Home » Makanan Bayi » Tips Memperluas Cita Rasa Makanan Bayi

Tips Memperluas Cita Rasa Makanan Bayi

Memberikan makanan bayi yang bervariasi, sehat dan bergizi bisa anda lakukan sebagai langkah untuk memperluas cita rasa makanan bayi.

Anak adalah hadiah terindah yang diberikan oleh tuhan kepada setiap pasangan. Kehadiran seorang anak merubah segalanya dan mendatangkan kebahagiaan. Karena anak merupakan titipan Tuhan, oleh karena itu menjaga dan merawat anak dengan sebaik mungkin sudah menjadi tugas orang tua.
Dari mulai si kecil dilahirkan ke dunia ini, orang tua sudah mulai berperan untuk merawat buah hatinya. Orang tua wajib memberikan ASI selama waktu yang telah ditentukan.

ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi, dimana pemberian ASI ini dianjurkan hingga usia bayi minimal 6 bulan. Di dalam ASI terdapat kandungan nutrisi yang begitu luar biasa dan bermanfaat untuk bayi. Semua kebutuhan nutrisi bayi sudah tercukupi di dalam ASI untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.

Memperluas Cita Rasa Makanan Bayi

Setelah menginjak usia 6 bulan, gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi semakin luas dan bervariasi. Oleh karena itu, pada usia tersebut bayi sudah mendapatkan makanan pendamping ASI atau MPASI. Meskipun begitu, ASI seharusnya tetap diberikan sesuai kebutuhan bayi atau hingga usia bayi 2 tahun.
Makanan pendamping ASI atau MPASI bayi harus dikenalkan secara bertahap pada si kecil. Karena selama ini asupannya hanyalah ASI, maka dari itu ia perlu beradaptasi dengan makanan baru yang ia terima. Pengenalan makanan pendamping ASI itu sendiri harus dilakukan secara bertahap dan pelan-pelan agar pencernaan bayi mulai terbiasa.

Pemberian makanan bayi untuk pertama kalinya harus benar-benar diperhatikan oleh orang tua. Tidak semua makanan bisa diberikan pada si kecil. Selain jenis makanan bayi yang perlu diperhatikan, anda juga harus memperhatikan tekstur dan porsi dari makanan bayi yang diberikan. Untuk porsi dan tekstur makanan itu sendiri disesuaikan dengan kemampuan dan usia bayi.

Apabila si kecil sudah terbiasa dengan makanan padat dan pencernaannya sudah sempurna untuk mencerna makanan tersebut, maka anda bisa mencoba untuk memperkenalkan jenis makanan lainnya. Beragam jenis makanan sehat bisa anda berikan pada buah hati anda, tapi anda tetap harus memperhatikan makanan tersebut. Apabila anda ragu terhadap jenis makanan untuk si kecil, anda bisa berkonsultasi pada ahli kesehatan atau dokter untuk mendapatkan referensi.

Bayi sudah memiliki indera perasa saat awal kehidupannya. Sebagai orang tua, anda memiliki peran untuk membantu bayi mengenal dan menikmati beragam jenis makanan sehat dan bergizi. Pengenalan beragam jenis makanan ini bertujuan untuk mengenalkan rasa baru pada si kecil.
Nah, berikut ini tips memperluas cita rasa makanan bayi yang dapat anda simak.

Tips Memperluas Cita Rasa Makanan Bayi

Mencoba Makanan

Selain bubur beras yang menjadi makanan utamanya, kini anda bisa memperkenalkan tepung sagu, tepung jagung atau padi-padian. Tunda dulu untuk memberikan oats atau gandum hingga ia diperbolehkan untuk mengkonsumsinya. Apabila tidak ada riwayat alergi dalam keluarga, maka anda bisa memperkenalkannya pada makanan hasil ternak. Beberapa makanan yang dimaksud seperti misalkan, puding telur, puding susu yang tidak manis, yoghurt tanpa pemanis dan lain sebagainya. Kenalkan juga beragam sayuran dan buah-buahan yang sudah dilumatkan. Apabila bayi anda menolak makanan baru, anda bisa mencobanya di lain waktu atau bisa mencampurkannya dengan makanan yang ia sukai.

Kombinasi Baru

Apabila bayi anda sudah banyak mengenal aneka buah dan sayuran, maka anda bisa mengkombinasikan atau mencampurkannya. Berdasarkan para ahli kesehatan menyarankan untuk memperkenalkan satu jenis makanan pada satu waktu dalam jarak beberapa hari untuk setiap makanan. Apabila si kecil alergi terhadap makanan yag anda berikan, maka anda harus menghentikan memberikan makanan tersebut. Agar si kecil lebih mudah dalam menerima makanan baru, maka anda bisa mencampur dengan makanan yang sudah ia kenal atau makanan yang ia sukai. Sehingga dengan begitu bayi anda akan mendapatkan variasi rasa dari berbagai jenis makanan. Apabila si kecil menyukai makanan dari campuran rasa yang mungkin anda rasa aneh, anda jangan merasa bingung. Meskipun begitu anda tetap harus memperhatikan makanan yang ia konsumsi.

Ubah Tekstur

Kenalkan makanan bayi secara bertahap, buatlah makanan bayi yang lebih padat atau kental namun teksturnya tetap lembut. Anda bisa memasak sayuran dan hancurkan terlebih dahulu sebelum diberikan pada si kecil, jangan diparut atau dilumatkan. Makanan yang sudah halus tersebut bisa anda kentalkan dengan menggunakan kentang rebus, tepung beras, pisang atau ubi jalar.

Hal yang Harus Anda Perhatikan

Beberapa hal perlu anda perhatikan ketika memberi makan buah hati anda seperti berikut:

  • Ketika si kecil makan, sebaiknya hindari meninggalkannya seorang diri. Umumnya bayi mudah tersedak, jika keadaan tersebut terjadi maka si kecil membutuhkan pertolongan dengan segera. Beberapa makanan yang mudah membuat bayi tersedak di antaranya yaitu potongan wortel, anggur, daging, popcorn dan lain sebagainya.
  • Hindari memberikan makanan dengan tekstur yang terlalu keras karena bayi akan mengalami kesulitan ketika mengunyahnya.
  • Hindari memberi bayi buah berbiji, kacang utuh, anggur utuh, es dan makanan lainnya yang bisa membuat si kecil tersedak.
  • Perhatikan kebersihan peralatan makan bayi anda. Untuk menghindari makanan mengenai bajunya, maka anda bisa memakaikannya celemek.
  • Bayi biasanya memiliki kebiasaan mengemut makanan tanpa di telan. Jika itu terjadi maka anda bisa mengeluarkan makanan tersebut segera dengan menggunakan jari.