Home » Perawatan Bayi » Tips Menenangkan Bayi Menangis

Tips Menenangkan Bayi Menangis

Orang tua tentu ingin bayinya tetap merasa tenang dan nyaman. Namun, keadaan tertentu membuat bayi menangis terus menerus. Jangan panik menghadapi keadaan ini, karena beberapa cara bisa dilakukan untuk menenangkan bayi menangis dengan cepat.

Ketika bayi menangis terus menerus tanpa henti, mungkin sebagai orang tua anda akan merasa khawatir dan panik. Anda juga akan beranggapan si kecil sakit atau sedang merasakan keadaan yang membuatnya tidak nyaman. Mengetahui penyebab si kecil menangis tentunya akan membuat anda lebih tenang dalam menyikapinya, serta akan memudahkan anda dalam mencari solusi untuk menenangkan si kecil.

Umumnya, bayi berkomunikasi atau menyampaikan apa yang dirasakan dan dibutuhkannya dengan menangis. Seperti misalkan ketika mereka membutuhkan ASI karena lapar, pakaian yang dikenakan tidak nyaman dan lain sebagainnya. Jadi intinya, bayi menangis belum tentu disebabkan karena ia sakit atau kesakitan. Yang harus anda lakukan ketika si kecil menangis yaitu tetap tenang.

Menenangkan Bayi Menangis

Menurut seorang pakar, penyebab bayi menangis yaitu karena ia merasa sulit untuk menyesuaikan dirinya dengan kehidupan setelah ia dilahirkan. Dengan keadaan-keadaan tertentu dan karena kurangnya kebiasaan dengan keadaan tersebut si kecil akan merasa terganggu sehingga ia akan mengekspresikannya dengan tangisan. Cara yang bisa dilakukan untuk menenangkan bayi menangis yaitu dengan menciptakan keadaan seperti di dalam rahim. Bahkan cara ini dikatakan berhasil karena hampir 90 persen bayi merasa tenang.

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menenangkan bayi menangis.

Tips Menenangkan Bayi Menangis

Posisi Meringkuk Atau Telungkup

Ketika berada di dalam rahim bayi menghabiskan waktunya dalam posisi meringkuk. Oleh karena itu, sebagai langkah menenangkan bayi menangis anda bisa menggendong atau menidurkan si kecil pada posisi ini. Posisi seperti ini akan membantu bayi anda merasa lebih nyaman. Anda boleh meletakan si kecil dalam posisi ini jika memang iya menangis terus menerus, pastikan juga bayi selalu berada dalam pengawasan dan perhatian orang dewasa. Dalam keadaan biasa, anda cukup memposisikan bayi anda dengan posisi telentang.

Lampin

Untuk orang dewasa, dibungkus dengan menggunakan selimut atau kain hangat lainnya akan membuat tidak nyaman dan terasa terkekang. Akan tetapi, bagi bayi yang tidak bisa tenang karena menangis, lampin akan membuat dirinya terasa seperti berada di dalam rahim yang sempit dan ia akan sangat akrab dengan keadaan seperti ini. Meskipun lampin bisa dililitkan seberapa ketat, tetapi anda cukup melilitkan dengan kekuatan cukup saja yang terpenting bayi anda tidak lolos dan kaki atau lengannya tidak dapat bergerak bebas.

Berbisik

Banyak orang tua menenangkan bayinya ketika menangis dengan mengeluarkan bunyi “shhh”. Menenangkan bayi menangis dengan cara ini memang cukup efektif. Suara desis tersebut mampu menenangkan si kecil karena hampir mirip dengan desingan yang mengelilingi dirinya ketika ia berada di dalam rahim. Selain itu, anda bisa berkomunikasi dengan nada yang tenang bersama dengan si kecil. Berdasarkan penelitian, nada suara seorang ibu merupakan cara paling efektif yang dapat menenangkan bayi.

Mengayun

Mengayun si kecil dengan lembut dan konstan akan membuatnya lebih tenang. Ingat, ayunkan dengan lembut dan jangan terlalu keras.

Sentuhan

Memberikan sentuhan pada si kecil mampu menstimulasi reseptor perasaan nyaman. Berdasarkan penelitian, menyebutkan bahwa sentuhan lembut yang dilakukan pada sepanjang tubuhnya jauh lebih efektif dibandingkan dengan sentuhan dengan gerakan cepat dan pendek. Anda juga bisa menyentuh bagian punggung pipi, perut dan kaki si kecil.

Mandi

Memandikan bayi bisa anda lakukan untuk membuat si kecil lebih tenang. Keadaan air yang hangat dan suasana air mengalir bisa menjadi solusi tepat dan cepat untuk menenangkan si kecil ketika menangis. Agar ia merasa lebih tenang, anda bisa ikut serta mandi bersama dengan si kecil. Pasalnya, kontak kulit bisa membuat si kecil merasa lebih tenang.

Berikan Nanyian

Anda bisa memberikan nyanyian pada si kecil ketika ia mulai rewel. Nyanyian dengan tempo yang lebih lambat dan suara yang lembut akan membuatnya lebih tenang dan nyaman. Dalam merespon suara musik, tubuh manusia akan menyamakannya dengan detak jantung dan indera perasa yang disesuaikan dengan tempo musik yang didengarnya.

Pijat Bayi

Jika tangisan bayi anda tidak kunjung reda, anda bisa mencoba menenangkan bayi menangis dengan melakukan pijatan lembut. Berikan pijatan lembut pada tubuh bayi anda, baik pada bagian lengan, kaki, dada, punggung dan wajah. Cara pijat bayi yang benar akan mendukung kesuksesan dalam menenangkan bayi menangis.

Jalan Jalan

Ketika di dalam rahim bayi terbiasa di bawa bergerak oleh sang ibu. Anda bisa meniru cara ini untuk membuatnya lebih tenang dan tertidur.

Tetap Tenang

Khawatir ketika bayi menangis adalah perasaan yang wajar. Ketegangan yang anda rasakan akan dirasakan pula oleh bayi anda, sehingga ia akan bereaksi terhadap keadaan ini. Oleh karena itu, pastikan anda tetap tenang dalam menyikapi keadaan si kecil yang terus menerus menangis. Jika anda stres atau merasa khawatir berlebihan maka tangisan bayi anda akan semakin bertambah parah.

Berikan Dot

Mengisap dot merupakan relaksasi yang baik dan dapat membuat bayi lebih nyaman.

Konsultasi dengan Dokter

Apabila tangisan bayi tidak kunjung reda dan anda semakin khawatir akan keadaannya, maka untuk memastikan keadaannya anda bisa membawa si kecil ke dokter. Dokter akan menemukan penyebab medis yang membuat bayi anda terus menerus menangis.