Home » Perawatan Bayi » Tips Merawat Gusi Bayi yang Mudah dan Efektif

Tips Merawat Gusi Bayi yang Mudah dan Efektif

Tips Merawat Gusi Bayi – Gusi merupakan bagian yang sering dilupakan perawatannya oleh orang tua. Membersihkan gusi bayi merupakan salah satu perawatan yang terkadang membuat orang tua bingung. Banyak orang tua yang bertanya-tanya seperti apa cara merawat gusi bayi?

Perawatan pada bayi penting dilakukan untuk menjaga kesehatannya. Setiap bagian tertentu pada tubuh bayi harus diperhatikan oleh orang tua, tidak terkecuali kebersihan mulutnya.

Apabila bayi anda sudah tumbuh gigi, maka penting untuk melakukan perawatan guna menjaga kesehatan giginya. Perawatan yang dilakukan pada gigi bayi bisa anda mulai ketika pertama kali gigi susu tumbuh. Dimana tumbuhnya gigi susu ketika bayi memasuki usia keenam bulan. Perawatan yang bisa dilakukan yaitu dengan dua cara, yakni perawatan gusi bayi dan perawatan gigi bayi.

Tips merawat gusi bayi

Salah satu hal yang kerap kali dilupakan oleh para orang tua yaitu menjaga kebersihan gusi bayinya. Gusi itu sendiri merupakan bagian mukosa mulut yang terdiri dari jaringan ikat. Gusi sebagai tempat akar gigi menempel. Keadaan gusi yang sehat akan mendukung kesehatan buah hati anda juga. Keadaan gusi yang sehat ditandai dengan permukaan berwarna merah muda, bagian tepi gusi tidak membengkak, permukaan dari gusi terdapat bintik-bintik atau tidak rata, gusi tidak akan mudah berdarah.

Karena kedaan gusi pada bayi berbeda dengan orang dewasa, oleh karena itu merawat gusi bayi harus dilakukan dengan hati hati. Berikut ini tips merawat gusi bayi yang mudah dan efektif yang dapat anda lakukan.

Tips Merawat Gusi Bayi

Bersihkan Gusi Bayi dengan Kain Halus

Tips merawat gusi bayi yang pertama yaitu dengan membersihkan gusi bayi. Perawatan sederhana bisa mulai anda lakukan dengan menyeka gusi bayi, yakni membersihkan gusi bayi dengan menggunakan kain halus. Membersihkan gusi bayi bisa anda lakukan setelah si kecil minum ASI atau susu formula.

Cara yang dapat anda lakukan untuk menyeka gusi bayi yaitu dengan memanfaatkan kain halus yang sudah dibasahi dengan menggunakan air hangat. Gulungkan atau balutkan kain halus tersebut pada ibu jari anda. Menyeka gusi bayi bisa anda jadwalkan setelah ia selesai makan. Jika tidak anda bisa melakukannya sebanyak dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari menjelang si kecil tidur. Cara seperti ini bisa anda lakukan apabila gigi bayi belum tumbuh.

Apabila gigi bayi anda mulai muncul, anda bisa memanfaatkan sikat gigi khusus bayi yang lembut. Biasanya sikat gigi ini bisa dimasukan ke dalam jari dan memiliki bulu yang halus. Sikat gigi bayi anda dengan lembut tanpa harus menggunakan pasta gigi. Cara seperti ini cukup anda lakukan ketika ia mandi.

Hindari Menambahkan Gula Pada Susu

Sangat tidak disarankan apabila bayi atau anak-anak mendapatkan tambahan rasa dari gula berlebihan. Anda bisa membatasi asupan gula pada bayi anda dengan menghindari tambahan gula pada susu formula yang diminum oleh bayi anda. Gula akan membuat gigi dan gusi bayi anda mengalami masalah. Tidak hanya itu, konsumsi gula yang berlebihan justru akan mempengaruhi kesehatan bayi anda seperti misalkan diabetes dan obesitas pada usia dini.

Hindari Minum Susu Sambil Tidur

Bayi umumnya memiliki kebiasaan minum susu sebelum ia tertidur. Minum susu sebelum tidur menjadi pengantar tidurnya. Akan tetapi , yang menjadi masalahnya yaitu jika bayi minum susu sambil tiduran, terutama susu botol. Apabila anda membiarkan kebiasaan ini maka akibatnya akan mengancam kesehatan gusi bayi. Pasalnya, rasa manis dari susu formula yang berasal dari gula akan mengendap di dalam mulut bayi, sehingga dengan begitu akan merusak atau mempengaruhi kesehatan gigi dan gusi bayi.

Kenalkan Bayi Pada Makanan Bertekstur dengan Bertahap

Setelah usia bayi 6 bulan, maka ia sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI atau MPASI. Dimana anda bisa memperkenalkan makanan bertekstur dengan bertahap pada si kecil. Selain tekstur, jenis dan rasanya pun harus dikenalkan dengan bertahap. Jika bayi anda sudah terbiasa mengkonsumsi makanan padat atau finger food, anda bisa memberikan cemilan sehat yang dapat membantu pertumbuhan gigi serta kesehatan gusinya seperti sayuran atau buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan yang dimaksud di antaranya yaitu wortel yang telah dikukus atau buah pisang yang sudah dipotong kecil-kecil.

Menjaga keseimbangan kesehatan gigi dan gusi bayi harus senantiasa anda lakukan. Usahakan untuk mengajarkan kebiasaan-kebiasaan baik pada bayi anda sejak dini, seperti misalkan merawat dan menjaga kesehatan giginya, apabila gigi si kecil sudah mulai tumbuh banyak anda bisa membiasakan untuk menggosok gigi sehari 3 kali. Gunakan sikat gigi yang memiliki bulu halus agar tidak melukai gusi si kecil. Sebaiknya bersihkan dot yang biasanya bayi anda gunakan agar keadaannya steril dan tidak akan menyebabkan giginya rusak dan kesehatan gusinya terganggu. Selain itu, setelah ia mengkonsumsi makanan pendamping ASI biasakan untuk memberikannya minum air putih. Hal ini dilakukan guna membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal pada sela-sela gigi bayi anda.

Demikian tips merawat gusi bayi yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat.