik ketika di tempat tidur, di meja ganti khusus atau di pangkuan anda sehingga anda dapat menemukan cara yang paling nyaman.

Itulah trik yang dapat anda lakukan ketika mengganti baju si kecil agar lebih mudah dan menghindari si kecil rewel. Pastikan, pilih baju yang sederhana dan praktis untuk bayi baru lahir.