Home » Perlengkapan Bayi » Tips Belanja Perlengkapan Bayi Agar Hemat

Tips Belanja Perlengkapan Bayi Agar Hemat

Tips belanja perlengkapan bayi harus anda ketahui sebelum menyongsong kelahiran buah hati. Utamakan beli perlengkapan yang penting. Untuk perlengkapan yang tidak terlalu diperlukan sebaiknya tunda terlebih dahulu.

Memiliki seorang anak merupakan dambaan semua pasangan yang beru menikah. Ketika keinginan terwujud dimana sang istri hamil tentunya rasa bahagia akan dirasakan. Selama masa kehamilan segala sesuatu dilakukan demi kesehatan janin di dalam kandungan. Pemeriksaan kesehatan bayi pun tidak pernah terlewatkan.

Bulan demi bulan janin yang dikandung semakin besar dan berkembang. Hingga tiba saatnya pada bulan ke sembilan kehamilan. Rasa bahagia bercampur takut biasanya akan dirasakan oleh calon orang tua. Bahagia menyambut kedatangan sang buah hati tercinta dan rasa takut biasanya disebabkan karena menghadapi proses persalinan itu sendiri.

Tips belanja perlengkapan bayi

Sebelum mendekati waktu kelahiran biasanya semua perlengkapan bayi baru lahir disiapkan. Setiap orang tua akan menyiapkan semua kebutuhan dan perlengkapan bayinya yang terbaik. Perlengkapan dan kebutuhan bayi merupakan beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum menjelang kelahiran sang buah hati.

Untuk beberapa pasangan, membeli perlengkapan bayi merupakan kegiatan yang menyenangkan. Beberapa barang dan perlengkapan bayi akan nampak begitu menarik. Ketika itu ingin rasanya membeli semua perlengkapan yang ada, terlebih lagi jika itu adalah kehamilan anak pertama.

Ketika berbelanja perlengkapan bayi tidak sedikit ibu yang tidak bisa mengontrol keinginannya dalam berbelanja. Banyak calon ibu, terutama ibu muda yang membeli semua perlengkapan bayi padahal perlengkapan bayi tersebut kurang dibutuhkan. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan akan apa saja perlengkapan pertama bayi yang benar-benar dibutuhkan saat menyambut kelahiran si kecil. Selain itu, hal ini juga merupakan suatu pemborosan. Berikut ini beberapa tips belanja perlengkapan bayi untuk menyambut kelahiran bayi.

Tips Belanja Perlengkapan Bayi Untuk Menyambut Kelahiran Si Kecil

Sesuaikan dengan kebutuhan

Hal pertama kali yang harus anda terapkan saat belanja perlengkapan si kecil yaitu, pilih perlengkapan mana yang lebih dibutuhkan dan tidak. Perlengkapan yang paling mendasar yang benar-benar dibutuhkan oleh bayi yaitu pakaian. Dalam masa awal kelahiran, biasanya bayi hanya akan menggunakan popok karena intensitas buang air besar dan buang air kecil lebih sering. Anda perlu menyiapkan popok dalam jumlah yang cukup, namun jangan berlebihan. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi jika nanti kehabisan popok.

Selain popok, anda juga perlu membeli beberapa pakaian lainnya seperti baju lengan pendek, baju lengan panjang atau baju tanpa lengan. Tips memilih baju bayi harus anda ketahui dalam memilih pakaian bayi. Sebaiknya jangan beli baju secara berlebihan atau dalam jumlah yang cukup saja. Pasalnya, pertumbuhan bayi sangat cepat.

Perlengkapan bayi lainnya yang perlu disiapkan yaitu bedong flannel yang memiliki fungsi untuk menghangatkan bayi. Kaos tangan pun perlu disiapkan untuk mencegah kukunya menggores wajah bayi. Perlak, gendongan bayi, kelambu pun perlu anda siapkan. Jangan lupa siapkan pula peralatan mandinya seperti waslap, handuk, sabun, ember dan shampo.

Siapkan Perlengkapan Bayi Sejak Akhir Kehamilan

Menyiapkan semua perlengkapan bayi biasanya akan dilakukan saat trimester terakhir. Pasalnya, pada masa itu jenis kelamin bayi sudah diketahui secara pasti sehingga akan lebih mudah dalam menyiapkan semua kebutuhan bayi.

Hindari Perlengkapan yang Tidak Terlalu Diperlukan

Terkadang beberapa ibu tergiur untuk membeli segala macam perlengkapan bayi namun nyatanya perlengkapan tersebut tidak begitu dibutuhkan. Begitu banyak sekali perlengkapan bayi selanjutnya yang harus disiapkan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari membeli perlengkapan yang kurang dibutuhkan. Atau anda bisa membeli perlengkapan tersebut jika memang dibutuhkan saja. Jangan beli secara sekaligus dalam satu waktu.

Tips Belanja Perlengkapan Bayi Agar Lebih Hemat

Agar pengeluaran bisa ditekan ketika membeli perlengkapan bayi,tips belanja perlengkapan bayi di bawah ini bisa anda lakukan.

Membuat Daftar Belanja

Sebelum anda belanja dan sebelum kelahiran bayi sebaiknya buatlah daftar perlengkapan bayi terlebih dahulu akan apa saja yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan. Buatlah daftar secara rinci, mulai dari yang dibutuhkan sampai yang tidak dibutuhkan. Namun, ingatlah tidak semua perlengkapan bayi yang ada di pasaran benar-benar dibutuhkan.

Tentukan Jumlah yang Dibutuhkan

Sebaiknya tentukan jadwal mencuci baju bayi setiap minggunya, sehingga anda bisa menentukan berapa jumlah pakaian yang akan dibeli. Jika anda merencanakan jadwal mencuci pakaian bayi satu kali dalam seminggu, maka anda bisa menyediakan baju sebanyak satu lusin lebih karena umumnya bayi masih sering mengganti pakaian beberapa kali dalam sehari.

Bayi baru lahir umumnya tidak membutuhkan botol susu karena masih diberikan ASI dari sang ibu. Namun, jika adanya kondisi tertentu yang mengharuskan bayi mengkonsumsi susu formula maka anda bisa membeli botol susu beberapa buah agar tidak repot ketika mensterilkannya.

Beli Pakaian Bayi dengan Ukuran yang Lebih Besar

Pertumbuhan bayi baru lahir sangat cepat. Kemungkinan besar jika anda membeli pakaian dengan ukuran yang pas hanya akan terpakai 1 bulan saja. Oleh karena itu, sebaiknya beli baju bayi dengan ukuran lebih besar. Anda jangan pernah terpaku terhadap petunjuk umur yang sudah tercantum pada label pakaian bayi.

Manfaatkan Perlengkapan yang Sudah Ada

Tidak semua perlengkapan bayi harus anda beli seluruhnya. Beberapa perlengkapan bayi mungkin bisa anda manfaatkan dari saudara atau kaka yang terlebih dahulu memiliki anak. Beberapa perlengkapan yang dimaksud yaitu ranjang bayi, kereta dorong dan lain sebagainya. Namun anda harus cermat dimana ada beberapa barang yang sebaiknya tidak dipinjam dari oang lain seperti pompa ASI. Pasalnya, pompa ASI bersifat pribadi dan tidak dipakai secara bersamaan.

Manfaatkan Harga Diskon

Ada kalanya di beberapa mall sedang ada program diskon. Untuk lebih menghemat anda bisa manfaatkan harga diskon tersebut. Namun, jangan selamanya terpaku pada harga yang murah. Anda juga harus memperhatikan kualitas dari barang tersebut.