Tips Mencegah Bayi Tersedak dengan Efektif

Posted on

Tersedak pada bayi merupakan keadaan yang cukup dikhawatirkan. Oleh karena itu, tips mencegah bayi tersedak harus dipahami oleh setiap orang tua untuk menurunkan resiko si kecil mengalami keadaan ini.

Untuk orang dewasa tersedak merupakan hal yang biasa dan sering terjadi serta tidak menimbulkan masalah yang terlalu serius. Dengan mengatur nafas dan cukup minum segelas air, semua itu bisa teratasi dan kembali seperti semula. Akan tetapi, lain halnya dengan tersedak yang dialami oleh bayi. Tersedak pada bayi menjadi hal yang dikhawatirkan.

Tersedak biasanya sering dialami oleh bayi yang usianya di bawah enam bulan. Pasalnya, pada usia ini bayi masih memiliki refleks menelan yang belum sempurna. Rongga pernafasan bayi belum bisa bekerja atau membesar dengan optimal, akibatnya ia masih belum bisa mengatur aliran udara, makanan padat atau cairan yang masuk ke dalam mulutnya.

tips mencegah bayi tersedak

Ketika bayi tersedak itu berarti terdapat benda asing yang masuk ke dalam saluran pernafasannya atau tenggorokan dan paru-paru/bronkus. Keadaan bayi tersedak tidak boleh diremehkan oleh para orang tua. Pasalnya, bila keadaan ini dibiarkan terlalu lama, akibatnya akan terjadi radang paru-paru pada si kecil. Ketika tersedak, umumnya bayi akan batuk dan muntah sebagai tanda bahwa tubuhnya sedang berusaha untuk mengeluarkan benda yang membuatnya tersedak.

Selain itu apabila benda, makanan atau minuman yang membuat bayi tersedak masuk ke dalam saluran pernafasan, maka jalan udara bisa tertutup. Sehingga dengan begitu kemungkinan besar gagal bernafas akan dialami oleh bayi. Dan akibat yang paling fatal yaitu bisa menyebabkan kematian pada bayi.
Penyebab bayi tersedak itu sendiri bermacam-macam, dimana di antaranya yaitu karena cara menyusui yang tidak tepat atau salah ketika memberikan makan pada si kecil.

Karena seperti itu, mencegah agar bayi tersedak penting dilakukan oleh setiap orang tua. Orang tua harus teliti terhadap bayinya. Beberapa tips bisa dilakukan oleh setiap orang tua untuk mencegah agar bayi tidak tersedak seperti berikut ini.

Tips Mencegah Bayi Tersedak

Cegah Tersedak Karena ASI Berlimpah

Ketika asi yang diproduksi berlimpah, maka resiko bayi tersedak pun semakin besar. Ketika menyusu langsung dari payudara ibunya aliran ASI tidak bisa terkontrol sehingga menyebabkan si kecil tersedak. Salah satu cara untuk mencegah keadaan seperti ini yaitu dengan menampung ASI di dalam wadah tertentu. Kemudian, ASI diberikan pada bayi anda dengan menggunakan alat bantu seperti sendok atau feeding cup. Dengan cara seperti ini, maka volume ASI yang masuk ke dalam mulut bayi anda bisa diatur dan disesuaikan dengan kemampuan bayi menelan. Hindari memberikan ASI dengan posisi yang tidak baik, seperti si kecil tiduran atau berbaring. Posisi yang baik ketika memberikan ASI untuk si kecil yaitu dengan posisi setengah duduk atau bayi anda bersandar dengan sudut 45 derajat celcius.

Cegah Tersedak Karena ASI Terlalu Deras

Salah satu masalah menyusui yang kerap kali dialami oleh setiap ibu yaitu aliran ASI yang terlalu deras sehingga akan menyebabkan bayi kesulitan untuk menyesuaikannya dan akibatnya menyebabkan ia tersedak. Jika seperti itu, maka anda bisa menghentikan pemberian ASI pada bayi anda. Aliran ASI dari payudara anda akan melambat, pada akhirnya ASI akan keluar dalam bentuk tetesan. Jika sudah seperti itu, anda bisa kembali menyusui si kecil.

Perhatikan Posisi Menyusui

Posisi menyusui yang salah juga bisa menjadi penyebab bayi mengalami tersedak. Untuk mencegahnya, maka anda bisa menyusui si kecil dengan posisi menyusui yang baik dan benar. Ketika menyusui seharusnya perut anda dan perut bayi anda saling bertemu. Selain itu, dagu bayi harus menempel pada payudara anda. Posisi menyusui seperti ini dianggap posisi yang paling efektif untuk mencegah bayi tersedak. Dengan posisi menyusui seperti ini meskipun anda menyusui dengan posisi berbaring tetapi tidak akan menyebabkan bayi tersedak.

Gunakan Peralatan Minum yang Tepat

Selain tersedak karena ASI, bayi pun bisa tersedak karena minuman atau cairan lainnya. Ketika si kecil tersedak ketika minum, salah satu penyebabnya yaitu karena penggunaan peralatan minum yang kurang tepat. Untuk mencegahnya anda bisa mengganti peralatan minum yang biasa digunakan dengan peralatan minum yang tepat. Gunakan peralatan minum yang khusus sesuai dengan perkembangan minum atau makan si kecil.

Hindari Memberikan Minum Sambil Bercanda

Sebaiknya jangan bercanda ketika si kecil sedang minum karena hal ini akan meningkatkan resiko tersedak lebih besar. Ketika si kecil sedang minum sambil bersuara atau tertawa, maka katup yang terdapat pada saluran pernapasannya akan terbuka.

Kenalkan Makanan Padat Pada Waktu yang Tepat

Sebelum usia bayi anda 6 bulan, makanan utamanya hanyalah ASI. Nah, ketika memasuki usia 6 bulan si kecil sudah bisa diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI atau MPASI. Hindari mengenalkan makanan padat pada si kecil pada waktu yang tidak tepat. Pasalnya, mengenalkan makanan padat sebelum bayi memiliki kemampuan motorik untuk menelan makanan akan membuat tersedak. Oleh karena itu, sebaiknya anda tunggu hingga si kecil benar-benar siap menerima makanan padat.

Hindari Makanan yang Akan Membuatnya Tersedak

Menghindari makanan padat yang memiliki resiko lebih tinggi membuat si kecil tersedak merupakan langkah pencegahan yang efektif. Hindari memberikan makanan yang ukurannya terlalu kecil, besar, lengket dan lain sebagainya.

Selain itu, ketika si kecil makan sudah menjadi tugas anda sebagai orang tua untuk selalu mengawasinya. Selalu ingatkan si kecil untuk menelan makanannya sebelum ia berbicara.
Demikian tips mencegah bayi tersedak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *