Home » ASI (Air Susu Ibu) » Tips Memilih Baju Menyusui Agar Lebih Mudah Memberikan ASI

Tips Memilih Baju Menyusui Agar Lebih Mudah Memberikan ASI

Baju menyusui akan memudahkan ibu ketika memberikan ASI pada buah hatinya, khususnya ketika berada di tempat umum. Untuk itu, penting bagi ibu untuk mengetahui tips memilih baju menyusui yang tepat.

Selain merawat , tugas seorang ibu yaitu memberikan ASI atau menyusui buah hati tercintanya. Agar buah hatinya mendapatkan cukup ASI, ibu akan melakukan segala hal termasuk menyusui di tempat umum ketika sedang bepergian.

Sudah tidak bisa diragukan lagi, ASI memiliki banyak manfaat untuk bayi dan menyusui mendatangkan banyak keuntungan untuk ibu. Menyusui bayi secara langsung diketahui dapat semakin mempererat hubungan antara bayi dan ibu. ASI dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, sehingga efeknya si kecil tidak akan mudah sakit, serta akan meningkatkan kecerdasannya. Sedangkan bagi ibu, menyusui dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Selain itu, dengan menyusui risiko ibu mengalami kanker payudara akan semakin kecil.

Tips Memilih Baju Menyusui

Ibu harus siap menyusui bayinya kapanpun dan dimanapun ketika si kecil membutuhkan. Ketika berada di tempat umum, tentunya ibu tidak dapat menyusui bayinya dengan lebih leluasa seperti di rumah. Untuk itu, beberapa hal perlu ibu perhatikan termasuk baju yang dipakainya.

Agar memudahkan proses menyusui, ibu dapat menggunakan baju menyusui. Selain memudahkan menyusui, dengan baju khusus menyusui ibu akan merasa lebih nyaman dan tidak terganggu ketika harus menyusui bayinya di tempat umum. Lantas seperti apa baju khusus menyusui? Baju menyusui tentunya berbeda dengan baju pada umumnya. Baju menyusui didesain khusus dan dilengkapi dengan beberapa fitur untuk memudahkan ibu ketika menyusui bayinya.

Contoh Baju Menyusui yang Baik

  • Baju menyusui memiliki ciri umum yaitu memiliki bukaan pada bagian depannya, khususnya pada bagian dada ibu. Bukaan di bagian depan ini akan memudahkan ibu ketika mengeluarkan payudara.
  • Dengan baju yang dilengkapi bukaan ini ibu tidak perlu lagi menaikan baju dari bawah, karena ibu hanya tinggal menyibakan bagian tertentu saja dari baju khusus menyusui ini atau membuka resleting atau kancing saja. Selain lebih mudah, baju khusus menyusui ini lebih efektif digunakan.
  • Baju menyusui tidak memiliki ukuran yang ketat atau lebih besar meskipun terbuat dari bahan kaos sehingga tidak akan mengekspos bagian tubuh tertentu.
  • Baju menyusui tidak mengharuskan ibu membuka atasannya hingga ke dada, sehingga perut ibu tidak akan terlihat.

Tips Memilih Baju Menyusui

Meskipun anda sudah mengetahui contoh baju menyusui yang baik, tetapi tidak semua baju menyusui memiliki kualitas yang sama. Untuk itu, penting memperhatikan tips memilih baju menyusui agar anda dapat menyusui bayi dengan nyaman dan tetap tampil modis. Berikut ini tips memilih baju menyusui.

Mencari Model yang Sesuai

Contoh baju menyusui sebelumnya sudah dijelaskan. Dimana baju menyusui ini tersedia dalam berbagai model. Sebelum membeli anda dapat mencari model baju sesuai dengan kebutuhan dan tetap membuat anda tampil modis. Saat ini baju menyusui sudah tersedia dalam berbagai warna dan motif menarik.

Perhatikan Bahan

Dalam memilih baju menyusui, sebaiknya pilihlah baju menyusui yang terbuat dari bahan yang berkualitas sehingga akan membuat anda merasa lebih nyaman. Pastikan anda memilih baju menyusui dengan bahan yang tidak menimbulkan gerah, gatal atau iritasi. Pastikan baju yang dipilih dapat membuat anda merasa lebih nyaman. Anda dapat memilih baju dengan bahan yang ringan seperti katun. Bahan baju yang kasar, selain membuat anda tidak nyaman, si kecil pun akan merasakannya karena ia bersentuhan langsung dengan baju yang anda kenakan.

Sesuaikan Model dengan Bentuk Tubuh

Model atau potongan baju dapat anda sesuaikan dengan bentuk tubuh anda. Selain membuat nyaman, anda juga akan merasa lebih percaya diri. Selain itu, anda dapat memilih baju dengan model yang dapat tetap digunakan meskipun anda sudah tidak menyusui lagi.

Selain baju menyusui, menyusui akan lebih mudah jika didukung dengan perlengkapan menyusui  yang lainnya seperti berikut ini:

Bra Khusus Menyusui

Pada masa menyusui, payudara ibu akan lebih besar dari biasanya. Untuk itu, agar ibu merasa lebih nyaman, bra khusus menyusui dapat dipilih. Bra khusus menyusui ini juga dapat memudahkan ibu menyusui bayinya. Bra menyusui memiliki bukaan pada cup, dimana bukaan ini dapat dengan mudah dibuka dan ditutup.

Apron

Saat sedang menyusui di tempat umum, ibu juga dapat memanfaatkan apron untuk menutupi bagian tubuh tertentu agar tidak terlihat. Saat ini sudah tersedia apron dengan model, warna dan motif yang menarik. Ibu dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Breast Pads

ASI merembes adalah salah satu permasalahan yang kerap kali dialami oleh ibu menyusui. Untuk menghindari ASI merembes dan membuat baju ibu basah, ibu dapat menggunakan breast pads. Breast pads itu sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mencegah agar rembesan ASI tidak sampai mengenai baju luar. Breast pads berupa lapisan kain yang dimasukan ke dalam cup bra. Breast pads dapat dicuci dan dipakai ulang. Saat ini, ada juga breast pads sekali pakai. Yang harus ibu perhatikan dalam pemakaian breast pads yaitu ganti sesering mungkin agar tidak terjadi infeksi atau iritasi.

Itulah tips memilih baju menyusui yang akan memudahkan ibu ketika menyusui bayinya saat berada di tempat umum. Semoga bermanfaat.