Home » ASI (Air Susu Ibu) » Tips Memilih Bra Menyusui yang Tepat

Tips Memilih Bra Menyusui yang Tepat

Bra menyusui berbeda dengan bra pada umumnya. Penggunaan bra menyusui ini akan memudahkan ibu ketika menyusui buah hatinya. Banyak bra menyusui yang dapat kita jumpai di pasaran, anda harus tahu tips memilih bra menyusui yang tepat.

Perubahan pada buah dada akan dimulai saat trimester pertama kehamilan. Dimana banyak ibu yang mengatasi keadaan ini dengan menggunakan bra khusus untuk ibu hamil yang tepat dengan baju hamil yang sesuai.

Setelah melahirkan dan menyusui bayinya, tentunya bra yang digunakan bukan lagi bra khusus untuk ibu hamil, melainkan bra khusus untuk ibu menyusui. Bra khusus untuk menyusui yang tepat baik digunakan oleh ibu selama periode menyusui bayi karena akan mendukung proses laktasi dan membuat ibu lebih nyaman dalam menggunakannya. Bra khusus menyusui memiliki model atau desain yang berbeda dengan bra yang biasa digunakan oleh wanita pada umumnya.

Tips Memilih Bra Menyusui

Manfaat dari bra khusus menyusui ini di antaranya yaitu dapat menjaga, menyesuaikan bentuk payudara ibu dan akan mendukung proses laktasi. Bra menyusui biasanya dirancang khusus dengan dilengkapi cup yang terbuka, sehingga dengan begitu anda dapat membuka flap yang terdapat pada cup. Anda dapat menyusui bayi anda dengan membuka flap tersebut, tanpa harus membuka bra atau menariknya ke atas.

Kualitas dari bra menyusui ini tentunya memiliki perbedaan. Anda jangan semata-mata memilih bra menyusui dari bentuk atau kegunaan saja, karena ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan.
Untuk memudahkan anda dalam membeli bra menyusui, berikut ini kami sajikan tips memilih bra menyusui yang dapat anda simak.

Tips Memilih Bra Menyusui

Sebelum anda mengetahui apa saja tips memilih bra menyusui, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu fitur-fitur apa saja yang perlu ada dari bra menyusui. Fitur-fitur yang dimaksud di antaranya :

  • Kaitan bra yang harus terdiri dari 4 kait. Kaitan tersebut mudah dipasang namun dapat dengan kuat merekatkan dan nyaman untuk di bagian punggung.
  • Cup yang mudah untuk dibuka atau ditutup terutama dengan menggunakan satu tangan, serta dapat menyediakan ruang yang cukup pada saat dibuka sehingga anda akan lebih nyaman saat menyusui bayi anda.
  • Ukuran tali bra yang lebar, anti selip, serta dapat mengikat erat dari tengah, belakang dan samping agar tali tidak akan mudah lepas pada saat anda menyusui bayi anda.
  • Bahan nyaman dan bahan tersebut membuat kulit mampu bernafas serta mampu menyerap keringat. Sebaiknya bra terbuat dari bahan 100 % katun dan jangan bra yang terbuat dari bahan sintetis karena panas dan tidak akan menyerap keringat.

Berikut ini hal-hal yang harus anda perhatikan ketika memilih bra.

Pilih Ukuran Bra yang Sesuai

Bra seharusnya dapat mendukung buah dada dari bawah, bahkan pada saat cup terbuka. Karena bra seperti ini akan membuat bayi menyusu lebih merasa nyaman. Ukuran payudara yang membesar saat menyusui akan membuat anda kesusahan dalam menyesuaikannya. Oleh karena itu, sebaiknya hindari memilih ukuran bra yang telalu ketat karena akan membuat payudara anda terasa sakit, tidak nyaman dan tertekan. Jika anda tetap menggunakan bra yang ketat maka proses menyusui bayi akan menjadi terhambat. Hindari pula bra yang sepenuhnya dapat terbuka di depan, karena anda akan kesulitan setelah waktu menyusu selesai. (Baca juga: Masalah Menyusui Bayi)

Hindari Bra Model Berkawat

Biasanya bra berkawat lebih digemari karena mampu menopang payudara dan membuat payudara menjadi lebih indah. Namun, bagi anda yang sedang menyusui sebaiknya hindari memilih bra seperti ini. Kawat yang terdapat pada bra justru akan berisiko menghambat aliran air susu. Yang mana jaringan produksi ASI terbentang dari rusuk sampai ketiak. Selain itu, ancaman infeksi menjadi lebih besar karena aliran susu tersumbat.

Pilih Bra dengan Beberapa Ukuran

Pilihlah bra dengan ukuran anda pada usia kehamilan antara 8 sampai 9 bulan, serta 1 sampai 2 ukuran lebih besar. Biasanya pada minggu awal kelahiran ukuran payudara akan membesar, kemudian akan kembali mengecil. Anda harus melakukan pengukuran yang tepat guna menentukan lingkar dada, serta ukuran cup yang sesuai. Anda bisa meminta bantuan pramuniaga yang ada di tempat jualan bra yang terpercaya.

Jumlah Bra yang Harus Dimiliki

Bra menyusui yang harus dimiliki jangan hanya satu pasang saja. Sebaiknya, belilah bra dan setidaknya anda memiliki bra menyusui tiga pasang. Satu bra bisa anda gunakan, bra yang satunya dicuci, sedangkan satu lagi dalam lemari. Akan lebih baik apabila anda memiliki bra lebih banyak sehingga anda tidak perlu sering mencuci.

Sebaiknya anda menggunakan breast pad supaya air susu tidak membasahi bra dan membuat lembab. Anda harus mengganti bra menyusui dua kali sehari. Ini dilakukan untuk memastikan area payudara kering dan bebas bakteri.

Dalam memilih bra anda harus mendahulukan kenyamanan serta keamanan. Kenyamanan bisa anda dapatkan dari bahan, ukuran dan desain dari bra tersebut.

Saat ini tersedia bra menyusui dengan pilihan model, warna dan motif. Anda dapat memilihnya sesuai dengan selera anda, namun anda tetap harus mendahulukan kenyamanannya.

Demikian tips memilih bra menyusui yang tepat. Semoga bermanfaat.