Home » Perlengkapan Bayi » Tips Memilih Tempat Tidur Bayi yang Ideal

Tips Memilih Tempat Tidur Bayi yang Ideal

Pemilihan tempat tidur yang ideal untuk bayi berpengaruh langsung pada kenyamanannya. Namun, selain kenyamanan yang harus anda perhatikan, faktor keamanan dan keselamatan bayi pun harus anda prioritaskan. Tips memilih tempat tidur bayi harus benar. Pilihlah tempat tidur terbaik dan berkualitas untuk si kecil.

Banyak hal yang harus dilakukan oleh orang tua ketika menyambut kedatangan sang buah hati ke dunia, termasuk mempersiapkan segala perlengkapan dan kebutuhan si kecil. Seperti yang kita ketahui perlengkapan bayi sangatlah banyak, mulai dari pakaian, perlengkapan mandi bayi, termasuk tempat tidur bayi. Tempat tidur bayi memiliki peran yang penting terhadap kenyamanan bayi, mengingat bayi baru lahir menghabiskan waktunya dengan tidur. Selain itu, pemilihan tempat tidur bayi yang tepat juga berpengaruh terhadap kesehatan bayi karena waktu pertumbuhan bayi sebagian besar berlangsung saat ia tidur. Oleh karena itu, diperlukan persiapan dan ketelitian ketika hendak memilih tempat tidur untuk sang buah hati tercinta.

Selain faktor kenyamanan yang harus diperhatikan, faktor keselamatan juga perlu anda prioritaskan. Pasalnya, banyak kasus dimana bayi terjatuh dari tempat tidurnya, mengalami gangguan kesehatan karena material dari tempat tidur yang digunakan, serta berbagai kasus lainnya.

Tips memilih tempat tidur bayi

Berikut Ini Tips Memilih Tempat Tidur Bayi yang bisa anda simak.

Tips Memilih Tempat Tidur Bayi

Bayi Tidur Bersama Orang Tua

Apabila anda memutuskan si kecil tidur dengan anda, maka anda harus memilih tempat tidur yang sesuai. Pilihlah tempat tidur yang tidak memiliki kaki sehingga dapat diletakan di kasur orang tua. Sehingga dengan begitu, bayi anda akan merasakan kenyamanan dan kehangatan berada di antara kedua orang tuanya. Banyak pilihan tempat tidur yang bisa diletakan di kasur dengan model dan fitur yang melengkapi. Anda bisa memilih tempat tidur tersebut sesuai dengan kebutuhan dan tetap mengutamakan faktor keamanan bayi.

Bayi Tidur Terpisah dengan Orang Tua

Tidak sedikit pula orang tua yang menidurkan bayinya terpisah dengan tempat tidur mereka. Jika orang tua memutuskan untuk seperti ini maka pemilihan tempat tidur harus dilakukan dengan benar-benar teliti. Biasanya tempat tidur yang dipilih yaitu berupa ranjang atau box bayi. Pemilihan ranjang atau box bayi untuk si kecil harus diperhatikan. Berikut ini tips memilih ranjang untuk bayi anda.

Pemilihan Ranjang Bayi

  • Pilihlah ranjang khusus untuk bayi yang terbuat dari stainless bukan besi. Ranjang yang terbuat dari besi ditakutkan menjadi berkarat, yang mana material karatan besi tersebut akan berbahaya untuk si kecil. Anda bisa memilih ranjang bayi dengan ukuran sesuai umur bayi, jangan terlalu luas atau terlalu sempit. Jika terlalu luas akan memakan ruangan kamar lebih besar, sedangkan jika terlalu kecil akan membuat bayi stres.
  • Pilih ranjang bayi tanpa dilengkapi dengan pintu atau bagian samping dari ranjang yang dapat dibuka. Hal ini guna menjaga agar kelak bayi tidak dapat membuka pintu tersebut.
  • Usahakan untuk memilih ranjang yang dapat di ekspansi. Maksudnya yaitu, ranjang tersebut mampu dirubah baik dari segi ukuran sesuai dengan usia dan berat badan bayi. Pemilihan ranjang bayi seperti ini perlu diperhatikan, karena ranjang seperti ini merupakan salah satu fitur ranjang yang berkualitas.
  • Pemilihan ranjang seperti ini juga sekaligus bisa lebih menghemat karena anda tidak perlu lagi membeli ranjang ketika bayi anda semakin tumbuh besar.
  • Pilih ranjang bayi yang memiliki roda agar lebih memudahkan orang tua ketika memindahkannya. Namun, anda juga harus memastikan bahwa roda dari ranjang tersebut memiliki kunci yang kuat guna mencegah ranjang bergesar tanpa sepengetahuan orang tua.
  • Ketika memilih ranjang bayi sebaiknya perhatikan antara bilah yang satu dengan bilah yang lainnya.
  • Sebaiknya pilih ranjang atau tempat tidur bayi yang mana antara satu bilah dengan bilah yang lainnya tidak lebih dari enam cm guna mencegah terselipnya kepala bayi.
  • Perhatikan material dari ranjang bayi tersebut. Pastikan jika ranjang bayi bisa berdiri dengan kokoh.
  • Ketika memilih kasur sebaiknya pilihlah kasur yang berkualitas baik dan tahan air. Hindari memilih kasur terlalu empuk guna mencegah terjadinya sindrom SIDS.
  • Pilih kasur bayi satu ukuran dengan ranjang, jangan terlalu kecil untuk menghindari bagian tubuh bayi terjepit.
  • Hindari memilih barang yang lembut seperti selimut, sprei, bantal yang empuk, atau barang-barang lainnya yang mendukung. Barang-barang tersebut dihindari untuk mencegah SIDS. Barang terlalu lembut juga akan membuat bayi kesulitan bernapas karena memiliki resiko menutupi wajah si kecil.

Setelah memilih tempat tidur bayi yang aman dan ideal, anda juga harus memperhatikan tata letak atau posisi tempat tidur tersebut.

Tempat Terbaik Meletakan Tempat Tidur

Guna mencegah terjadinya SIDS sebaiknya anda letakan tempat tidur bayi di kamar anda. Ketika si kecil menangis atau membutuhkan bantuan orang tuanya, anda atau suami anda bisa dengan segera dan sigap untuk menghampirinya.

Sebaiknya hindari meletakan tempat tidur bayi dekat dengan jendela untuk mencegah terjadinya hal hal yang tidak diinginkan. Menempatkan tempat tidur di dekat jendela akan mengurangi resiko bayi anda terlilit tirai jendela.

Kenyamanan bayi perlu diutamakan, namun anda juga tetap harus memperhatikan keamanannya. Oleh karena itu, pilihlah tempat tidur bayi yang dapat membuatnya nyaman sekaligus aman untuk keselamatan bayi anda. Demikian tips memilih tempat tidur bayi. Semoga bermanfaat.