Strategi Manjur Untuk Bayi yang Tak Kunjung Tidur

Posted on

Strategi manjur untuk bayi yang tak kunjung tidur adalah cara pintar mengatur pola tidur bayi baru lahir dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan transisi bayi dari dalam rahim hingga lahir ke dunia membuat mereka sedikit kesulitan mengatur waktu tidurnya.

Perpindahan si bayi mungil dari rahim bunda ke dunia memerlukan masa transisi yang salah satuya adalah pola tidur. Pada masa awal-awal kelahirannya, si kecil belum mengenal siklus tidur yang teratur sebagaimana yang dilakukan oleh orang dewasa. Mereka akan dapat tidur dan terbangun kapan saja yang mereka inginkan atau bahkan pada saat mereka lapar. Hal inilah yang terkadang membuat kendala yang cukup berat terutama untuk bunda dan ayah yang memiliki segudang kegiatan dan aktivitas harian.

Ya, kondisi sulitnya tidur pada si buah hati seringkali menjadi hal yang cukup memusingkan. Apalagi pada saat ayah dan bunda sudah terlelap saat tengah malam namun pada saat yang bersamaan si kecil menangis karena pooknya yang basah maka hal ini akan seringkali membuat ayah dan bunda terpaksa harus terbangun.

Untuk ibu yang baru pertama kali memiliki buah hati. Hal ini mungkin akan menjadi penyesuaian yang cukup sulit. Pasalnya, mungkin sebelum si kecil lahir ke dunia anda lebih dapat tidur dengan nyenyak saat malam hari. Hanya saja, selepas si kecil ada disamping anda terkadang malam hari anda bisa sangat merepotkan dan membuat anda was-was. Akan tetapi bagaimana lagi, mau tidak mau tanggung jawab anda sebagai orangtua yang baik mengharuskan anda menjadi orangtua yang siaga.

Strategi Manjur Untuk Bayi yang Tak Kunjung Tidur

Pola tidur si kecil memang tidak bisa dipaksa berubah dalam waktu yang singkat, mereka akan membutuhkan waktu untuk belajar mengikuti ritme biologis orang dewasa. Seiring dengan bertambahnya usia, bayi anda kan mulai belajar mengikuti pola tidur ayah dan bundanya. Sehingga demikian sebenarnya hal ini wajar terjadi dan mungkin sebgian besar orangtua yang memiliki bayi baru lahir akan mungkin mengalami kondisi yang serupa. Yang perlu anda lakukan saat ini adalah bersabar dan mulailah menyesuaikan dengan kondisi si buah hati sebab pada dasarnya perlahan namun pasti mereka sendiri yang akan mencoba mengikuti pola tidur anda.

Akan tetapi bagaimana bila rupanya si kecil yang terbangun pada malam hari menjadi sulit suntuk kembali ditidurkan? Hal ini tentu saja akan membuat bunda harus ikut terjaga pada malam hari dan menemani si kecil. Nah, sepertinya hal ini akan sedikit mengganggu dan merepotkan ya bun? Lantas apa yang harus dilakukan agar si buah ahti bisa kembali tidur nyenyak? Simak dibawah ini.

Strategi Manjur Untuk Bayi yang Tak Kunjung Tidur

Kenali Tanda-Tandanya

Meski pada tahapan awal pola tidur si buah hati nampak acak dan tidak menentu. Akan tetapi sebenarnya mereka juga memiliki pola tidur. Dan pada saat bunda mengetahui polanya, ayah dan unda dapat menidurkan mereka tanpa harus “berkeringat”. Tugas ayah dan bunda adalah mengenali tanda-tanda yang menunjukan si kecil mulai terlihat mengandtuk, kapan ia lapar dan kapan ia mulai ingin bermain.

Ketidak pahaman mengenal tanda-tanda inilah yang pada umumnya seringkali membuat ayah dan bunda sulit menidurkan si buah hati yang masih terjaga. Untuk itulah dalam mengenali strategi manjur untuk bayi yang tak kunjur tidur akan menjadi kunci utama dalam mengetahui bagaimana menidurkan bayi yang masih terjaga. Dengan begini ayah dan bunda akan bisa lebih leluasa mengatur dan menyesuaikan jadwal kegiatan harian yang akan dilakukan.

