Home » Makanan Bayi » Tahap Pemberian Cemilan Pada Bayi

Tahap Pemberian Cemilan Pada Bayi

Tahap pemberian cemilan pada bayi – Pemberian cemilan sehat bertujuan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya. Dimana cemilan sehat itu sendiri diberikan secara bertahap sesuai usia bayi.

ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi, dimana di dalam ASI terkandung nutrisi dan gizi komplit yang dibutuhkan oleh bayi. ASI memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bayi, oleh karena itu pemberian ASI eksklusif sangat dianjurkan hingga usia bayi minimal 6 bulan.

Pada usia 6 bulan atau menginjak usia 6 bulan, bayi mendapatkan asupan lain selain ASI. Kini si kecil sudah bisa menerima makanan padat sebagai makanan pendamping ASI. Pemberian makanan padat pada bayi dilakukan secara bertahap sesuai dengan usianya. Semakin usianya bertambah pertumbuhan dan perkembangan si kecil semakin terlihat mengagumkan. Maka dari itu, dalam menunjang tumbuh kembangnya pemberian nutrisi yang tepat harus diberikan. Dimana nutrisi pada makanan yang diberikan bisa melengkapi kebutuhannya.

Tahap pemberian cemilan pada bayi

Karena bayi membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan makanan yang diberikan, oleh karena itu pemberian makanan harus dilakukan secara bertahap sesuai dengan usia dan kemampuannya. Apabila si kecil sudah mulai terbiasa dan mampu beradaptasi dengan berbagai jenis makanan, maka pemberian menu makanan bayi bisa lebih bervariasi lagi. Meskipun begitu anda tetap harus memperhatikan jenis makanan yang diberikan, serta kandungan nutrisinya. Sebelum memberi si kecil makan anda harus lebih teliti, apakah makanan tersebut menyebabkan alergi pada bayi atau tidak.

Guna melengkapi kebutuhan nutrisinya, anda bisa memberikan makanan di antara waktu pemberian makanan utama. Makanan yang diberikan berupa cemilan sehat. Cemilan sehat bayi yang diberikan harus berupa makanan yang memiliki nilai nutrisi sebagai tambahan dari asupan nutrisi harian. Cemilan ini bisa menjadi penambah kekurangan nutrisi atau menjadi pengganti nutrisi dan makanan yang tidak didapatkan dari makan pagi, siang atau sore.

Menjadwalkan makan sebanyak tiga kali dalam sehari dengan ditambah dua kali pemberian cemilan sehat merupakan cara terbaik untuk memastikan kecukupan nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang proses tumbuh kembangnya.

Pemberian cemilan sehat pada bayi dilakukan secara bertahap. Penting mengetahui tahap pemberian cemilan pada bayi yang tepat dan benar sesuai usia seperti berikut:

Tahap Pemberian Cemilan Pada Bayi

Usia 6 sampai 8 bulan

Jenis makanan

Untuk bayi berusia 6 sampai 8 bulan makanan yang bisa diberikan sebagai cemilan sehat di antaranya yaitu pisang yang sudah dikerok, pure pepaya, jus wortel, pure tomat, biskuit khusus bayi dan lain sebagainya.

Cara pemberian

Tujuan diberikannya makanan selingan atau cemilan di usia ini yaitu untuk melatih refleks mengecap, mengunyah dan menelan makanan. Oleh karena itu, untuk pengenalan pertama makanan selingan pada bayi, usahakan makanan yang memiliki tekstur lumat agar makanan bisa dengan mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi. Contohnya seperti biskuit khusus bayi yang sudah dilumatkan dengan menggunakan susu.

Pada usia 7 sampai 8 bulan umumnya kemampuan duduk bayi sudah bisa terlihat. Anda bisa memberikan biskuit dalam bentuk kepingan pada si kecil. Anda bisa membiarkannya untuk memegang biskuit sendiri dan memasukannya sendiri ke dalam mulut. Ini dilakukan untuk menstimulasi motorik halus, yakni keterampilan pada jari-jari tangannya.

Pengolahan makanan selingan atau cemilan sehat untuk si kecil pada umumnya sama dengan mengolah makanan utama. Jika anda hendak memberikan biskuit, maka sebaiknya biskuit dilumatkan dengan menggunakan ASI perah atau susu formula. Sedangkan untuk buah, anda bisa memberikannya dengan dihaluskan terlebih dahulu, seperti diblender, dikerok, diperas atau disaring. Untuk sayuran seperti wortel, sebelum dilumatkan akan lebih baik apabila direbus terlebih dahulu. Pemberian cemilan sehat yang bervariasi, selain memperkenalkan rasa juga memperkenalkan tekstur makanan yang berbeda.

Usia 9 sampai 11 bulan

Jenis makanan

Cemilan sehat yang bisa diberikan pada bayi diusia ini yaitu buah-buahan yang memiliki rasa manis. Sedangkan untuk sayuran anda bisa memberikan jenis sayuran seperti brokoli, wortel, labu, olahan umbi-umbian, tahu, puding, roti, daging giling dan lain sebagainya.

Cara Memberikan Cemilan Sehat

Cemilan sehat pada usia ini bisa diberikan dengan tekstur yang lebih kasar dibandingkan dengan sebelumnya. Anda bisa mengolahnya dengan cara dikukus atau ditim. Seperti misalkan, tahu kukus yang sudah dipotong kecil, potongan keju, nugget lunak dari ayam atau daging sapi giling dan lain sebagainya.

Bayi bisa mendapatkan makanan berbagai macam rasa. Anda bisa memberikan cemilan yang mudah digenggam oleh tangan mungilnya. Biarkan si kecil makan sendiri atau menyuapkan makanannya dengan tangan atau sendok khusus bayi. Namun sebelumnya anda harus memposisikan si kecil duduk di kursi khusus bayi.

Usia 12 bulan

Jenis makanan

Di usianya yang ke 12 bulan atau satu tahun cemilan sehat yang diberikan bisa berupa makanan padat apapun asalkan teksturnya lunak dan mudah dicerna oleh bayi, seperti misalkan agar-agar, roti, pasta dan lain sebagainya.

Cara memberikan cemilan

Sekaligus untuk melatih kemampuan makannya, anda bisa membiarkannya makan sendiri. Dudukan si kecil dikursi khusus bayi, kemudian simpan cemilan sehat di depannya. Meskipun si kecil dibiarkan makan sendiri, tetapi anda harus tetap mendampingi dan memperhatikannya. Ini dilakukan agar hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti tersedak atau lain sebagainya.