Home » Perawatan Bayi » Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bayi

Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bayi

Bayi rentan mengalami masalah kesehatan atau terserang penyakit. Untuk mencegahnya salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

Bayi masih memikiki sistem kekebalan tubuh yang belum terbentuk secara sempurna dan baik. Oleh karena itu, bayi sangat rentan terhadap gangguan penyakit. Sistem kekebalan tubuh itu sendiri merupakan tameng bagi tubuh terhadap gangguan, penyakit atau infeksi yang menghampiri.

Agar buah hati anda tetap sehat dan terhindar dari masalah kesehatan, menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh si kecil adalah hal yang harus anda lakukan agar ia tetap sehat dan tumbuh kembangnya tidak terganggu. Nah, berikut ini tips meningkatkan kekebalan tubuh bayi yang bisa anda lakukan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bayi

Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bayi

Berikan ASI Eksklusif dengan Baik

ASI merupakan asupan yang paling baik untuk bayi, terutama untuk bayi berusia kurang dari 6 bulan yang belum mengenal makanan padat. Pemberian ASI eksklusif itu sendiri sangat disarankan hingga usia bayi 6 bulan, setelahnya si kecil bisa didampingi dengan makanan pendamping ASI atau MPASI. Manfaat ASI eksklusif sangat baik dan banyak untuk kesehatan bayi. ASI eksklusif mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi. Selain itu, ASI eksklusif juga mengandung bakteri baik dan zat yang dibutuhkan oleh bayi dalam pembentukan mikroflora di dalam usus bayi, yang berguna dan penting untuk daya tahan tubuh bayi. ASI mampu melindungi bayi anda dari ancaman infeksi telinga, alergi, diare, pneumonia, infeksi saluran urin dan keadaan yang paling berbahaya yaitu sindrom kematian mendadak pada bayi atau SIDS, serta mampu mengembangkan sel di dalam otak dan mencegah bayi mengalami diabetes.

Cukupi Kebutuhan Nutrisi Bayi

Setelah si kecil melewati periode ASI eksklusif yaitu 6 bulan pertamanya, maka ia sudah bisa diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI terbaik. Anda bisa memberi si kecil makanan semi padat, tidak terlalu encer seperti ASI dan tidak terlalu padat. Untuk perkenalan pertama kali, disarankan untuk memberikan makanan tersebut secara bertahap, sehingga bayi mampu beradaptasi dan menerima makanan tersebut dengan baik dan akan memudahkan proses makan dikemudian hari.

Hal yang harus anda perhatikan terhadap makanan si kecil yaitu akan kecukupan nutrisi dan gizi seimbang yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Selain untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan si kecil, makanan yang tepat pun akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Anda bisa memberikan sayuran dan buah sehat untuk si kecil yang mengandung betakaroten dan vitamin C seperti wortel dan jeruk. Kandungan tersebut diketahui dapat menangkal virus dan bakteri yang menjadi penyebab penyakit, serta membantu perkembangan sel-sel baru.

Penuhi Kebutuhan Tidur Bayi

Ketika kebutuhan tidur bayi terpenuhi, maka sistem kekebalan tubuhnya akan meningkat. Ketika si kecil tidur, tubuhnya akan membangun sel-sel baru. Dimana sel-sel baru tersebut akan membantu dalam menangkal serangan virus atau bakteri yang menjadi penyebab penyakit. Waktu tidur bayi sebaiknya sekitar 16 sampai 18 jam dalam setiap harinya. Kebutuhan tidur yang cukup berhubungan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Hindari Asap Rokok

Rokok tidak baik untuk kesehatan, baik untuk perokok itu sendiri maupun orang-orang yang berada di sekitarnya termasuk seorang bayi. Di dalam asap rokok setidaknya terdapat empat ribu jenis racun. Dimana racun yang terdapat pada asap rokok tersebut akan mengganggu kesehatan. Khususnya untuk bayi, bahaya asap rokok tersebut bisa membunuh sel baru di dalam tubuh bayi. Bayi yang sering menghirup asap rokok akan sangat beresiko terserang penyakit bronkitis, infeksi telinga dan asma, bahkan kemungkinan besar akan meningkatkan resiko sindrom kematian mendadak atau Sudden Infant Death Syndrome. Selain itu, asap rokok juga memiliki efek buruk terhadap intelegensi dan perkembangan saraf si kecil.

Terapkan Pola Hidup Sehat

Bayi sangat rentan terhadap serangan dari virus dan bakteri. Oleh karena itu, menerapkan pola hidup sehat merupakan salah satu tips meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Ketika anda hendak melakukan kontak langsung dengan si kecil, sebaiknya biasakan untuk selalu mencuci tangan. Terlebih lagi jika anda sudah melakukan aktivitas di luar rumah atau setelah menyentuh benda-benda yang kebersihannya tidak terjaga. Biasanya bayi rentan mengalami masalah kesehatan seperti pilek, batuk, demam dan diare yang berasal dari tangan bayi itu sendiri atau sentuhan orang-orang yang ada di sekitarnya. Selain itu, anda juga perlu menjaga kesehatan tubuh si kecil.

Imunisasi

Sebelum usianya 18 bulan, bayi memiliki beberapa vaksinasi. Vaksin bekerja dengan cara merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi yang dapat melawan penyakit. Vaksin adalah bagian penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.

Hindarkan Bayi dari Polusi

Sebagai langkah untuk menjaga kesehatan bayi anda dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya, sebaiknya hindarkan si kecil dari polusi. Selain asap rokok, lindungi juga bayi anda dari asap kendaraan.
Menjaga kesehatan bayi adalah hal penting yang harus anda lakukan. Dimana salah satu cara untuk menjaga kesehatannya yaitu dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.
Demikian tips meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Semoga bermanfaat.