Home » Makanan Bayi » Tahapan Makanan Bayi yang Ideal

Tahapan Makanan Bayi yang Ideal

Penting memperhatikan tahapan makanan bayi sesuai usianya. Selain membantu menentukan makanan yang tepat, juga memungkinkan untuk memenuhi kecukupan nutrisi yang dibutuhkan berdasarkan usianya.

Bayi akan menerima makanan pendamping ASI dalam bulan keenam awal kehidupannya. Pemberian makanan selain ASI ini bertujuan untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi yang diperlukan dalam masa tumbuh kembang bayi. Pemberian makanan pendamping ASI itu sendiri tidak dilakukan asal-asalan, melainkan secara bertahap dan pelan-pelan pada bayi.

Menerapkan pola makan yang tepat penting dilakukan dalam tahapan perkembangan bayi. Selain jenis makanan yang mengandung nutrisi lengkap yang perlu anda perhatikan, hal lain yang harus anda perhatikan yaitu tahapan makanan bayi itu sendiri.

Tahapan makanan bayi

Waktu dan jenis makanan yang sesuai ketika memperkenalkan makanan bayi memungkinkan untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi yang dibutuhkannya. Selain tahapan pemberian makanan yang perlu anda perhatikan, anda juga harus memperhatikan variasi dari makanan bayi. Apabila makanan yang anda berikan semakin bervariasi, dapat mencegah kemungkinan bayi merasa bosan dan kelengkapan nutrisi yang bayi butuhkan dalam tahap perkembangannya akan ia peroleh.

Jenis makanan dan usia bayi adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi anda. Makanan sehat yang diberikan berdasarkan usia yang tepat memungkinkan akan menjadikan si kecil sebagai anak yang cerdas dan pintar. Akan tetapi apabila sebaliknya akan berdampak pada kesehatan, serta pertumbuhannya pun akan terhambat.
Berikut ini tahapan pemberian makanan bayi yang dapat anda simak.

Tahapan Makanan Bayi

Bayi Usia 6 Bulan

Usia 6 bulan merupakan usia dimana si kecil baru diperkenalkan pada makanan pendamping ASI atau MPASI. Dalam pengenalan makanan untuk pertama kalinya ini, orang tua disarankan untuk lebih memperhatikan makanan bayinya. Pemberian makanan pendamping ASI ini dianjurkan dalam porsi kecil terlebih dahulu. Selain porsi, tekstur makanan dalam pengenalan makanan harus memiliki tekstur yang menyerupai ASI.

Pemberian tekstur makanan seperti ini bertujuan agar si kecil dapat menyesuaikan dirinya dengan makanan baru yang ia terima selain ASI. Sehingga ia tidak akan merasa asing terhadap makanan tersebut. Pada tahap awal pengenalan makanan pendamping ASI, keadaan yang mungkin terjadi yaitu bayi menolak makanan tersebut. Sebaiknya berikan makanan tersebut secara bertahap dan perlahan-lahan pada bayi anda. Jangan menunda pemberian makanan sampai bayi merasa lapar atau dalam keadaan masih kenyang.

Bayi Usia 7 sampai 8 Bulan

Berbeda halnya ketika bayi berusia 6 bulan, dalam usia ini bayi sudah bisa diperkenalkan pada menu makanan yang lebih bertekstur atau lebih padat seperti halnya nasi tim yang disaring. Akan tetapi pemberian makanan tetap harus disesuaikan dengan sistem pencernaan bayi. Anda bisa memberikan makanan ini dalam porsi yang kecil. Hindari perasaan khawatir bayi kelaparan, karena ia masih mendapatkan cukup ASI dari ibunya.

Bayi Usia 9 Bulan

Kini usia bayi sudah memasuki 9 bulan. Tentunya perasaan bahagia dan bangga menyelimuti anda dan keluarga. Semakin usianya bertambah maka perkembangan yang ditunjukan bayi akan semakin menakjubkan. Dimana untuk menunjang perkembangannya ini anda harus memberikan makanan pendamping ASI yang sesuai untuk si kecil. Makanan yang bisa anda berikan pada bayi berusia 9 bulan yaitu makanan yang memiliki tekstur lebih kasar dari usia sebelumnya. Dalam tahap awal, anda bisa memberikan nasi tim campuran, antara nasi saring dan nasi tim biasa. Hal ini dilakukan agar sistem pencernaan bayi tidak terkejut. Apabila pada hari terakhir bayi anda menerima makanan tersebut, maka anda bisa memberikan nasi tim yang dicampur dengan sayuran dan lauk. Pastikan untuk memberikan sayuran dan lauk yang sesuai dengan usianya. Dengan seperti ini, maka si kecil akan mulai terbiasa untuk mengkonsumsi makanan sehat keluarga.

Bayi Usia 12 Bulan

Pada usia 12 bulan atau 1 tahun, makanan yang bisa anda berikan pada si kecil sama seperti makanan keluarga. Hal ini disesuaikan dengan pertumbuhan gigi bayi. Meskipun si kecil sudah bisa mengkonsumsi makanan keluarga, tetapi anda tetap harus memperhatikan makanan yang akan ia konsumsi. Beberapa makanan tidak dianjurkan dikonsumsi oleh bayi. Hindari makanan pedas dan makanan yang dimasak dengan bumbu yang tajam, serta makanan yang teksturnya keras karena akan menyusahkan bayi ketika mengunyahnya. Ketika waktu makan tiba, anda bisa mengajak si kecil makan di meja makan keluarga. Posisikan si kecil duduk pada kursi makan khusus bayi, letakan peralatan makan khusus bayi seperti piring dan sendok. Dengan seperti ini bayi anda akan terbiasa dengan pola makan keluarganya.

Mengenali tahapan makanan bayi akan membantu anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Pemberian makanan pendamping ASI pun harus dilakukan ketika usianya 6 bulan. Pada usia ini perkembangan sistem pencernaan bayi sudah hampir sempurna. Apabila pemberian makanan pendamping ASI dilakukan lebih awal, maka selain menyusahkan bayi dalam mencerna makanan yang belum sesuai, juga akan memudahkan kuman masuk ke dalam tubuhnya sehingga kesehatannya pun akan mengalami masalah. Sebelum usia bayi 6 bulan, makanan terbaik dan aman untuk diberikan pada bayi hanyalah ASI eksklusif atau air susu ibu, karena ASI sudah mencukupi nutrisi yang dibutuhkan pada enam bulah pertama kehidupannya.