Tips Aman Gunakan Stroller Bayi

Posted on

Tips Aman Gunakan Stroller Bayi – Banyak ibu menggunakan stoller untuk mempermudah perawatan bayi mereka. Hanya saja, bila tidak teliti dalam menggunakan perlengkapan bayi yang satu ini maka resikonya cukup besar. Untuk itu, simak tips aman gunakan stroller bayi dibawah ini.

Stroller atau kereta dorong bayi menjadi perlengkapan bayi yang wajib dimiliki oleh ibu yang memiliki buah hati dirumahnya. Ya, dewasa ini kehadiran stroller bak sebuah syarat khusus untuk mereka yang mengharapkan proses perawatan bayinya dapat dilakukan dengan mudah. Kehadiran alat ini memang cukup membantu para ibu dalam melakukan banyak hal dengan bayinya, termasuk membawa serta buah hati berpergian.

Untuk sekedar berjalan-jalan atau mengajak si kecil keluar rumah, kehadiran alat yang satu ini bisa sangat bermanfaat. Banyak ibu memilih stoller untuk dapat meringankan beban menggendong si kecil saat dibawah berpergian. Dengan stroller anda cukup menaruh si kecil didalamnya dan mendorongnya dengan mudah.

Si kecil yang ditempatkan dalam stroller akan tentu merasa lebih nyaman. Apalagi jika ibu mampu memperhatikan tisp membeli atau memilih stroller dengan baik. Sebab pada dasarnya tidak semua jenis stroller baik untuk digunakan oleh si kecil.

Beragam variasi, bentuk dan jenis stroller yang ditawarkan di pasar pun memberikan pilihan leluasa untuk ibu dan ayah bisa memilih salah satunya. Mulai dari harga yang murah sampai dengan ratusan juta rupiah, mewarnai jenis stroller yang banyak dijual. Dari bentuknya yang sederhana sampai yang dilapisi dengan material langka membuat banyak pilihan tersedia dari alat yang satu ini.

Selain mempermudah dan meringankan pekerjaan anda dalam merawat si buah hati. Kehadiran stroller tentu akan membuat anda merasa senang membawa si kecil kemanapun. Bahkan kehadiran alat ini akan membuat ibu senang membawa si kecil pergi berbelanja.

Tips Aman Gunakan Stroller Bayi

Tak perlu sulit menggendong atau dibuat kerepotan dengan terus menimang si kecil. Kehadiran stroller akan memungkinkan ibu memilih belanjaan dengan lebih mudah. Sebab cukup dengan meletakkan si kecil didalam kereta dorongnya anda akan dapat membawa mereka menyusuri lorong demi lorong didalam mall tanpa dibuat kesulitan.

Kemudahan yang dialami oleh ibu rumah tangga yang memiliki anak bayi dan balita ini sepertinya berbanding lurus dengan resiko yang akan dialami. Apabila ibu tidak jeli dalam memperhatikan segala kemungkinan yang akan terjadi dengan buah hatinya.

Ya, bila ibu tidak hati-hati dalam menggunakan stroller maka resikonya akan besar untuk si buah hati. Tidak sedikit orangtua mengalami masalah dengan bayi mereka karena penggunaan stroller yang tidak tepat. Kondisi inilah yang pada akhirnya membuat banyak muncul kontroversi tentang penggunaan alat yang satu ini.

Namun sebenarnya, segala kemungkinan buruk atau masalah yang timbul dari penggunaan stroller akan dapat dihindari apabila ibu tahu betul bagaimana menggunakan stroller dengan baik. Sebaliknya, masalah yang timbul umumya sering muncul dari kelalaian orangtua dalam menjaga buah hatinya. Sehingga pada akhirnya, alat yang satu ini sering dianggap sebagai hal yang berbahaya untuk buah hati.

Nah, untuk itulah jadilah orangtua yang bijak dan perhatikan segala perlengkapan si kecil dengan baik. Termasuk penggunaan stoller yang aman untuk bayi. Alat yang satu ini memang dapat memberikan manfaat selama anda mengetahui tata cara yang teperinci tentang penggunaannya. Selain itu, selalu perhatikan segala hal guna menghindari kesalahan dalam penggunaan kereta dorong bayi.

