Home » Perlengkapan Bayi » Tips Memilih Kereta Dorong Bayi yang Aman

Tips Memilih Kereta Dorong Bayi yang Aman

Demi keamanan dan kenyamanan bayi, sebaiknya pilihlah kereta bayi yang terbaik. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membeli kereta dorong bayi berdasarkan tips memilih kereta dorong bayi yang aman.

Kebutuhan atau daftar perlengkapan bayi sangatlah banyak. Selain pakaian seperti baju, popok, sarung tangan, sarung kaki dan lain sebagainya, hal yang perlu dipertimbangkan oleh orang tua ketika membeli perlengkapan sang buah hati yaitu kereta dorong atau stroller. Membeli perlengkapan yang satu ini memang tidak wajib. Namun, stroller memberikan manfaat untuk ibu maupan bayi.

Menggendong bayi dapat membuat ikatan batin sang ibu dan bayi menjadi lebih kuat dan dekat. Ketika menggendong usahakan untuk menerapkan cara menggendong bayi yang baik. Namun, apabila sang ibu harus menggendong terus menerus atau terlalu lama, pegal dan cape tentunya akan dirasakan, terlebih lagi apabila menggendong bayi ketika bepergian. Selain sang ibu yang merasakan efeknya, bayi juga akan merasakannya. Oleh karena itu, anda bisa mempertimbangkan untuk membeli kereta dorong sebagai alternatif.

memilih kereta dorong bayi

Dengan adanya kereta dorong anda akan mendapatkan banyak manfaat. Ketika anda bepergian atau jalan-jalan bersama sang buah hati akan banyak kemudahan yang anda dapatkan. Kereta dorong bayi biasanya dilengkapi dengan keranjang. Dimana fitur ini bisa anda gunakan untuk menyimpan semua perlengkapan bayi ketika pergi jalan-jalan. Kereta dorong untuk bayi juga bisa anda gunakan ketika hendak menyuapi si kecil makan jika usianya sudah cukuk untuk makan.

Saat ini beragam model kereta dorong sudah ditawarkan, mulai dari yang berharga mahal hingga murah, brand terkenal maupun lokal dan fitur-fitur yang melengkapinya. Namun, ketika memilih kereta dorong untuk bayi sebaiknya anda jangan mengutamakan model atau brand dari kereta tersebut. Hal penting yang harus anda prioritaskan yaitu memilih kereta dorong yang terbaik untuk bayi anda, aman dan membuat bayi anda merasa nyaman ketika menggunakannya.

Nah, untuk lebih memudahkan ketika memilih kereta dorong bayi, anda harus mempertimbangkan beberapa hal. Berikut ini tips memilih kereta dorong bayi.

Tips Memilih Kereta Dorong Bayi

Rem

Ketika anda  membeli atau memilih memilih kerata dorong untuk bayi, hal pertama yang harus anda perhatikan yaitu remnya. Rem yang baik pada kereta dorong yang anda pilih berkaitan dengan keamanan bayi anda. Biasanya sebagian kereta dorong dilengkapi dengan rem untuk mengunci dua roda dengan bersamaan, tidak satu roda seperti umumnya. Anda bisa memilih kereta dorong dengan rem yang anda anggap paling mudah dan aman ketika digunakan. Pastikan juga bahwa rem tersebut tidak bisa dijangkau oleh si kecil, terlebih lagi ketika ia beranjak dewasa dan aktif. Stroller yang dilengkapi dengan rem cakram bisa memberikan keamanan yang ekstra ketika kereta bayi anda gunakan untuk melewati jalan menurun atau menanjak.

Perhatikan Batas Berat Badan

Umumnya kereta bayi memiliki batas berat badan, sehingga tidak sembarangan orang bisa menaikinya. Apabila beban dalam kereta bayi terlalu berat maka akibatnya kereta bayi akan menjadi tidak stabil. Memperhatikan batas berat badan dari kereta bayi yang akan anda beli adalah hal penting yang harus anda lakukan. Selain itu, demi keamanan sebaiknya hindari menggunakan kereta bayi tunggal untuk membawa dua anak sekaligus.

Sabuk Pengaman

Kereta bayi dilengkapi dengan sabuk pengaman. Umumnya, kereta dorong memiliki pilihan sabuk pengaman. Dimana ada sabuk pengaman tiga poin atau lima poin. Kereta dorong dengan sabuk pengaman lima poin dianggap lebih aman. Pasalnya, sabuk pengaman seperti ini akan mendukung bahu, pinggang dan antara kaki si kecil. Kereta dorong dengan sabuk lima poin dibutuhkan, terlebih lagi jika anak anda masih sangat kecil. Selain itu, anda juga harus memperhatikan kemudahannya ketika digunakan dan ukurannya harus pas ketika melingkari tubuh si kecil.

Kursi

Apabila kereta dorong bayi digunakan untuk bayi berusia di bawah 6 bulan, anda harus memastikan bahwa kursinya bisa disesuaikan sampai kursi tersebut bisa sampai posisi berbaring. Sebab, anak di bawah 6 bulan masih belum bisa menopang kepalanya dan belum bisa duduk dengan sempurna.

Cara Gerak Kereta Dorong Bayi

Pastikan anda memilih kereta dorong yang mampu bergerak lurus. Kerata bayi dengan roda depan dan belakang bisa beputar biasanya akan bisa dengan mudah dibelokan. Untuk pilihan terbaik anda bisa mencoba membelokannya dengan menggunakan satu tangan.

Pegangan Kereta Dorong Bayi

Pegangan kereta dorong bayi sebaiknya disesuaikan dengan pegangan orang tua atau orang dewasa yang akan membawa atau mendorong kereta dorong tersebut. Seharusnya pegangan kerata dorong bayi berada di antara pinggang atau lebih rendah sedikit. Namun, anda bisa memilih kerata dorong dengan pegangan yang dapat disesuaikan agar lebih mudah diatur ketika kereta tersebut didorong oleh orang yang berbeda.

Tempat Kaki

Hindari memilih kereta dorong bayi yang memiliki tempat kaki terpisah antara kaki kiri dan kaki kanan agar kaki si kecil tidak terperangkap di antaranya.

Kanopi

Sebaiknya pilihlah kereta dorong dengan kanopi yang mampu melindungi anak dari angin, sinar matahari dan hujan. Agar lebih mudah dibersihkan anda bisa memilih kanopi yang dapat dilepas.
Kereta bayi merupakan pilihan yang tepat untuk kenyamanan bayi dan kemudahan orang tua. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Konsultasi terlebih dahulu dengan dokter dalam memilih kereta dorong untuk bayi anda yang memiliki kondisi khusus.

Itulah tips memilih kereta dorong untuk bayi. Semoga bermanfaat.