Home » Bayi Baru Lahir » Mengatasi Kerak Kepala Bayi Baru Lahir

Mengatasi Kerak Kepala Bayi Baru Lahir

Mengatasi kerak kepala  bayi baru lahir adalah hal yang penting. Hal ini dikarenakan bayi baru lahir memang seringkali masih memiliki kerak pada kepala dan dibagian dahinya. Bila dibiarkan hal ini akan dapat menimbulkan perasaan yang tidak nyaman dan mengganggu pertumbuhan rambut si kecil. 

Ya, kelahiran bayi memang menjadi hal yang menyenangkan sekaligus menjadi berita yang menggembirakan. Untuk pertama kalinya, penantian setelah 9 bulan dalam kandungan kini membuat ibu bisa menimang si buah hati dalam pelukan.

Raut wajah gembira yang ibu rasakan akan tentu saja dialami oleh semua anggota keluarga. Terutama ibu dan ibu mertua anda, hadirnya sang cucu yang telah dinanti tentu menjadi hadiah yang menyenangkan dan mengharukan. Tak heran, bila mereka akan menjadi begtiu bersemangat menghampiri anda untuk menggendong cucu tercinta yang telah dinanti-nanti.

Kelahiran bayi yang sehat dan sempurna apalagi akan membawa kebahagiaan yang utuh dan sempurna pada setiap proses persalinan. Anda tentu tidak igin bila buah hati yang telah anda nanti selama ini lahir dengan masalah kesehatan yang mengkhawatirkan. Untuk itulah, penting sekali mengupayakan segala hal demi menunjang pertumbuhan dan perkembangan si kecil agar tidak terhambat. Hanya saja, terkadang masalah bukan muncul dari masalah ketidak sempurnaan organ bayi, namun lebih kepada proses perawatan bayi itu sendiri.

Tips Mengatasi Kerak Kepala Bayi Baru Lahir

Ya, selepas dilahirkan ke dunia bayi anda memerlukan perawatan yang baik dan benar. Hal ini dikarenakan sisa-sisa kelahiran atau perkembangan dalam rahim ibu akan mungkin membuat si kecil belum bersih sewaktu dilahirkan kedunia.

Seringkali sisa air ketuban yang menempel pada tubuh bayi menimbulkan masalah kesehatan dan kebersihan untuknya. Selain itu, hormon yang berasal dari ibu sewaktu hamil pun akan mungkin menimbulkan masalah pada si kecil apabila setelah proses kelahiran si kecil tidak segera dibersihkan. Nah, salah satu masalah yang seringkali muncul pada bayi baru lahir adalah timbulnya kerak pada kepala bayi.

Mengatasi Kerak Kepala Bayi Baru Lahir

Bayi baru lahir memang biasanya masih terdapat kerak kepala dibagian dahinya. Kerak kepala atau cradle cap ini memang akan terkelupas dengan sendirinya, menjadi serpihan-serpihan tipis seperti ketombe apabila telah mengering.

Hanya saja, ada sebagian bayi lain yang terus menumbuhkan cradle cap dikepalanya meski usianya sudah menginjak beberapa bulan. Hal ini tentu menjadi kekhawatiran untuk sebagian orangtua. Beberapa diantara mereka khawatir bila kondisi ini akan terus terjadi sampai si kecil dewasa. Tentunya kerak kepala bayi yang terbawa sampai si buah hati tumbuh dewasa akan membuatnya tidak percaya diri dan mungkin terganggu dengan hal tersebut.

Nah, sebelum mengetahui cara mengatasi kerak kepala bayi baru lahir. Sebaiknya kita kenali apa yang menyebabkan kondisi ini dapat terjadi pada si kecil. Lantas apa sebenarnya yang menyebabkan kerak kepala pada bayi baru lahir? Simak dibawah ini.

Penyebab Kerak Kepala Pada Bayi Baru Lahir

Cradle cap atau kerak kepala pada bayi baru lahir antara lain dipengaruhi oleh hormon ibu yang mengakibatkan produksi minyak menjadi berlebihan pada jaringan kulit si bayi. Dalam istilah kedokteran kondisi ini seringkali disebut dengan seborrheic dermatitis. Hasilnya, dikulit kepala si kecil akan mungkin terdapat lapisan putih kekuningan yang mengelupas seperti ketombe.

