Home » Perlengkapan Bayi » Tips Hilangkan Noda Pada Baju Bayi

Tips Hilangkan Noda Pada Baju Bayi

Tips Hilangkan Noda Pada Baju Bayi – Baju bayi seringkali terkena dengan berbagai noda, baik noda pup maupun noda dari makanan. Terkadang hal ini seringkali membuat orangtua merasa kerepotan menanganinya. Untuk membantu anda membersihkan noda pada pakaian bayi dengan mudah maka mari simak tips hilangkan noda pada baju bayi berikut ini.

Meski tidak se-aktif anak-anak yang lebih besar akan tetapi bayi pun sudah mulai banyak bergerak. Apalagi untuk anak bayi yang sudah mulai dapat berjalan atau mulai diberikan makanan. Pada beberapa orangtua, terutama mereka yang menerapkan metode finger food pada anak bayinya. Umumnya akan membuat si kecil makan dengan sendirinya. Kondisi inilah yang akan pula membuat tumpahan noda berceceran dimana-mana dan cucian menjadi semakin menumpuk, termasuk baju-baju kotornya.

Ya, metode finger food merupakan sebuah metode yang memungkinkan si bayi dapat makan dengan sendirinya. Hal inilah yang membuat anak bayi akan dengan mudah melahap makanan apa saja yang diberikan oleh orangtua kedalam mulutnya.

Seperti yang kita ketahui kondisi belajar makan pada anak-anak akan mungkin membuat mereka sedikit kesulitan makan dengan baik tanpa tumpah atau berceceran kemana-mana. Oleh karenanya, tidak heran bila anak yang diberikan finger food akan terlihat berantakan dan berceceran dengan noda pada seluruh bajunya.

Akan tetapi, tak perlu khawatir bukan tidak boleh memberikan finger food pada anak hanya karena anda melihat mereka makan dengan berceceran. Selain itu, anda pun mungkin melihat ada banyak noda dan membuat cucian semakin menumpuk. Yang perlu dikhawatirkan bukanlah pemberian finger foodnya akan tetapi mencari solusi untuk mempermudah anda ketika mencuci pakaian si kecil.

Tips Hilangkan Noda Pada Baju Bayi

Selain itu, mencuci pakaian bayi tentu tidak dapat dilakukan dengan sembarang. Kulit bayi masih begitu sensitif. Maka dari itu, orangtua terutama dalam hal ini adalah ibu perlu memperhatikan perawatan baju si kecil agar terhindar dari iritasi. Pekerjaan yang satu ini memang bukanlah perkara yang mudah. Karena ada beberapa aturan yang perlu diterapkan agar baju si mungil dapat tetap bersih dan aman untuknya.

Anda tentu sudah mengetahui bahwa ketika mencuci baju si kecil sebaiknya tidak menggunakan sembarang sabun. Penggunaan sabun yang tidak diperhatikan bisa jadi memberikan masalah pada kulit si kecil. Selain itu, kondisi ini akan mungkin membuat si kecil mengalami alergi pada kulitnya.

Bukan hanya itu, anda pun perlu menghindari penggunaan pelembut dan produk pewangi. Rangkaian produk ini dikhawatirkan akan dapat menimbulkan reaksi alergi yang akan membuat si kecil merasa kondisi tidak nyaman.

Akan tetapi, tidak mengaplikasikan pelembut dan pewangi pada pakaian bayi pun bisa menjadi dilema tersendiri untuk sejumlah ibu. Terutama untuk mereka yang senantiasa menginginkan si kecil tercium harum sepanjang hari.

Belum lagi, penggunaan tanpa sabun pada pakaian bayi akan mungkin membuat noda yang menempel sulit dihilangkan. Akibatnya noda yang tidak tercuci dengan bersih mungkin membuat pakaian menjadi lusuh dan tidak menarik. Anda tentu tidak ingin jika bayi anda terlihat lusuh dengan pakaian yang kurang bersih.

Namun disisi lain anda pun khawatir bila keselamatan si buah hati dipertaruhkan akibat baju yang dipakainya. Dilema ini seringkali menjadi hal yang membuat ibu merasa khawatir dan bingung dalam waktu yang bersamaan.
Namun tak perlu cemas, kali ini kami akan jelaskan bagaimana tips hilangkan noda pada baju bayi dengan langkah yang aman. Jadi demikian, baju si kecil akan tetap terlihat cemerlang tanpa membuat kesehatannya dipertaruhkan.

Ingin tahu seperti apa tips hilangkan noda pada baju bayi? Simak beberapa halnya dibawah ini.

Tips Hilangkan Noda Pada Baju Bayi

Noda Protein

Noda yang satu ini termasuk noda yang disebabkan oleh tumpahan ASI pada pakaian bayi. Selain itu, beberapa noda protein pun bisa berbentuk noda susu formula, makanan dan juga air liur bayi. Tak perlu merasa khawatir saat anda dihadapkan dengan pakaian bayi yang terkena dengan noda ini. Cara penanggulangannya pun sebenarnya cukup mudah anda hanya perlu merendam baju si bayi dengan menggunakan air dingin.

Adapun cara yang dapat dilakukan adalah dengan melarutkan sedikit sabun dalam air. Lalu rendam baju si kecil dengan menggunakan air ini secara merata dalam beberapa waktu. Fungsi dari sabun lembut adalah untuk menghilangkan noda dan “mencerna” protein. Lalu setelah itu, anda bisa mencuci baju seperti biasanya.

Noda Berminyak

Noda yang ditimbulkan akibat sesuatu yang berminyak pada baju bayi umumnya akan membuat ibu merasa bingung membersihkannya. Hal ini dikarenakan noda minyak umumnya membekas dan lebih sulit untuk dihilangkan. Adapun jenis noda berminyak yang mungkin timbul pada bayi diantaranya adalah krim bayi, baby oil dan mungkin petroleum jelly.

Hanya saja, bila noda yang tumpah pada baju bayi masihlah segar dan belum terpapar. Maka anda bisa menaburkan tepung mazeina atau bedak tabur pada bagian atas noda. Setelah itu, diamkan bahan ini selama kurang lebih 10-15 menit. Baru setelah itu, cuci pakaian bayi seperti biasa. Cara seperti ini akan efektif untuk menyerap minyak pada baju bayi dengan lebih cepat.

Noda Buah dan Sayur

Bayi yang sudah diperkenalkan pada makanan dan sudah mulai mengkonsumsi banyak makanan akan mungkin menyantap banyak jenis hidangan. Terutama buah dari sayur sebagai makanan sehat yang wajib diberikan pada si kecil. Akan tetapi, umumnya si kecil akan lebih senang bila ia diberikan kesempatan untuk dapat makan sendiri.

Kondisi inilah yang akan mungkin membuat bajunya terkena dengan noda dari makanan yang mereka santap.
Untuk dapat membersihkan noda yang berasal dari minuman jus atau selai buah. Anda dapat melakukannya dengan cukup mudah yakni dengan membasahi baju menggunakan air dingin. Setelah itu, rendam dalam campuran alkohol dengan air (perbandingannya 1:1).

Sementara untuk noda membandel, rendam baju si kecil dengan menggunakan campuran cuka pada perbandingan yang sama dengan yang diatas. Baru setelah itu, kucek baju si kecil seperti biasa dan bilas sampai bersih.

Noda Biskuit Atau Makanan Ringan

Noda selanjutnya yang umum dijumpai pada pakaian si kecil adalah noda dari biscuit atau makanan ringan. Anak-anak bayi memang suka dengan cemilan apalagi cemilan yang bisa mereka genggam sendiri. Hanya saja, kondisi makan sendiri ini umumnya membuat biscuit yang lumer dengan liur terjatuh pada baju dan meninggalkan noda yang cukup kotor.

Nah, untuk mengatasi kondisi seperti ini tak perlu khawatir sebaiknya kucurkan pakaian si kecil pada air yang mengalir dan kucek sampai sisa biscuit menghilang. Setelah itu, larutkan sedikit sabun dengan air dingin dan rendam sementara pakaian si kecil didalamnya. Lalu cuci seperti biasa.

Demikianlah beberapa tips hilangkan noda pada baju bayi. Semoga tips diatas dapat membantu ibu mengatasi masalah yang membingungkan pada pakaian bayi sehingga si kecil dapat terlihat segar dengan pakaian yang bersih dan cemerlang.