Tips Melatih Bayi Makan yang Baik dan Benar

Posted on

Tips melatih bayi makan bisa diawali dengan memperkenalkan tekstur makanan yang bertahap hingga pengenalan aneka rasa baru dari makanan sehat, seperti buah dan sayuran.

Setelah berusia 6 bulan, bayi akan diperkenalkan pada MPASI atau makanan pendamping ASI karena sistem pencernaannya sudah siap untuk mencerna makanan yang lebih bertekstur. Momen atau waktu pemberian makan si kecil akan menjadi sangat menyenangkan dan ditunggu-tunggu untuk setiap ibu. Ketika itu ibu akan memperkenalkan satu persatu makanan untuk si kecil. Antusiasnya si kecil ketika menerima makanan akan membuat ibu semakin bertambah semangat dan berusaha untuk memberikan makanan yang terbaik untuk anaknya.

Akan tetapi, memberi makan si kecil tidak akan selamanya berjalan mulus. Ada saatnya anda menemukan masalah ketika memberi makan si kecil, dimana beberapa masalah yang mungkin akan anda hadapi yaitu si kecil menolak makanan yang diberikan karena belum terbiasa, kebiasaan si kecil yang tidak mau menelan makanan atau ia membiarkan makanannya menumpuk di dalam mulut. Mengetahui keadaan seperti ini tentunya tidak sedikit orang tua yang merasa kesal ketika menyuapi anaknya. Kebiasaan bayi seperti ini dialami oleh 8 dari 10 ibu dengan kondisi yang sama.

Tips Melatih Bayi Makan

Umumnya, seorang bayi sudah memiliki keterampilan dalam menelan dan menghisap saat ia mendapatkan ASI untuk pertama kalinya. Saat usianya 6 bulan, dimana ketika itu ia sudah mendapatkan makanan pendamping ASI seharusnya keterampilan si kecil semakin bertambah untuk mengunyah makanan dan menyesuaikan dirinya dengan makanan padat. Dan hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi setiap ibu ketika memberi bayinya makan. Nah, beberapa cara sederhana bisa anda lakukan untuk mengurangi kesulitan ketika melatih bayi makan. Berikut ini tips melatih bayi makan yang bisa anda lakukan.

Tips Melatih Bayi Makan

Kenalkan Tekstur Makanan

Ketika pertama kali mengenalkan makanan padat pertama pada si kecil, maka makanan yang harus anda kenalkan yaitu dengan tekstur yang bertahap. Makanan pendamping ASI pertama kali yang bisa anda kenalkan pada si kecil yaitu makanan yang bertekstur cair seperti bubur susu atau bubur cair. Membiasakan bayi anda dengan makanan padat akan membuat anda lebih mudah dalam melatih bayi makan. Makanan dengan tekstur yang lebih padat akan mengajarkan bayi anda untuk menggerakan lidahnya dari depan ke arah belakang.

Ajarkan Mengunyah dengan Tekstur yang Berbeda

Makanan dengan tekstur cair dan mengandung banyak air diperkenalkan ketika pertama kali pemberian makan pada si kecil. Akan tetaapi, untuk melatih kemampuannya dalam mengunyah makanan, maka anda bisa memberikan makanan dengan tekstur yang bertahap. Makanan dengan tekstur yang berbeda akan membiasakan bayi untuk menggerakan lidahnya. Lidah bayi akan menjadi lebih lentur, kemudian ia akan menelan makanannya.

Bentuk Makanan

Tips melatih bayi makan selanjutnya yaitu dengan membentuk makanan menjadi potongan. Namun, potongan makanan pada bayi ini diberikan saat usianya lebih dari 6 bulan. Berikan potongan buah pada si kecil sehingga akan memudahkannya dalam menggenggam. Namun, anda tetap harus memperhatikan makanan yang diberikan pada si kecil baik tekstur maupun rasanya. Disarankan untuk memberikan makanan yang tidak akan menyulitkan bayi serta rasanya aman, tidak asam, tidak pedas atau berbagai rasa yang tidak dianjurkan diberikan pada bayi.

Kenalkan Rasa Baru

Selain tekstur dan bentuk makanan, bayi juga harus belajar mengenal rasa baru. Dasarnya, bayi lebih suka pada makanan bercita rasa manis. Akan tetapi, pada masa awal pengenalan makanan pendamping ASI, bayi anda harus terbiasa dengan makanan bercita rasa baru selain rasa susu atau ASI yang selama 6 bulan menjadi asupan pertamanya. Anda bisa memperkenalkan si kecil dari aneka rasa makanan seperti buah-buahan dan sayuran. Akan tetapi, hindari buah-buahan yang mengandung alkohol dan bercita rasa asam.

Meskipun begitu, bukan berarti anda memperkenalkan makanan sekaligus pada si kecil. Kenalkan makanan agar bayi anda bisa belajar mengenali rasa dengan bertahap. Untuk mengawalinya kenalkan makanan dalam satu rasa, sebelum anda pindah untuk mengenalkan makanan lainnya. Penting bagi bayi anda dalam mengenali rasa makanan. Oleh karena itu, anda harus bersabar dalam memperkenalkan aneka makanan bercita rasa untuk si kecil.

Selain melatih bayi belajar makan dan beradaptasi dengan baik, hal ini juga dilakukan untuk membantu ibu dalam mengenali makanan apa yang disukai dan tidak disukai oleh si kecil, serta makanan yang bisa menyebabkan reaksi tertentu pada bayi.

Perhatikan Kandungan Gizi

Tips melatih bayi makan yang harus anda perhatikan bukan masalah tekniknya saja, melainkan anda juga harus memperhatikan kandungan gizi pada makanan yang anda berikan. Usahakan untuk memberikan makanan yang mencukupi kebutuhan gizi hariannya. Anda bisa memperkenalkan menu makanan yang beragam pada si kecil. Beberapa makanan mungkin akan ia tolak, namun anda bisa mensiasatinya dengan menyajikan dalam bentuk yang unik dan menarik sehingga si kecil akan tertarik.

Demikian beberapa tips melatih bayi makan. Tetap sabar dalam melatih si kecil makan, karena lambat laun keterampilan makannya akan bertambah sesuai yang anda inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *