Home » Bayi Baru Lahir » Perawatan Kuku Bayi yang Baru Lahir

Perawatan Kuku Bayi yang Baru Lahir

Pertumbuhan kuku pada si kecil umumnya berjalan lebih cepat. Itulah mengapa perawatan kuku bayi baru lahir penting dilakukan.

Bayi baru lahir masih begitu sensitif terhadap segala rangsangan. Itulah mengapa orangtua harus memperlakukannya dengan begitu hati-hati dan waspada. Sebab bila tidak, maka keselamatan dan kesehatannya akan menjadi taruhan. Merawat bayi baru lahir perlulah diperhatikan dengan baik agar jangan sampai melakukan kesalahan. Salah sedikit saja, hal ini akan berakibat fatal pada buah hati anda. Termasuk pada saat memotong kuku bayi, kegiatan yang satu ini perlu dilakukan dengan perlahan dan hati-hati.

Perawatan untuk kuku bayi memang menjadi kegiatan penting yang perlu dilakukan secara rutin. Hal ini dikarenakan selain cepat tumbuh, kuku bayi yang dibiarkan panjang akan membahayakan keselamatan bayi. Mereka bisa saja dengan tidak sengaja mencakar bagian wajah atau tubuh lainnya. Yang mana hal ini akan mungkin mengakibatkan kulitnya terluka dan pada gilirannya mungkin bisa sampai berdarah.

Selain itu, umumnya tangan mungil pada si kecil akan cenderung membuatnya dengan mudah memasukkan tangannya kebagian mulutnya. Bisa hal ini terjadi maka kemungkinan kuman dan kotoran yang terselip pada kuku-kuku si kecil akan masuk kedalam mulut dan menginfeksi seluruh tubuh. Dari sinilah masalah akan mungkin timbul dan membuat si kecil berada dalam bahaya. Untuk itulah, penting sekali membersihkan kuku bayi anda setiap saat ketika sudah panjang.

Perawatan kuku bayi

Hanya saja, melakukan kegiatan ini tentu tidak mudah. Apalagi untuk ibu yang baru saja memiliki buah hati. Minimnya pengalaman, seringkali membuat banyak ibu baru merasa belum percaya diri melakukan kegiatan ini. Belum lagi rasa khawatir bila hal ini akan menyakiti buah hatinya seringkali membuat orangtua terutama ibu merasa khawatir melakukan kegiatan ini seorang diri.

Nah, untuk membantu anda agar bisa memotong kuku bayi baru lahir dengan mudah dan langkah yang aman maka tak perlu khawatir. Kali ini kami akan berikan tips perawtaan kuku pada bayi baru lahir dengan cara yang lebih mudah dan lebih aman. Seperti apa caranya? Mari simak dibawah ini.

Perawatan Kuku Bayi Baru Lahir

Kuku bayi tumbuh dengan begitu cepat sehingga penting sekali untuk bunda dapat melakukan perawatan kuku secara rutin. Hal ini mungkin bisa ibu lakukan dua kali dalam satu minggu atau dilakukan sesuai dengan kondisi kuku si kecil.

Kuku bayi baru lahir mungkin lebih lembut dan rapuh bila dibandingkan dengan kuku pada orang dewasa. Namun jangan salah, meskipun kuku bayi masih begitu rapuh namun akan cukup tajam dan cukup mampu melukai kulitnya yang masih begitu tipis. Untuk itulah, simak beberapa tips merawat kuku bayi yang baik dan aman dibawah ini.

Gunakan Peralatan Untuk Perawatan Kuku Untuk Bayi yang Tepat

Hal yang pertama yang perlu diperhatikan dalam hal perawatan kuku bayi adalah dengan memperhatikan terlebih dahulu peralatan yang akan anda gunakan. Mengingat tubuh bayi dan semua organnya masih begitu sensitif termasuk kukunya. Maka selektiflah memilih peralatan perawatan kuku bayi yang akan digunakan. Upayakan memilih peralatan yang tepat yang memang diperuntukan untuk bayi. Dengan begini maka penggunaannya pun akan lebih aman.

Gunakan gunting atau peralatan potong kuku dan manicure pedicure yang aman dan khusus untuk bayi. Untuk bisa mendapatkan peralatan ini maka tak perlu khawatir sebab saat ini jenis peralatan seperti ini sudah banyak tersedia di toko-toko khusus untuk peralatan bayi. Anda bisa memilih salah satunya dengan mengunjungi toko peralatan bayi. Varian dan bentuknya pun cukup beragam anda bisa memilih jenisnya sesuai dengan selera anda.

Potong Kuku Bayi Sehabis Mandi

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memotong kuku bayi baru lahir setelah mandi. Mengapa waktu ini dipilih? Sebab pada saat ini kuku bayi yang terkena dengan air akan cenderung lebih lunak sehingga akan memudahkan ibu untuk memotongnya.

Selain itu, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah sebaiknya potong kuku si kecil pada saat bayi anda tengah tertidur atau pada saat ia sedang menyusu. Sebab pada saat ini bayi anda akan lebih tenang dan kegiatan memotong kuku akan jauh lebih mudah. Adapun beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memotong kuku bayi setelah mandi supaya lebih mudah dapat dilakukan dengan beberapa cara dibawah ini:

  • Bawa bayi anda ke kamar mandi dan mandikan pada saat waktu mandinya tiba.
  • Angkat bayi anda dan kenakan baju pada si bayi. Jangan langsung memotong kuku pada bayi sebaiknya tunggu sementara sampai bayi anda lebih tenang.
  • Bila waktu tidurnya telah tiba maka tidurkan bayi dengan perlahan. Atau bila belum waktunya tidur maka susui si kecil. Nah pada saat sudah tenang anda bisa memotong kuku si kecil dengan perlahan.

Potong Kuku Bayi dengan Bentuk Lurus dan Rata

Pada saat memotong kuku bayi ada cukup banyak hal yang perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan kukunya masih begitu rapuh begitu pula dengan jari-jarinya. Jangan sampai menerapkan metode memotong kuku yang sama pada si kecil tanpa memperhatikan kemungkinan lain yang akan membahayakan keselamatannya. Termasuk pada saat membentuk potongan kuku pada si kecil.

Tidak seperti orang dewasa dimana anda biasanya sering memotong kuku dengan bentuk melengkung. Pada anak bayi yang baru lahir metode memotong ini tidak bisa diterapkan dengan sembarang.
Sebaliknya potonglah kuku bayi dengan bentuk yang lurus dan merata. Upayakan untuk memotong kuku bayi agar tidak terlalu pendek atau tidak pula menyisakan kuku yang terlalu panjang. Cukup sisakan kuku bayi sedikit saja agar bayi jari bayi yang masih begitu lembut dan sensitif tidak terluka pada saat anda melakukan perawatan ini.

Siapkan Peralatan Tisu dan Obat Antiseptik

Dalam melakukan perawatan kuku bayi untuk buah hati anda yang masih begitu bayi, maka tisu dan obat antiseptik akan sangat dibutuhkan. Guna berjaga-jaga apabila bagian ujung jari si kecil tergores atau terluka akibat penggunaan alat pemotong kuku yang kurang tepat. Akan tetapi, tentunya lakukan kegiatan yang satu ini dengan benar-benar perlahan agar anda tidak sampai mempertaruhkan keselamatan buah hati anda.

Adapun waktu terbaik untuk melakukan perawatan kuku bayi baru lahir adalah pada saat si kecil tengah tertidur lelap. Semisal pada saat siang hari atau pada saat sore hari. Hanya saja pastikan bila bunda mendapatkan cahaya atau penerangan yang cukup pada saat memotong kuku. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadi luka atau goresan yang mungkin terjadi pada bagian ujung jari bayi yang akan dapat menyebabkan pendarahan atau mungkin infeksi.

Selain dengan melakukan perawatan kuku bayi baru lahir untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Anda pun bisa memberikan sarung tangan pada kedua tangan mungil si kecil untuk menghindari bagian tubuhnya tergores oleh kuku-kukunya yang panjang.