Home » Perlengkapan Bayi » Tips Memilih Kosmetik Bayi yang Aman

Tips Memilih Kosmetik Bayi yang Aman

Sebagai orang tua anda harus memilih kosmetik bayi yang aman dan tepat untuk bayi anda. Memilih kosmetika bayi harus berdasarkan tingkat keamanan dari produk tersebut. Perhatikan tips memilih kosmetik bayi dengan benar dan teliti demi kesehatan dan keamanan bayi.

Umumnya bayi memiliki kulit yang masih senstive. Memilih produk perawatan atau kosmetika yang tepat untuk bayi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari bayi dari masalah atau gangguan kulit.

Pemilihan kosmetik bayi jangan didasarkan pada selera ibu, baik itu kemasannya yang bagus atau aromanya yang harum. Tetapi tips memilih kosmetik bayi harus berdasarkan faktor keamanan dari bahan bahan yang digunakan.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa harga produk perawatan bayi atau perlengkapan bayi berharga mahal merupakan produk perawatan yang terbaik dan aman. Namun, harga mahal tidak menjamin itu aman. Oleh karena itu, jangan terpaku pada harga atau yang lainnya. Tetaplah prioritaskan keamanan dari bahan bahan produk yang anda pilih. Sebelum memilih dan menentukan produk perawatan mana yang tepat untuk buah hati, ada baiknya jika anda melakukan uji coba terlebih dahulu. Jika terjadi reaksi, dimana kulit bayi mengalami kemerahan, sebaiknya hentikan dan jangan lanjutkan pemakaian produk tersebut.

Tips memilih kosmetik bayi

 

Tips Memilih Kosmetik Bayi

Saat ini perkembangan produk kosmetik bayi semakin banyak dan luas, tidak hanya bedak dan minyak telon saja. Kita bisa menemukan produk perawatan bayi seperti baby cream, body lotion, baby oil dan kosmetik lainnya yang diinginkan sebagai produk tambahan untuk perawatan bayi.

Semua jenis kosmetik tersebut akan aman digunakan oleh bayi jika anda teliti dan hati hati ketika memilihnya sesuai dengan jenis kulit bayi anda. Kulit bayi memiliki sensitifitas yang berbeda-beda. Kosmetik yang ada tidak selamanya cocok untuk semua bayi. Oleh karena itu, anda bisa menentukan sendiri kecocokan produk untuk kulit bayi anda.

Tambahan kosmetik yang digunakan pada bayi nyatanya memiliki manfaat yang berbeda. Namun, untuk sebagian orang masih mengusung tradisi lama, dimana untuk perawatan bayi hanya menggunakan sabun dan sampo ketika mandi. Setelah mandi cukup menggunakan bedak dan minyak telon untuk menghangatkan badan. Sebenarnya kebiasaan tersebut tidak disalahkan, begitu pun dengan pemakaian kosmetik tambahan dalam membantu merawat kulit bayi.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan saat memilih kosmetik bayi adalah sebagai berikut.

Sabun

Sabun merupakan perlengkapan mandi yang penting untuk bayi. Cara memilih perlengkapan mandi atau sabun ini harus dilakukan dengan teliti. Sabun memiliki kandungan dengan prinsip yang sama, yakni mengandung detergen dan aman untuk kulit. Begitu pun dengan sabun untuk bayi, yang mana sabun tersebut dikhususkan untuk kulit bayi yang masih sensitif. Untuk sabun anda bisa memilih sabun cair atau padat. Sabun cair dianggap lebih praktis. Namun, sebagian bayi tidak cocok dengan sabun cair karena kandungan pewarna dan pewanginya akan menyebabkan kulit bayi menjadi alergi. Pilihlah sabun yang lembut dan ringan untuk bayi anda. Jika terjadi alergi atau masalah kulit lainnya, segera hentikan pemakaian sabun tersebut.

Sampo

Sampo untuk bayi berbeda dengan sampo untuk orang dewasa. Dimana sampo untuk bayi dirancang khusus agar tidak membuat pedih di mata, sehingga bayi akan tetap aman dan tidak akan menyebabkan pedih di mata. Sampo untuk bayi memiliki manfaat untuk membersihkan segala jenis kotoran yang menempel pada rambut atau kulit kepalanya. Aktivitas bayi umumnya masih terbatas, untuk itu tidak dianjurkan untuk mencuci rambut bayi setiap hari. Pilihlah sampo yang aman untuk bayi dengan kandungan bahan alami sesuai dengan kebutuhan rambut bayi anda.

Bedak

Bayi memang tidak bisa terlepas dari penggunaan bedak. Bedak biasanya digunakan untuk membuat aroma bayi menjadi harum. Selain itu, bedak juga digunakan untuk mencegah terjadinya gesekan di antara lipatan. Meskipun begitu, penggunaan bedak yang berlebih dan bercampur dengan keringat akan menyebabkan iritas. Hindari menggunakan bedak di daerah selangkangan bayi.

Baby Lotion

Sama dengan kosmetik lainnya, pemilihan baby lotion harus dilakukan dengan benar. Sebaiknya penggunaan baby lotion jangan terlalu sering pada bayi anda. Ketika memilihnya perhatikan juga kandungan dari baby lotion itu sendiri. Umumnya baby lotion mengandung air dan minyak. Namun, meskipun bahan yang dikandungnya terbilang aman, tetapi jika tidak cocok pada bayi sebaiknya hentikan pemakaiannya.

Hair Lotion

Kosmetik tambahan yang digunakan pada rambut ini memiliki fungsi sebagai penyubur rambut dan membuat rambut bayi anda menjadi harum. Sama dengan memilih produk lainnya, ketika hendak memilih hair lotion sebaiknya perhatikan kandungannya. Pilihlah hair lotion yang mengandung bahan alami. Hindari memaksakan produk secara berlebihan pada rambut bayi anda.

Sunblock

Sunblock pada bayi biasanya digunakan ketika bayi hendak melakukan aktivitas di luar rumah. Sunblock tidak disarankan digunakan pada bayi yang usianya masih muda. Sebelum mengaplikasikan sunblock pada bayi anda sebaiknya perhatikan aturan dan cara pakainya terlebih dahulu, selain itu anda juga harus memperhatikan kandungannya. Sebenarnya untuk menghindari paparan sinar matahari ketika di luar rungan, anda bisa memakaikannya topi atau menggunakan payung.

Intinya yang harus anda perhatikan sebelum memilih kosmetik bayi yaitu kandungan dan bahan bahan yang digunakan. Jika perlu, anda bisa berkonsultasi pada dokter anak atau bidan mengenai masalah tips memilih kosmetik bayi ini.