Home » Perlengkapan Bayi » Tips Memilih Sepatu Bayi yang Nyaman dan Aman

Tips Memilih Sepatu Bayi yang Nyaman dan Aman

Tips Memilih Sepatu Bayi – Jangan asal memilih sepatu untuk bayi. Pilihlah sepatu yang benar-benar tepa, baik untuk kenyamanan atau keamanannya. Pasalnya, sepatu ikut serta dalam perkembangan kaki bayi. Jangan tergoda dengan model sepatu yang lucu dan unik dari modelnya saja. Belilah sepatu yang sesuai dengan kebutuhan bayi anda.

Memilih atau menyiapkan perlengkapan bayi yang terbaik merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap orang tua. Dalam menyiapkan semua keperluan bayi dianjurkan untuk berhati-hati dan jangan sembarangan. Banyak perlengkapan bayi yang harus disiapkan, dimana salah satunya yaitu sepatu.

Memilih sepatu bayi harus dilakukan dengan teliti dan jangan asal-asalan. Pasalnya, jika anda memilih sepatu yang tidak tepat maka akan mempengaruhi perkembangan kaki si kecil. Apabila sepatu yang anda pilih untuk bayi anda ukurannya tidak pas atau kekecilan, akibatnya akan menghambat perkembangan tulang kaki bayi anda, jaringan ikat dan otot kakinya. Selain itu, apabila si kecil tidak menggunakan sepatu yang tepat kemungkinan terjadinya masalah pada kaki mungilnya, seperti lecet atau luka akan semakin besar karena kaki bayi masih lemah dan lunak.

Tips Memilih Sepatu Bayi

Akan tetapi, memilih sepatu bayi yang kebesaran pun sangat tidak disarankan, meskipun sepatu tersebut lucu dan cantik untuk di kecil. Biasanya banyak orang tua yang justru memilih sepatu untuk bayinya dengan ukuran yang lebih besar dari yang seharusnya, tujuannya agar sepatu tersebut bisa dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun ukuran sepatu yang kebesaran justru akan menghambat proses belajar berjalan bayi anda karena ia akan merasa tidak nyaman, bahkan bisa saja menimbulkan lecet pada kakinya.

Lantas apa saja yang harus diperhatikan ketika membeli sepatu bayi agar aman dan nyaman? Berikut ini tips memilih sepatu bayi.

Tips Memilih Sepatu Bayi

Hindari Memilih Sepatu Keras Untuk Bayi yang Belum Berjalan

Apabila bayi anda belum bisa berjalan, sebaiknya hindari memilih sepatu yang terbuat dari bahan kaku dan memiliki sol yang keras. Pada saat bayi anda belajar berjalan, ia membutuhkan alas kaki yang lembut dan membuatnya nyaman. Pilihlah sepatu yang lebih fleksibel agar bisa mengikuti bentuk kaki bayi anda pada saat melangkah. Sepatu yang dilengkapi dengan sol yang keras akan membuat ia kesulitan ketika berjalan dan menghambat proses belajar berjalannya.

Hindari Sepatu dengan Sol Licin

Selain sepatu yang memiliki sol keras, anda juga sebaiknya menghindari memilih atau membeli sepatu dengan sol yang licin. Sepatu dengan sol yang licin sangat berbahaya untuk si kecil karena akan membuatnya terpeleset dan terjatuh, apalagi jika si kecil sedang belajar berjalan dan belum bisa menyeimbangkan tubuhnya dengan baik. Jauh lebih baik apabila anda memilih sepatu dengan sol yang terbuat dari karet, karena sepatu dengan sol seperti itu tidak licin meskipun digunakan pada permukaan lantai sekalipun.

Coba Terlebih Dahulu Pada Kaki Bayi

Ketika anda memilih dan memutuskan untuk membeli sepatu bayi anda, maka sebaiknya anda coba terlebih dahulu pada kedua kakinya. Ini dilakukan untuk menentukan ukuran sepatu yang sesuai agar tidak kekecilan maupun tidak kebesaran. Sebaiknya hindari mengandalkan nomor dari sepatu bayi yang sebelumnya sudah pernah anda beli. Pasalnya pertumbuhan bayi lebih cepat, sehingga mungkin saja ia membutuhkan sepatu dengan ukuran yang berbeda karena kakinya sudah membesar.

Pilih Sepatu Ringan

Tips ini perlu diperhatikan oleh setiap orang tua ketika membeli sepatu untuk bayinya. Memilih jenis sepatu yang ringan sangat dianjurkan karena selain membuat bayi nyaman, juga lebih aman ketika digunakan. Meskipun anda menemukan sepatu dengan model dan warna yang menarik untuk si kecil tapi dirasa cukup berat, sebaiknya urungkan niat anda untuk membelinya dan carilah model sepatu yang lain dan lebih ringan, terlebih lagi jika si kecil sedang dalam proses berjalan.

Pilih Sepatu dengan Bahan Lembut

Seperti yang kita ketahui, kulit bayi masih lembut dan keadaannya sangat sensitif sehingga mengakibatkan kulit bayi mudah terluka. Oleh karena itu, disarankan untuk membeli sepatu dengan bahan yang lembut dan nyaman ketika digunakan. Hindari memilih sepatu yang terbuat dari bahan kasar atau keras yang akan meningkatkan resiko si kecil terluka. Pilihlah sepatu yang memungkinkan untuk kulit kaki bayi bisa bernafas, sehingga kakinya tidak akan mengalami kegerahan ataupun lecet.

Hindari Membeli Sepatu Model Tali

Sepatu dengan model tali memang banyak diminati, apalagi untuk orang tua yang memiliki anak laki-laki. Akan tetapi, sepatu dengan model seperti ini tidak dianjurkan digunakan oleh bayi, terlebih lagi jika ia sedang aktif-aktifnya atau sedang belajar berjalan. Jika menggunakan sepatu model ini ditakutkan tali akan terlepas dan resiko si kecil terjatuh akan semakin besar.

Setiap barang atau perlengkapan untuk bayi harus benar-benar diperhatikan. Belilah barang atau perlengkapan yang berkualitas baik dari segi bahan atau modelnya, nyaman digunakan dan aman untuk bayi anda, mengingat si kecil masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan bayi yang membutuhkan banyak perhatian. Itulah beberapa tips memilih sepatu bayi. Semoga bermanfaat.