Home » Perlengkapan Bayi » Tips Memilih Mainan Bayi yang Tepat dan Aman

Tips Memilih Mainan Bayi yang Tepat dan Aman

Mainan bayi bisa dikatakan sebagai alat pendukung perkembangan bayi. Oleh karena itu, memilih permainan bayi yang tepat harus anda lakukan. Selain itu, pilihlah permainan yang tidak akan melukai dan membahayakannya. Oleh karena itu, anda harus benar-benar memperhatikan tips memilih mainan bayi.

Beberapa perlengkapan bayi harus disiapkan oleh orang tua sebelum kelahiran anaknya. Beberapa perlengkapan bayi yang perlu disiapkan yaitu baju dan popok. Perlengkapan bayi pada umumnya sangat banyak dan beragam. Dimana salah satu perlengkapan yang tidak boleh ibu lupakan yaitu mainan bayi. Namun, berbeda halnya dengan perlengkapan seperti baju dan popok, perlengkapan mandi bayi  yang harus disiapkan sebelum kelahiran, justru mainan bayi bisa disiapkan setelah kelahiran bayi anda. Pasalnya, bayi baru lahir menghabiskan aktivitasnya dengan tidur, menyusu dan menyesuaikan terhadap lingkungan baru di sekitarnya, sehingga bayi belum tertarik terhadap beberapa mainan.

Mainan merupakan alat pendukung perkembangan bayi. Namun, di samping itu ada beberapa permainan bayi memiliki nilai edukasi sehingga permainan tersebut bisa anda terapkan pada usia bayi anda.

tips memilih mainan bayi

Mainan bayi itu sendiri dibedakan atau dikategorikan menjadi dua jenis, yakni mainan untuk bayi laki-laki dan mainan untuk bayi perempuan. Biasanya mainan bayi dirancang dengan warna-warna yang ceria, dengan tujuan agar mampu merespon otak kanan bayi anda. Selain warna, mainan bayi juga biasanya dilengkapi dengan musik untuk merangsang kecerdasan bayi.

Memilih mainan untuk bayi jangan asal-asalan dilakukan. Sebagai orang tua, anda harus bisa dengan tepat memilih mainan yang aman dan bermanfaat untuk bayi anda. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui apa saja tips memilih mainan bayi yang tepat dan aman.

Berikut ini tips memilih mainan bayi yang aman dan tepat untuk bayi anda.

Tips Memilih Mainan Bayi

  • Mainan bayi yang memiliki warna mencolok serta mengeluarkan bunyi akan membantu merangsang otak, pendengaran dan otot bayi. Sebagai orang tua yang bijak anda bisa memilih permainan bayi yang cocok dan sesuai,karena pemilihan mainan bayi yang tepat akan membantu bayi anda untuk menentukan jati diri pada masa selanjutnya.
  • Pilihlah mainan yang tepat sesuai dengan jenis kelamin bayi anda. Pasalnya, berdasarkan penelitian mainan memiliki pengaruh terhadap kepribadian anak. Anda bisa menemukan beberapa pria yang terlalu feminim atau wanita yang terlalu tomboy. Keadaan seperti ini bisa saja terjadi karena pemilihan jenis mainan yang kurang tepat dengan jenis kelamin bayi anda. Biasanya mainan yang tidak diperuntukan untuk perempuan atau laki-laki dipengaruhi karena faktor lingkungan, seperti misalkan keinginan yang sama karena melihat saudaranya.
  • Apabila bayi atau anak anda sudah bisa memilih mainannya sendiri, dimana ia memilih mainan yang tidak seharusnya ia pilih, sebagai orang tua anda harus bijak ketika menjelaskannya.
  • Ketika memilih mainan bayi anda harus memperhatikan bahan-bahan mainan  tersebut. Hal ini dilakukan karena bayi biasanya masih sensitif terhadap segala sesuatu atau benda baru di sekitarnya, terlebih lagi jika bersentuhan dengan kulit bayi.
  • Jika bahan mainan  yang anda beli terbuat dari bahan plastik, disarankan untuk cek kode plastik yang digunakan sebagai bahan mainan tersebut.
  • Sebaliknya, jika anda membeli mainan  berbahan dasar kayu, maka anda harus memperhatikan zat pewarna yang digunakan. Terlebih lagi jika zat pewarna tersebut memudar dan bisa dengan mudah masuk ke dalam mulut bayi.
  • Bentuk dari mainan untuk bayi menjadi perhatian anda selanjutnya. Sebaiknya hindari bentuk mainan yang runcing karena mainan dengan bentuk yang runcing hanya akan membuat bayi anda terluka. Hindari pula bentuk mainan yang kecil yang dapat dengan mudah dimasukan ke dalam mulut bayi. Karena mainan dengan bentuk yang kecil ditakutkan termakan dan tertelan oleh bayi anda. Anda bisa memilih permainan sesuai dengan umurnya. Untuk mengetahuinya biasanya tertera pada kemasan mainan.

Hal yang Harus Anda Perhatikan Ketika Bayi Bermain

  • Sebaiknya perkenalkan bayi anda pada mainan yang mana mainan tersebut dapat meperkenalkannya pada lingkungan dan masyarakat.
  • Anda bisa membiarkan si kecil bermain dengan teman sebayanya. Hal ini dilakukan untuk membantu bayi anda beradaptasi dengan teman atau orang baru, bersosialisasi dan saling menghargai.
  • Ketika bayi anda bermain, penting bagi anda untuk tetap mengawasi dan memperhatikannya. Terlebih lagi jika ia bermain dengan melibatkan beberapa mainan ketika bermain dengan teman sebayanya.
  • Sebaiknya jangan batasi anak anda bermain dengan menggunakan benda atau permainan bayi selama permainan bayi tersebut aman untuk kesehatan dan keselamatannya. Hal ini dilakukan untuk membantu merangsang perkembangan bayi anda, terutama kecerdasan, kreatifitasnya dan ketangkasannya.
  • Dalam memilih mainan bayi sebaiknya tidak perlu mainan berharga mahal. Namun, yang harus anda perhatikan yaitu fungsi dan manfaat dari mainan tersebut. Beberapa mainan akan membuat bayi anda belajar dengan cara yang tidak membosankan. Beberapa mainan yang dimaksud seperti balok hitung, puzzle dan lain sebagainya.

Penting bagi anda untuk memperhatikan setiap mainan bayi anda, apalagi jika bayi anda masih dalam usia fase oral, dimana ia akan memasukan benda pada mulutnya. Karena jika tidak diperhatikan ditakutkan ada kandungan atau zat kimia yang masuk ke dalam tubuh melalui mulutnya.