Home » Perlengkapan Bayi » Tips Memilih Sikat Gigi Untuk Balita

Tips Memilih Sikat Gigi Untuk Balita

Tips Memilih Sikat Gigi Untuk Balita – Dalam memilih sikat gigi balita, orangtua tidak dapat melakukanya dengan sembarangan. Sebab struktur gigi bayi dan balita umumnya berbeda dengan struktur orang dewasa. Oleh sebab itu, tips memilih sikat gigi balita kadang gampang-gampang sudah pula untuk ornagtua pemula.

Menjaga keberisihan mulut dan gigi adalah hal penting yang perlu dilakukan. Hal ini tentu saja untuk menjaga keindahan dan kesehatan organ dalam tubuh, yakni si mulut itu sendiri. Terjaganya kebersihkan mulut dan gigi akan memberikan manfaat untuk si pemilik gigi. Bukan hanya terpeliharanya kesehatan mulut, namun gigi yang putih akan membuat senyum terlihat lebih indah. Untuk itulah, penting sekali untuk kita semua dapat menjaga kesehatan mulut dan gigi sebaik-baiknya.

Tentunya akan jauh lebih mudah untuk dapat menjaga kebersihan mulut dan gigi bila hal ini telah ditanamkan sejak kecil. Dengan begini, maka tidak ada alasan untuk kita merasa enggan menyikat gigi karena hal ini sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan sejak dulu. Jadi demikian, kegiatan menyikat gigi tidak perlu menjadi hal yang harus selalu diingatkan.
Banyak orang merasa malas ketika hendak tertidur dimalam hari karena harus menyikat gigi terlebih dahulu. Apalagi saat rasa lelah dan lemas sudah menghiasi tubuhnya. Menyikat gigi seringkali diabaikan dan membuat mereka segera beranjak tidur.

Tips Memilih Sikat Gigi Untuk Balita

Padahal, kegiatan menyikat gigi tidak bisa dianggap remeh dan disepelekan begitu saja. Setelah seharian melakukan aktivitas dan mengkonsumsi banyak makanan. Sisa-sisa atau serpihan dari makanan yang kita konsumsi akan mungkin menempel pada bagian sela gigi dan gusi. Apabila tidak menggosok gigi, maka sisa-sisa makanan ini akan menumpuk dan berubah menjadi plak atau karang gigi. Pada akhirnya, akan timbul noda hitam atau kusam pada gigi yang merusak penampilannya.

Nah, untuk anda yang memiliki anak bayi dan balita dirumah. Pada mulanya si kecil mungkin terlihat antusias saat diminta untuk menyikat gigi. Akan tetapi, lama kelamaan mereka menjadi semakin malas saat tiba waktu tidur. Ketika diminta pergi ke kamar mandi mereka akan cenderung rewel dan tidak mau menggosok giginya. Hal inilah yang pada akhirnya membuat orangtua merasa khawatir bila rasa enggan ini akan menjadi kebiasaan si kecil yang terbawa hingga besar nanti.

Kebiasaan buruk ini tentu akan menjadi hal yang berbahaya untuk kesehatannya. Anak-anak yang enggan menggosok gigi atau menyikat gigi akan mungkin membuat gigi si kecil bermasalah. Untuk itulah, penting sekali bagi orangtua menerapkan kebiasaan menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur.

Selain itu, perlu diketahui bahwa pada dasarnya menggosok gigi pada anak-anak atau bayi tidaklah dapat dilakukan dengan sembarang. Hal ini dikarenakan struktur gigi pada bayi dan balita tidak sama dengan orang dewasa.

Untuk itulah, selain menerapkan kebiasaan menyikat gigi pada anak. Orangtua juga perlu memperhatikan jenis sikat gigi yang akan diberikan pada buah hatinya. Jangan biarkan si kecil sembarang menggunakan sikat gigi ayah atau bunda. Sebab bila dibiarkan hal ini akan menjadi kebiasaan dan bukan tidak mungkin berpengaruh terhadap pertumbuhan giginya.

