Home » Perawatan Bayi » Tips Membiasakan Bayi Tidur Siang

Tips Membiasakan Bayi Tidur Siang

Meskipun terkesan spele, tetapi tidur siang memiliki banyak manfaat untuk si kecil. Untuk mendapatkan manfaatnya anda harus membiasakan bayi tidur siang.

Kebutuhan tidur siang antara bayi yang satu dengan bayi yang lainnya tidaklah sama. Dimana itu semua tergantung dengan kondisi dan usianya.

Khususnya bayi baru lahir, biasanya ia akan menghabiskan waktunya dengan tidur. Bayi baru lahir bisa tidur dan bangun selama seharian. Waktu ia terjaga sangat singkat yaitu sekitar satu sampai tiga jam, yang mana waktunya tersebut digunakan untuk minum ASI atau susu. Setelah itu, si kecil bisa tidur kembali. Pada usia ini, anda masih belum bisa menentukan pola tidur siang si kecil. Oleh karena itu, jangan mengatur waktu tidurnya biarkan saja ia tidur sesuai dengan kebutuhannya.

Membiasakan Bayi Tidur Siang

Akan tetapi setelah si kecil berusia 2 bulan, pola tidurnya akan terlihat lebih jelas. Dimana pada usianya ini ia tidak akan menghabiskan banyak waktunya untuk memejamkan mata. Bayi pada usia ini mungkin saja membutuhkan tidur siang sebanyak 2 sampai 4 kali dalam setiap harinya. Atau mungkin saja ia tidur siang lebih dari itu.

Memasuki usianya yang ke 3 sampai 4 bulan, anda bisa mulai membiasakan untuk menerapkan tidur siang pada si kecil. Pasalnya, pola tidur siang bayi pada usia ini sudah mulai bisa diprediksi. Kebanyakan bayi biasanya akan tidur siang sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari dengan lamanya sekitar setengah sampai 2 jam. Sedangkan ketika malam hari, biasanya bayi akan tidur selama 9 sampai 12 jam dan sudah termasuk bangun untuk mendapatkan ASI dari ibunya.

Ketika berusia 6 bulan, si kecil mungkin akan tidur siang 2 sampai 3 kali dalam sehari. Yaitu ketika pagi, siang dan sore hari. Akan tetapi, saat usianya 9 bulan sampai 1 tahun, kebutuhan ia untuk tidur siang akan menjadi menurun, bahkan bisa jadi 2 kali dalam sehari. Namun, meskipun begitu tidak semua bayi memiliki pola tidur yang sama seperti itu.

Membiasakan Bayi Tidur Siang

Tidur siang memiliki banyak manfaat untuk si kecil. Oleh karena itu, anda harus membiasakan bayi tidur siang. Lantas apa saja manfaatnya dan bagaimana cara membiasakan bayi tidur siang? Berikut ini beberapa manfaat tidur siang untuk bayi.

Manfaat Tidur Siang Untuk Bayi

  • Merangsang Pertumbuhan Tubuh

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Medical School Harvard University menyatakan bahwa anak yang menerapkan pola tidur siang rutin memiliki pertumbuhan tubuh yang optimal dibandingkan dengan anak yang tidak pernah tidur siang. Hal ini disebabkan karena hormon pertumbuhan akan lebih aktif mengalir di dalam darah ketika si kecil tidur siang.

  • Kemampuan Memproses Informasi Meningkat

Untuk bayi berusia di atas 1 tahun, tidur siang dapat membantu mereka untuk meningkatkan kemampuannya dalam memproses informasi, kemudian ia mengaplikasikan pengetahuannya tersebut. Ketika anak mendapatkan waktu tidur siang yang cukup, mereka tidak akan mudah merasa lelah sehingga secara optimal mereka mampu menerima informasi, memproses dan mengaplikasikannya.

  • Lebih Bahagia

Anak yang memiliki waktu tidur siang kurang atau tidak pernah tidur siang cenderung mengalami stres. Akibatnya ketika sudah dewasa bisa saja mereka mengalami gangguan kesehatan mental.

  • Tubuh Beristirahat

Ketika bayi sudah aktif, merangkak atau berjalan, mereka biasanya tidak akan diam. Bukan hanya tubuhnya saja yang bekerja tetapi otak, otot dan organ di dalam tubuhnya bekerja. Dengan membiasakan si kecil tidur siang anda bisa membantu untuk mengistirahatkan tubuhnya.

Cara Membiasakan Bayi Tidur Siang

Untuk mendapatkan manfaat tidur siang, anda bisa membiasakan bayi tidur siang dengan cara seperti berikut ini.

  • Perhatikan Tanda Si Kecil Mengantuk

Beberapa tanda bahwa si kecil sudah mengantuk yaitu ia mulai menguap, menangis, rewel, menggosok-gosok mata, meskipun ada beberapa bayi menunjukan tanda yang berbeda. Ketika si kecil memperlihatkan tanda-tanda tersebut, anda bisa memperhatikan jam atau waktunya. Anda bisa memantau tanda si kecil mengantuk selama satu minggu sampai dua minggu. Hal ini dimaksudkan agar anda bisa lebih mudah mengatur pola tidur siang si kecil.

Apabila si kecil tidak memperlihatkan tanda mengantuk pada jam tidur siangnya, anda jangan berdiam diri dengan membiarkannya terjaga. Anda bisa mengajaknya untuk tidur siang.

  • Biasakan Bayi Anda Tidur Sendiri

Jika si kecil memperlihatkan tanda-tanda bahwa dirinya sudah mengantuk, anda bisa membawanya langsung ke tempat tidur bayi. Hal seperti ini akan membiasakan si kecil tidur dengan mandiri.

  • Terapkan Kebiasaan Tidur yang Sama

Usahakan untuk menerapkan kebiasaan tidur yang sama pada si kecil. Anda harus konsisten menerapkan pola tidur siang pada si kecil. Untuk waktu tidur siangnya, usahakan pada jam yang sama dalam setiap harinya. Jika anda memberlakukan waktu tidur siang yang berbeda-beda dalam setiap harinya, justru akan membuat si kecil merasa kesulitan dalam membiasakan diri untuk tidur siang. Pada saat waktu tidur siang sudah dekat, hindari melakukan aktivitas bersama dengan si kecil.

Selain waktu, anda juga harus memperhatikan tempat tidur siang si kecil. Pastikan untuk menidurkan si kecil pada tempat tidur yang sama ketika ia tidur di malam hari. Hal ini akan membuat si kecil tidur serasa di malam hari. Saat tidur siang usahakan untuk menjauhkan mainan apapun dari jangkauannya agar ia fokus untuk tidur siang.

  • Meskipun Tidak Sedang Di Rumah, Tetap Berlakukan Tidur Siang

Suatu waktu anda dan si kecil mungkin bepergian ke suatu tempat. Meskipun anda pada saat itu tidak sedang berada di rumah atau sedang berada di perjalanan, tetap berlakukan waktu tidur siangnya.