Home » Bayi Baru Lahir » Tekhnik Mengajarkan Latch On Pada Bayi Baru Lahir

Tekhnik Mengajarkan Latch On Pada Bayi Baru Lahir

Tekhnik Mengajarkan Latch On Pada Bayi Baru Lahir adalah hal yang penting dilakukan. Menyusui yang tepat akan dapat mengurangi rasa sakit pada ibu dan hal ini pun akan mengalirkan ASI yang baik untuk bayi. Untuk itulah, mengajarkan tekhnik ini pada bayi baru lahir adalah hal yang penting.

Bayi baru lahir belum bisa diberikan jenis makanan atau minuman lainnya. Untuk itulah, satu-satunya sumber gizi dan nutrisi yang didapatkannya, diperoleh dari ASI dari ibunya. Pemberian ASI pada si bayi adalah hal yang penting sebab dengan begini tumbuh kembangnya akan dapat berjalan dengan baik. Pasokan ASI yang kurang atau terkendala pada si kecil akan membuat tumbuh kembangnya menjadi terkendala. Dampaknya bayi baru lahir anda akan mungkin tidak mengembangkan kemampuannya dengan baik.

Untuk itulah, dalam hal ini ibu perlu mendukung dan memfasilitasi si buah hati agar bisa mendapatkan asupan ASI yang cukup. Selain mengupayakan agar ASI ibu deras dan melimpah, tekhnik menyusi bayi baru lahir pun perlu diperhatikan dengan baik. Memperhatikan cara pemberian ASI yang tepat akan membuat si bayi bisa mendapatkan air susu yang cukup dan sesuai. Sebaliknya, tekhnik menyusui yang salah akan mungkin membuat si kecil tidak mendapatkan air susu. Selain itu, hal ini akan mungkin membuat si kecil yang menyusu berada dalam resiko yang berbahaya.

Tekhnik Mengajarkan Latch On Pada Bayi Baru Lahir

Penelitian menunjukan bahwa salah satu faktor yang dapat memicu timbulnya sindrom kematian mendadak pada bayi adalah tekhnik menyusui yang salah. Terkadang ibu yang kurang teliti dalam memberikan ASI pada si kecil membuat mereka tersedak. Hal ini tentunya akan membuat saluran pernapasannya menjadi terhambat dan terhalang. Bila kondisi ini tidak segera ditangani maka kematian menjadi hal yang paling menakutkan.

Mengenal Tekhnik Latch On

Posisi dan pelekatan atau yang saat ini lebih dikenal dengan tekhnik latch on menyusui mungkin menjadi hal yang mudah. Bahkan sebagian orangtua menganggap bahwa hal ini terlalu sederhana sehingga rasanya tidak perlu pelajaran terhadap tekhnik yang satu ini.

Beberapa tahun yang lalu ketika kampanye ASI dan menyusui belum terdengar gaungannya di Indonesia. Istilah Latch on mungin masih terdengar aneh atau asing ditelinga para ibu. Dan mungkin cara menyusui telah diajarkan secara turun-temurun oleh keluarga terdekat.

Padahal, tekhnik latch on adalah hal yang amat penting diketahui para ibu dan merupakan proses berharga dari kegiatan menyusui. Proses yang salah sewaktu menyusi akan membuat payudara ibu terasa nyeri. Selain itu, ASI mungkin tidak mengalir dengan lancar. Akibatnya, bayi anda pun bisa tidak mendapatkan ASI sesuai dengan kebutuhannya dan produksi ASI bisa berkurang.

Adalah sangat wajar untuk ibu yang baru pertama kali memiliki anak mendapatkan kesulitan dalam mencari posisi menyusui yang tepat. Selain itu, para peneliti setuju bahwa menyusui adalah cara terbaik untuk menyediakan gizi , memberikan kenyamanan dan mencipatkan ikatan antara ibu dan bayi. Untuk itulah, kegiatan ini perlu dilakukan dengan tepat dan sesuai.

Apa Itu Lacth On?

Latch on adalah stilah yang digunakan ketika bayi mendapatkan posisi yang tepat saat menempelkan mulutnya pada putih ibu. Dengan begini ia akan dapat mendapatkan ASI dengan tepat dan nyaman.

Sayangnya, proses ini pada praktiknya tidak pernah dilakukan secara benar-benar alami. Melainkan ibu yang selalu mengarahkan bagian puting kedalam mulut si kecil. Kekhawatiran ibu terhadap buah hati yang masih begitu kecil membuat ibu seringkali melakukan hal ini.