Bukan hanya itu, ukuran mulut, kontruksi gigi dan juga kondisi dinding kulit mulut pada si kecil belumlah sekuat mulut anak-anak atau orang dewasa. Oleh sebab itu, penting sekali untuk anda memilih sikat gigi yang memang khususus dirancang untuk balita dan anak bayi.

Nah, untuk membantu anda berikut ini kami berikan tips memilih sikat gigi untuk balita.

Tips Memilih Sikat Gigi Untuk Balita

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh orangtua dalam memilih sikat gigi untuk balita. Hal ini seperti yang dijelaskan diatas bahwa kontur dan struktur gigi pada balita tidak sama dengan orang dewasa. Jadi demikian, diperlukan kehati-hatian dalam memilih sikat gigi untuk anak balita.

Perhatikan Bahan Sikat Gigi

Sikat gigi yang baik untuk bayi dan balita adalah sikat gigi yang dibuat dari bahan yang tidak berbahaya. Khususnya bahan yang digunakan untuk membuat bulu sikat dan kepala sikat gigi. Hal ini penting sekali karena tingkat kehalusan bulu sikat dan material pada kepala sikat gigi akan bersinggungan langsung dengan kulit dan gusi bayi.

Sebaiknya pilihlah jenis sikat gigi dengan kepala sikat yang baik. Biasanya, bagian kepala sikat gigi lentur dan dapat ditekuk. Hal ini berfungsi agar mulut bayi dan bagian gusinya tidak lecet. Adapun bahan yang aman untuk sikat gigi bayi adalah silicon yang fleksibel. Bukan hanya itu, upayakan jika kepala sikat gigi tidak menimbulkan alergi pada mulut bayi dan mudah dibersihkan.

Perhatikan Bentuk Sikat Gigi

Memilih sikat gigi bayi tidak dapat dilakukan dengan sembarang. Selain itu jenisnya pun tidak bisa dipilih secara acak seperti sikat gigi orang dewasa. Pilihlah sikat gigi dengan desain yang menarik yang disukai oleh si buah hati.
Dengan begini si kecil tidak akan mudah bosan. Misalkan, perhatikan pemilihan warna, bentuk atau hiasan yang terdapat pada bagian gagang. Oleh karenanya, tidak ada alasan untuk buah hati anda menolak pada saat tiba waktunya menggosok gigi.

Pedoman Dalam Memilih Sikat Gigi Bayi dan Balita

Selain dari sisi desainnya yang menarik. Sebaiknya, upayakan agar tidak ada bagian sikat gigi yang berbentuk lancip. Hal ini tentu menghindari kemungkinan sikat gigi yang akan melukai si buah hati saat mereka bermain bersama dengan sikatnya. Kesimpulan berdasarkan paparan diatas maka berikut ini adalah acuan yang singkat yang dapat anda jadikan sebagai pedoman dalam memilih sikat gigi untuk bayi dan balita.

  • Sebaiknya pilihlah sikat gigi ngan brand yang terpercaya dan sudah teruji dengan baik kualitasnya.
  • Penting juga memilih sikat gigi yang memang sudah diklasifikasikan berdasarkan dengan usia pengguna.
  • Pilihlah sikat gigi dengan tekstur dan ukuran yang sesuai untuk si kecil dengan baik.
  • Sebaiknya pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu yang amat lembut. Hal ini dilakukan agar bulu sikat tidak melukai mulut dan gusi si kecil.
  • Pilihlah sikat gigi yang tumpul dan kecil agar tidak melukai mulut si kecil atau membuatnya tersedak
  • Sebaiknya pilih sikat gigi yang mudah untuk digenggam si kecil agar ia bisa leluasa memegangnya.

Itulah dia beberapa tips memilih sikat gigi untuk balita. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan informasi yang anda butuhkan. Pada intinya, kebiasaan menggosok gigi adalah hal penting dilakukan oleh si kecil akan tetapi pemilihan sikat gigi pun tidak dapat dilakukan dengan sembarang.

Hal ini dikarenakan struktur gigi pada si kecil tidak sama dengan anak-anak yang sudah lebih besar atau bahkan dengan orang dewasa. Kehati-hatian dalam memilih jenis sikat gigi akan menjadi media baik untunya dapat membersihkan mulut dan giginya dengan baik.