Tidurkan Pada Waktunya

Memang sulit mengenali waktu tepat menidurkan bayi anda. Apalagi bayi baru lahir pada umumnya belum memiliki pola tidur yang menentu. Akan tetapi, sebenarnya ada cara lain yang dapat bunda lakukan untuk melakukan strategi manjur untuk bayi yang tak kunjung tidur, yakni dengan mengetahui tanda-tanda kapan si kecil mulai terlihat mengantuk.

Pada dasarnya bayi yang baru dilahirkan akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Sehingga demikian rasanya tidak akan terlalu sulit untuk dapat menidurkan mereka. Hanya saja adakalanya bayi anda senang terjaga, terutama dimalam hari. Untuk itu, maka tidak ada cara lain selain ikut terjaga bersamanya. Sebab pada akhirnya bayi anda akan merasa bosan dan lelah sehingga ia akan kembali tidur.

Kenali Tanda Mengantuknya

Tanda-tanda mengantuk seringkali ditunjukan dengan menguap, mengerutkan dahi, menggosok-gosok mata dengan tangannya, pandangan yang kosong dan kaki yang menyentak-nyentak. Inilah beberapa tanda yang harus dengan siaga anda baca.

Beberapa tanda ini adalah indikasi umum bayi anda sudah mulai mengantuk. Sehingga demikian hal ini akan menjadi strategi manjur untuk bayi yang tak kunjung tidur. Ketika anda membaca tanda-tanda ini, maka segera gendong atau rebahkan bayi dengan mulai memberikannya ASI. Perlahan ia akan segera mengantuk dan tertidur.

Sangat penting bagi ayah dan bunda untuk mengenali tanda-tanda tersebut sebagai strategi manjur untuk bayi yang tak kunjung tidur. Menjelang ‘ritual’ tidur, coba periksa apakah popoknya dalam keadaan basah atau tidak. Ketika popok si kecil penuh dan basah, umumnya si kecil akan merasa tidak nyaman untuk tidur. Sehingga demikian tak heran bila pada saat anda hendak menidurkan mereka si kecil akan lebih sulit untuk dapat tertidur pulas.

Selain itu,pastikan pula bila kondisi kamar anda bebas dari suara bising dan cahaya yang terlalu terang. Sebab hal ini akan dapat menjadi hal yang menyulitkan si buah hati untuk mendapatkan tidur yang pulas.

Hal yang Perlu Dihindari Sewaktu Menidurkan Bayi

Menidurkan bayi memang penting sebab pada masa ini bayi masih membutuhkan waktu istirahat yang lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa. Hal ini dikarenakan pada masa ini tumbuh kembangnya masih banyak terjadi pada saat ia tertidur. Akan tetapi, sebaiknya perhatikan beberapa hal yang perlu dihindarkan sewaktu anda menidurkan si buah hati.

Menimang Bayi

Kebanyakan orangtua, terutama bunda akan lebih senang menidurkan bayi dengan cara digendong. Hal ini memang cukup ampuh dan cepat membuat si buah hati tertidur. Akan tetapi ini bukanlah strategi manjur untuk diaplikasikan. Bayi anda mungkin lebih cepat terlelap. Akan tetapi, lama-kelamaan hal ini akan membuat si kecil merasa ketagihan. Pada akhirnya ia akan lebih sulit ditidurkan apabila anda tidak menimangnya.

Membiarkan Bayi Tidur Sambil Menyusu

Sama halnya dengan poin diatas, kegiatan yang satu ini mungkin membuat bayi anda mudah terlelap. Akan tetapi, itulah tadi. Bayi anda akan cenderung ketagihan dengan kebiasaan ini. Sehingga membuatnya akan lebih sulit tidur tanpa melakukan kebiasaan ini.

Itulah dia beberapa hal yang dapat disampaikan dari strategi manjur untuk bayi yang tak kunjung tidur. Bayi yang seringkali terjaga, terutama pada malam hari memang cukup membuat orangtua kerepotan. Untuk itu, semoga cara diatas bisa menjadi solusi yang tepat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *