Home » Perawatan Bayi » Tips MPASI dengan Metode Baby Led Weaning

Tips MPASI dengan Metode Baby Led Weaning

Metode Baby led weaning (BLW) merupakan salah satu metode pemberian MPASI yang membiasakan anak untuk mandiri lebih dini.

Saat usia 6 bulan bayi sudah mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI). Selain ASI kini ia mendapatkan makanan padat untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya. Sistem pencernaan bayi pada usia ini sudah siap membuatnya untuk mencerna berbagai makanan dengan tekstur yang lebih padat dari ASI.

Waktu pengenalan makanan padat tentu sangat dinanti-nanti oleh setiap ibu. Dengan penuh antusias ibu akan mengenalkan beragam jenis makanan sehat selain ASI pada buah hati tercinta. Ibu akan memberikan makanan dengan menyuapi bayinya dengan penuh perhatian dan kasih sayang.

Metode Baby Led Weaning

Selain memberikan makanan pendamping pada bayi dengan menyuapinya, sebenarnya ada metode lain yang dapat ibu terapkan yakni dengan metode baby led weaning. Untuk sebagian ibu metode yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Bahkan mereka sudah menerapkan pada anak-anaknya.

Namun khususnya untuk ibu muda yang baru memiliki anak mungkin tidak akan merasa tega menerapkan metode baby led weaning. Metode baby led weaning ini diterapkan oleh para ibu agar anaknya belajar mandiri sejak dini. Lantas apa itu metode baby led weaning dan seperti apa penerapannya?

Pengertian Metode Baby Led Weaning

Metode baby led weaning ini untuk para ibu yang tinggal diperkotaan mungkin sudah tidak asing lagi dan banyak diterapkan untuk melatih kemandirian pada buah hatinya sejak masih kecil. Dengan metode baby led weaning ini bayi dibiarkan untuk mengambil makanannya seorang diri dan membiarkan ia untuk menikmati makanan yang ia pilih.

Selain si kecil dapat mencicipi berbagai jenis makanan sendiri, si kecil pun akan semangat untuk mencoba beragam makanan sehat. Makanan yang diberikan harus disesuaikan, yaitu jenis makanan finger food atau makanan yang mudah diraih oleh tangannya sendiri.

Intinya metode baby led weaning ini adalah metode mengenalkan makanan padat pada bayi melalui makan sendiri, daripada menerapkan cara tradisional yakni dengan menyuapinya menggunakan sendok. Metode baby led weaning ini memungkinkan bayi untuk memutuskan kapan ia merasa kenyang, berbeda ketika disuapi yang biasanya makan hingga makanan habis.

Membiarkan anak untuk mengatur nafsu makannya seorang diri dan tidak ada tekanan untuk makan dengan porsi lebih dari yang dibutuhkan merupakan langkah penting untuk mendorong anak mengembangkan pola makan yang sehat.

Pada metode ini tidak ada makanan halus seperti bubur atau puree yang diberikan melalui suapan menggunakan sendok. Si kecil dibiarkan untuk memilih makanannya sendiri yang sudah dihidangkan, kemudian mengunyah sendiri makanan yang ia masukan ke dalam mulutnya.

Apakah metode ini aman diterapkan? Para ahli mengatakan bahwa metode ini aman untuk dilakukan. Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa pendekatan dengan metode ini mendatangkan efek jangka panjang yang mana akan dirasakan si kecil ketika ia beranjak besar. Hanya saja, dalam menerapkan metode ini perhatian ibu sangat dibutuhkan. Untuk menghindari si kecil tersedak ibu diharapkan selalu mendampingi si kecil ketika makan.

Tips Menerapkan Metode Baby Led Weaning

Makan Bersama

Makan bersama dengan seluruh anggota keluarga merupakan waktu yang begitu berharga. Dimana waktu makan bersama dengan keluarga ini dapat menjadi waktu yang tepat bagi bayi untuk mengasah kemampuan baby led weaning. Pertama-tama ketika waktu makan sudah tiba anda dapat memposisikan si kecil pada kursi khusus makannya atau high chair. Berikan si kecil makanan yang serupa dengan makanan yang dikonsumsi anggota keluarga yang lainnya. Pastikan makanan yang diberikan pada si kecil adalah makanan yang mudah ia kunyah dan telan.

