Home » Perlengkapan Bayi » Perhatikan Tips Memilih Produk Perawatan Kulit Bayi

Perhatikan Tips Memilih Produk Perawatan Kulit Bayi

Memilih produk perawatan kulit bayi harus dilakukan dengan teliti. Pasalnya, kulit bayi masih sangat sensitif, apabila salah pilih akan menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, tips memilih produk perawatan bayi yang baik dan benar harus dipahami oleh setiap orang tua.

Saat ini banyak produk perawatan bayi sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya. Dalam memilih produk perawatan bayi tersebut disarankan pada setiap orang tua untuk memilih produk perawatan kulit yang terbaik dan khusus untuk bayi. Pasalnya, bayi memiliki kulit yang masih sangat sensitif.

Akan tetapi ketika memilih produk perawatan untuk bayi, tidak sedikit orang tua merasa bingung memilih produk perawatan yang tepat untuk buah hatinya. Penting untuk diketahui, meskipun struktur kulit bayi sama dengan struktur kulit orang dewasa, tetapi tingkat maturitas fungsinya memiliki perbedaan. Kulit bayi, terutama kulit bayi baru lahir masih sangat halus dan lembut, serta belum diproteksi dengan optial oleh sistem imun tubuh.

Produk Perawatan Kulit Bayi

Beberapa produk perawatan kulit bayi yang dibutuhkan oleh bayi di antaranya yaitu, sabun bayi, sampo bayi, losion, baby oil dan salep untuk mengatasi ruam yang terjadi pada kulitnya. Pilihlah produk tersebut dengan hati-hati dan jangan sembarangan. Untuk memudahkan, berikut ini tips memilih produk perawatan kulit bayi.

Tips Memilih Produk Perawatan Kulit Bayi

Bebas Pewarna dan Pewangi

Produk perawatan kulit bayi yang disarankan yaitu produk yang bebas pewarna dan pewangi. Untuk memastikan dan menghidari kesalahan saat memilih produk bayi tersebut, sebaiknya anda baca label yang terdapat pada kemasan produk. Produk perawatan bayi yang mengandung pewarna dan pewangi ditakutkan akan mengganggu atau mengiritasi kulit bayi, serta akan mengganggu sistem pernafasannya.

Jangan Pilih Produk Bertuliskan Antibakteri

Hindari memilih produk perawatan bayi yang bertuliskan antibakteri atau antimikroba. Zat-zat tersebut memang akan membunuh kuman, namun tidak baik untuk kesehatan kulit bayi. Apabila kulit bayi anda kotor, anda bisa membersihkannya hanya dengan menggunakan sabun khusus bayi yang ringan atau tisu basah yang tidak mengandung alkohol.

Bebas Paraben dan Phthalate

Paraben itu sendiri merupakan zat yang digunakan sebagai bahan pengawet. Sedangkan phthalate merupakan zat yang diguakan untuk pelembut. Zat tersebut tidak baik untuk kesehatan kulit bayi dan mungkin saja akan menimbulkan akibat yang fatal.

Bebas Alkohol

Alkohol pada produk perawatan bayi akan membuat kulit bayi menjadi kering, bahkan akan membuat kulitnya menjadi teriritasi. Biasanya pada kemasan alkohol sering ditulis dengan ethyl alcohol atau ethanol. Perlu anda ketahui, jenis alkohol ini bisa dengan mudah mengiritasi kulit bayi anda. Oleh karena itu, sebaiknya hindari membeli produk perawatan kulit bayi yang mengandung alkohol.

Pilih Produk Perawatan Bayi yang Alami

Saat ini memang banyak produk perawatan bayi yang mengandung bahan kimia, bahkan hampir semua perawatan kulit bayi mengandung bahan kimia. Bahan kimia yang terdapat pada produk perawatan kulit bayi tidak baik untuk kesehatan bayi karena akan membuat kulit bayi menjadi teriritasi. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah produk perawatan bayi yang berbahan dasar alami. Namun, apabila keluarga anda memiliki riwayat alergi atau asma, mungkin saja bayi anda akan sensitif tehadap produk yang terbuat dari bahan tanaman.

Pahami pH

Di kemasan produk perawatan bayi terkadang tertulis pH. Dimana pH menentukan kadar asam atau alkalin pada produk tersebut. Biasanya, pH bayi baru lahir berubah dari pH7 atau pH netral menjadi pH5 atau sedikit asam. Oleh karena itu, disarankan setiap orang tua untuk memilih produk perawatan dengan pH yang mendekati kulit bayi. Apabila kulit bayi anda tidak kering dan keadaannya sehat, memilih produk dengan pH netral tidak akan masalah.

Pilih Bahan Surfaktan yang Aman

Umumnya baik sabun atau sampo bayi mengandung surfaktan sebagai bahan pembersih. Ketika anda memilih sampo untuk bayi anda, disarankan untuk memilih sampo dengan bahan surfaktan yang aman untuk mata bayi anda seperti cocamidopropyl betaine atau natrium lauril propinat.

Memilih Suncreen

Untuk melindungi bayi anda dari sinar matahari, anda bisa memakaikannya suncreen. Suncreen aman digunakan pada bayi berusia di atas 6 bulan. Akan tetapi, hal yang perlu anda ingat yaitu suncreen yang digunakan ialah physical suncreen dengan SPF 30 atau lebih, mengandung zinc oxide atau titanium oxide dan memiliki label broad spectrum dan waterproof.

Selain tips di atas, ketika memilih produk perawatan bayi disarankan untuk selalu mengcek tanggal kadaluarsa dari produk tersebut dan ketahanan produk setelah dibuka. Sebaiknya perhatikan pula akan cara pemakaian serta tulisan peringatan yang tertera pada kemasan.

Sebelum anda menggunakan produk perawatan kulit tertentu, tidak ada salahnya apabila anda melakukan tes terlebih dahulu. Tunggu sampai sehari guna memastikan apakah produk tersebut menimbulkan reaksi alergi atau sebaliknya.

Itulah beberapa tips memilih produk perawatan kulit bayi. Pilihlah produk perawatan kulit yang terbaik untuk bayi anda dan aman untuk kesehatannya serta tidak menyebabkan masalah kesehatan. Semoga bermanfaat.