Akan tetapi, lewat metode latch on, bayi akan dapat meraih sendiri puting ibunya sehingga mendapatkan posisi yang nyaman dan sesuai saat menyusui. Untuk itulah, penting sekali mengajarkan tekhinik latch on pada bayi baru lahir. Ingin tahu seperti apa caranya? Simak dibawah ini.

Tekhnik Mengajarkan Latch On Pada Bayi Baru Lahir

Tekhnik latch on penting diajarkan pada bayi agar bayi mendapatkan posisi yang nyaman dan sesuai sewaktu menyusu dari ibunya. Selain itu, lewat metode ini pun ibu menyusui akan terhindar dari rasa sakit atau aliran ASI yang tidak sesuai.

Tekhnik latch on yang diajarkan pada si kecil akan memungkinkan produksi ASI lebih lancar dan bayi mendapatkan air susu sesuai dengan kebutuhannya. Berikut ini adalah tekhnik mengajarkan latch on pada bayi baru lahir.

  1. Untuk pertama kali dalam mengajarkan latch on pada bayi baru lahir dapat dilakukan dengan menggendong bayi. Tempatkan bayi anda diposisi perut anda menempel dengan perut bayi. Atur posisi ini senyaman mungkin.
  2. Selanjutnya adalah dengan memposisikan tubuh bayi agar bagian bahu, telinga dan pinggulnya sejajar. Hal ini difungsikan untuk memudahkan menelan.
  3. Sangga payudara dengan tangan anda, lalu dekatkan payudara ke mulut bayi sampai ia membuka mulutnya.
  4. Saat mulutnya telah terbuka, maka dekatkan kembali tubuh anda agar si kecil bisa menjangkau puting anda.
  5. Pastikan mulut bayi anda terbuka lebar, sehingga bagian besar aerola, terutama bagian bawah aerola masuk kemulut bayi.
  6. Selama proses menyusui dagu bayi menempel ke payudara, sehingga hidungnya tidak terututp. Akan tetapi, jaga agar dagu bayi tidak menempel ke dadanya.
  7. Terakhir adalah dengan menyangga tubuh bayi, terutama dibagian badan dan bokongnya selama menyusui.

Dalam hal ini penggunaan bantal atau sesuatu yang nyaman akan membuat anda dapat mengurangi beban tubuh si kecil selama proses menyusui. Yang terpenting dalam hal ini adalah si kecil mulai dapat menjangkau sendiri puting ibu dengan perlahan.

Membantu Ibu Merasa Nyaman Saat Menyusui

Selain itu, perhatikan segala hal yang akan membuat si kecil berada dalam bahaya. Sebaiknya susui dengan keadaan duduk yang nyaman sehingga anda tidak mudah pegal. Selain beberapa hal tersebut, berikut ini adalah hal yang akan membuat ibu merasa nyaman selama menyusui.

  1. Cari posisi duduk yang nyaman agar anda tidak perlu bergunta-ganti tempat duduk.
  2. Kenakan pakaian yang memiliki akses untuk dapat menyusui dengan lebih mudah.
  3. Gendong bayi anda dalam posisi yang membuatnya nyaman. Sehingga anda tak menghabiskan wkatu untuk menyiapkan diri.
  4. Kontak kulit selama proses menyusui akan membaut si kecil merasa nyaman. Sehingga ia akan dapat melepaskan puting ibu dari mulutnya dengan mudah.
  5. Bila proses menyusui terasa sakit, maka sebaiknya lepaskan sementara untuk mengganti posisi yang lebih nyaman.
  6. Tunggu sampai si kecil membuka mulutnya saat mama akan menyusuinya sehingga ia akan dapat menjangkaunya dengan mudah.

Demikianlah beberapa hal yang dapat dilakukan guna membantu ibu mendapatkan posisi yang nyaman selama menyusui. Tekhnik latch on yang diterapkan dengan baik akan berguna untuk si kecil dan ibu. Dengan begini si kecil akan bisa mendapatkan ASI yang dibutuhkannya tanpa membuat ibu merasakan sakit saat menyusui.

Semoga pembahasan dari menerapkan Tekhnik Mengajarkan Latch On Pada Bayi Baru Lahir kali ini bermanfaat untuk anda!