Sifat si kecil yang suka meniru akan membuat ia lebih bersemangat untuk makan sendiri. Selain itu, anggota keluarga yang lainnya tentunya akan senang dan terhibur memperhatikan cara si kecil makan.

Pilihan Makanan yang tepat

Dalam menerapkan metode baby led weaning tentunya anda harus dapat memilih jenis makanan yang tepat untuk si kecil. Pilihlah makanan yang disuka buah hati anda. Menentukan makanan kesukaannya bukanlah hal yang sulit. Dala memilih makanan anda harus memastikan bahwa makanannya mengandung gizi yang tinggi. Sayuran seperti wortel atau brokoli cukup diolah dengan cara dikukus. Untuk buah-buahan yang pas dengan jari jari mungilnya seperti mangga, pepaya dan pisang.

Dalam menyajikan makanan hindari memotongnya dengan ukuran yang terlalu besar karena makanan besar berpotensi menyebabkan si kecil tersedak.

Tawarkan Makanan yang Bervariasi

Hindari hanya memberikan satu jenis makanan saja pada si kecil. Anda tidak perlu membatasi kesempatan si kecil untuk bereksperimen dengan variasi makanan, selama makanan tersebut aman dikonsumsinya.

Hindari Memaksa Bayi

Jangan pernah memaksa bayi untuk cepat memilih makanan dan menyuapkan makanan tertentu ke dalam mulutnya. Anda harus memberikan si kecil kesempatan untuk memilih dan mencoba makanan sesuai dengan yang ia inginkan. Anda jangan berharap si kecil langsung menerima jenis makanan yang anda berikan, karena ia masih membutuhkan waktu untuk mengenal makanan tersebut. Ketika si kecil sudah menemukan makanan yang dianggapnya memiliki rasa enak, maka ia akan menikmati makanan tersebut, belajar mengunyah dan menelannya.

Berikan Makanan yang Pernah Ditolak

Jika terdapat beberapa jenis makanan yang pernah si kecil tolak sebelumnya, anda dapat mengenalkannya kembali. Si kecil seringkali akan berubah pikiran. Di waktu yang berbeda ia dapat menerima jenis makanan yang sebelumnya pernah ditolak.

Hindari Makanan yang Membahayakan Kesehatan

Tidak semua makanan dapat diberikan pada si kecil. Sebaiknya dalam memilih makanan hindari makanan yang dapat membahayakan kesehatannya, misalkan kacang yang akan memicu terjadinya reaksi elergi.

Selain itu, hindari pula makanan yang termasuk jenis fast food atau makanan yang sudah ditambah gula dan garam.

Tetap Berikan ASI

Meskipun si kecil sudah mengenal makanan padat, tetapi pemberian ASI harus tetap dilanjutkan. Berikan ASI sesuai dengan keinginannya atau sampai si kecil menghentikannya sendiri. Begitu si kecil mengenal makanan padat anda harus bersiap dengan perubahan pola makannya.

Aturan Metode Baby Led Weaning

Apakah Asupan Gizi Mencukupi?

Ketika bayi sudah terbiasa dengan metode baby led weaning, ia akan cenderung mencoba makanan yang dikonsumsi oleh mereka yang usianya lebih besar. Jika si kecil memiliki kakak, maka pastikan si kakak tidak mengkonsumsi snack ringan di hadapan si kecil. Tetap pantau apa saja makanan yang dikonsumsinya, karena tidak menutup kemungkinan ia mengkonsumsi apa saja makanan yang ditemukannya.

Hindari Berantakan dengan Langkah yang Tepat

Dalam menerapkan metode baby led weaning ini mungkin ibu akan mendapati lantainya selalu kotor atau berantakan. Namun, jangan perlu khawatir! Untuk menghindarinya anda dapat memberikan alas plastik jika duduk di lantai, karpet atau di kursi khusus makannya. Selalu dampingi dimana pun si kecil makan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, baik tersedak atau lain sebagainya.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Baby Led Weaning?

Sesi baby led weaning sebaiknya tidak dilakukan ketika si kecil sedang merasa lapar karena bisa saja si kecil mengamuk apabila makanan yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang diharapkannya. Biarkan si kecil makan sendiri di antara waktu sarapan dan makan siang, serta sebelum makan malam. Apabila si kecil menolak makanan dan lebih memilih susu, anda jangan memaksanya. Menerapkan metode baby led weaning tidaklah mudah, sehingga dibutuhkan kesabaran yang ekstra.