Untuk ibu atau bunda yang memilki buah hati yang mengidap masalah ini maka tak perlu takut atau khawatir sebab pada umumnya kondisi ini bukanlah masalah yang besar atau dapat menular. Seiring dengan bertambahnya usia si buah hati masalah ini pun akan dapat menghilang dengan sendirinya.

Kondisi kerak kepla pada bayi baru lahir akan dapat terjadi hingga bayi berusia 8 bulan saja, selebihnya kerak tersebut akan menipis dan mengelupas saat sudah kering. Anda hanya perlu melakukan perawatan guna menghilangkan kondisi ini dengan lebih cepat pada si buah hati. Seperti apa sih cara mengatasi kerak kepala bayi baru lahir? Simak dibawah ini.

Tips Mengatasi Kerak Kepala Pada Bayi Baru Lahir

Sebenarnya mudah saja membersihkan atau mengatasi kerak kepala bayi baru lahir. Anda perlu menggunakan baby oil yang diaplikasikan pada permukaan kulit kepala bayi atau pada bagian yang terkena dengan cradle cap. Hanya saja, tentunya kegiatan yang satu ini perlu dilakukan dengan rajin.

Meski bukan dikategorikan sebagai masalah yang serius, akan tetapi kondisi ini tentu tidak bisa dianggap sepele apalagi dibiarkan begitu saja. Sebab kondisi ini akan dapat menimbulkan rasa gatal pada si kecil. Juga bila tidak segera ditangani hal ini akan dapat mengganggu pertumbuhan rambut buah hari anda dan berpengaruh terhadap penampilannya. Nah, untuk mengatasi kerak kepala bayi baru lahir anda bisa mengikuti beberapa hal dibawah ini:

  1. Untuk yang pertama anda dapat melakukannya dengan menyiapkan baby oil yang biasa anda pakaikan pada si buah hati.
  2. Siapkan pula siri sikat dengan bulu yang halus, shampo bayi yang aman serta sebuah waslap. Untuk memastikan produk yang anda gunakan aman untuk si bayi maka pilihlah produk khusus untuk bayi.
  3. Setelah semua siap, maka oleskan baby oil pada bagian kulit kepala bayi yang mengerak sambil dengan perlahan dipijat-pijat dengan lunak dan lembut.
  4. Setelahnya, biarkan selama semalaman atau kurang lebih 12 jam agar kerak kepala dapat melunak dan lebih mudah untuk dibersihkan.
  5. Kemudian anda bisa membersihkannya pada saat si kecil terlelap tidur. Karena dengan begini anda bisa melakukannya dengan tenang dan hati-hati.
  6. Bila sudah selesai, sisir halus rambut bayi untuk mengangkat kerak kepala yang telah mengelupas.
  7. Baru setelahnya bersihkan rambut si kecil dan kulit kepalanya dengan menggunakan shampo bayi dan air hangat. Cuci sampai bersih sambil dipijat-pijat secara perlahan dan bilas dengan air bersih.

Tips Menyisir Rambut:

Pada saat ada menyisir rambut si buah hati untuk menghilangkan kerak yang telah terkelupas. Maka sebaiknya lakukan dengan perlahan agar si kecil yang sedang terlelap tidak terbangun atau mungkin terganggu karena rasa sakit yang dialaminya akibat anda menyisirnya terlalu kuat.

Selain itu, sebaiknya hindari menarik kerak kepala pada bayi secara paksa sebab hal ini akan dapat menimbulkan luka pada kulit si buah hati. Selain itu, menarik paksa kerak kepala bayi yang belum terkelupas akan mungkin menyebabkan infeksi dan dapat membahayakan kesehatan si kecil. Untuk itu sebaikya bersabarlah karena perlahan kerak tersebut akan mengelupas dengan sendirinya bila anda rajin memberikan baby oil padanya.

Demikian beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kerak kepala bayi baru lahir. Semoga tips ini dapat bermanfaat dan bisa anda lakukan dirumah dengan mudah. Hanya saja, tetap perhatikan keselamatan bayi pada saat anda menggunakan produk baby oil. Untuk lebih aman sebaiknya gunakan produk yang memang dikhususkan untuk bayi. Bila anda tidak memiliki baby oil karena alasan tertentu maka minyak kelapa yang alami pun bisa anda aplikasikan. Semoga bermanfaat.