Nah, untuk membantu anda mendapatkan manfaat sesungguhnya dari penggunaan kereta dorong bayi. Maka berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik.

Tips Aman Gunakan Stroller Bayi

Selalu menggendong si kecil sewaktu berpergian tentu bukanlah hal yang praktis. Belum lagi kondisi ini umumnya akan membuat anda kewalahan dengan beban tubuh si kecil. Apabila anda terus-terusan menggendong si kecil dalam waktu yang lama maka mungkin perasaan sakit pada pundak anda akan menjadi masalah yang menjengkelkan.

Nah, agar anda lebih leluasa, maka penggunaan stroller akan dapat membantu. Akan tetapi, penggunaan stroller pun perlu diperhatikan dengan baik. Untuk membantu anda mengetahui penggunaan stroller yang baik dan aman maka mari kita simak beberapa hal dibawah ini.

Pastikan Sabuk Pengaman Terkait

Pada saat memasukkan si buah hati ke dalam stoller sebaiknya pastikan jika anda mengaitkan sabuk pengaman dengan kuat pada tubuhnya. Selain menghindari agar si kecil tidak tergelincir sewaktu menggunakan alat yang satu ini. Ikatan sabuk tangan yang terpasang dengan kuat akan mencegah tubuhnya banyak terguncang sewaktu didorong pada jalan yang tidak rata.

Selain itu, sebaiknya pastikan jika anda tidak berusaha mendorong si kecil tanpa memasang sabuk tangannya dengan baik. Hal ini akan mungkin berbahaya untuk si kecil, apalagi saat bayi anda sudah lebih besar dan senang menggapai banyak hal. Kondisi ini akan mungkin membuat si kecil tergelincir dan jatuh dari keretannya.

Stroller Aman Digunakan Untuk Bayi Lebih dari 3 Bulan

Perlu diketahui penggunaan alat ini sebaiknya tidak langsung diberikan pada bayi baru lahir. Meskipun si kecil tidak akan apa-apa saat naik stroller. Akan tetapi, usia 3 bulan membuat tubuhnya lebih besar dan lebih siap ditempatkan dalam kereta dorongnya. Selain itu, pastikan bila buah hati anda dalam keadaan terbarung dengan nyaman.

Hanya saja, bila si kecil ingin duduk dalam strollernya maka pastikan pula posisi duduknya dengan baik. Jangan sampai posisi ini membuat si kecil merasa tidak nyaman atau kesakitan karena posisi yang tidak sesuai.

Biasakan Untuk Tidak Menyimpan Banyak Barang Pada Stroller

Banyak ibu baik dengan sengaja ataupun tidak akan menempatkan banyak hal dalam stroller si kecil. Terutama untuk mereka yang sudah berbelanja. Hal ini umumnya dilakukan karena ibu merasa ribet dengan barang belanjaan yang terlalu banyak sehingga memutuskan untuk menggantungkannya pada kereta bayi.

Padahal tindakan ini adalah hal yang berbahaya dan beresiko. Kebiasaan menempatkan banyak barang dibagian belakang kereta bayi akan mungkin membuat beban dibelakang menjadi berlebihan. Akibatnya hal ini akan membuat kereta dorong rentan terbalik kebelakang.

Ketika si kecil berada didalamnya maka bayangkan apa yang akan terjadi saat keretanya terbalik. Tentu saja hal yang tidak diinginakan akan mungkin terjadi. Selain itu, kondisi ini akan mungkin membuat kenyamanan si buah hati menjadi terganggu. Untuk itu, sebaiknya pastikan bahwa anda membawa perlengkapan yang cukup dan tidak berlebihan.

Upayakan Selalu Memegang Stroller

Pada saat mengajak si kecil berjalan-jalan atau berpergian. Sebaiknya upayakan anda selalu memegang kemudi stroller kemanapun anda pergi. Jangan pernah berusaha melepaskan pegangan stroller apalagi meninggalkan si kecil seorang diri didalamnya. Bagaimanapun, kondisi ini adalah tindakan yang akan membahayakan kesehatan si buah hati.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari tips aman gunakan stroller bayi. Semoga bermanfaat dan membuat kewaspadaan anda semakin meningkat sehingga si kecil tetap merasa aman dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *