Home » Perlengkapan Bayi » Stimulasi Pertumbuhan Gigi Bayi dengan Teether

Stimulasi Pertumbuhan Gigi Bayi dengan Teether

Stimulasi Pertumbuhan Gigi Bayi dengan Teether – Pertumbuhan gizi pada anak memang tidak bisa dipercepat. Akan tetapi, orangtua dapat melakukan cara untuk merangsang pertumbuhan ini dengan lebih baik. Teether disebut-sebut sebagai media perangsang tumbuhnya gigi pada bayi yang baik. Lalu apa sebenarnya teether? Simak dibawah ini.

Anak berusia 6 bulan ke atas umumnya sudah mulai mengalami perkembangan yang begitu pesat. Selain mulai diberikan makanan pendamping ASI untuk pertama kalinya. Pada usia ini si kecil pun cenderung menjadi lebih aktif dan banyak bergerak. Setiap perkembangan yang terjadi dengan si buah hati tentu menjadi hal yang membuat ibu bangga melihatnya. Apalagi pada saat yang tidak terduga si kecil mulai menunjukan hal-hal unik yang baru saja dipelajarinya.

Menjadi saksi setiap perkembangan menakjubkan yang terjadi dengan si buah hati tentu menjadi hal yang menyenangkan. Itulah mengapa pentingnya mendampingi buah hati anda setiap saat. Selain menjaga dan mengawasi agar si kecil tidak mendekati sumber bahaya. Hal ini juga penting untuk memantau jika tumbuh kembali si kecil mengalami masalah atau kendala. Dengan demikian orangtua dapat segera mengatasi kondisi yang salah dengan si kecil secepatnya. Sehingga kemungkinan buruk dari hal ini dapat diantisipasi dengan baik.

Ya, memiliki bayi berusia 6 bulan memang menggemaskan. Anda pun kini sudah dikejutkan dengan berbagai hal yang terjadi dengan si buah hati. Pergerakan yang semakin aktif dan kemampuan untuk tengkurap yang semakin lihai pada si kecil membuat anda bisa bermain dengan bebas bersamanya.

Stimulasi Pertumbuhan Gigi Bayi dengan Teether

Melihat si kecil ceria dan dapat beriteraksi dengan oranglain tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para orangtua. Selain itu, lewat kondisi ini anda pun tentu tidak perlu merasa khawatir sebab anda bisa memastikan kesehatan si kecil dengan baik.

Sayangnya, pergerakan aktif pada tubuh si kecil tidaklah lepas dari masalah atau sumber penyakit yang mengintai setiap saat. Bila anda tidak jeli dalam memperhatikan kesehatan si buah hati maka penyakit akan mudah menyerang tubuhnya.

Kondisi penyakit yang bersarang pada tubuh si buah hati akan mungkin membuatnya merasa kepayahan menahan sakit yang dialami. Selain itu, si kecil pun umumnya akan menjadi begitu rewel dan terus-terusan menangis. Dimana kondisi ini tentu akan membuat orangtua merasa panik menghadapi bayi yang seperti ini.

Untuk itulah, penting sekali untuk selalu waspada dan memperhatikan kesehatan buah hati anda dengan baik. Upayakan agar buah hati anda mendapatkan proteksi yang siaga ketika masalah kesehatan mulai mengintai.

Nah, selain masalah penyakit yang menyerang, masalah lain yang umumnya membuat si kecil menjadi rewel adalah kondisi perkembangan yang terjadi dengan tubuhnya. Seperti halnya, pertumbuhan gigi yang terjadi pada si kecil.
Ya, tahapan tumbuh gigi pada buah hati anda seringkali membuat si kecil merasa tidak nyaman. Akibatnya, kondisi ini pun cenderung membuat si kecil mudah merasa rewel.

Pertumbuhan gigi pada bayi umumnya akan membuat jaringan gusi membengkak atau terasa gatal. Hal ini dikarenakan bakal gigi pada si kecil akan terus mendorong garis gusi supaya gigi bisa timbul ke permukaan. Akibatnya, sel-sel pada gusi menjadi terpecah dan mati. Hal ini pun yang membuat si kecil akan mudah mengalami demam. Jadi demikian, wajar bila si kecil akan merasakan nyeri dan gatal pada bagian gusinya akibat tumbuhnya gigi.

Ibu dan ayah memang tidak bisa mempercepat proses tumbuhnya gigi pada anak bayinya. Akan tetapi, hal ini umumnya bisa didukung pada buah hati anda. Mendukung pertumbuhan gigi pada anak bayi akan berguna untuk mengurangi perasaan sakit dan gatal yang ditimbulkan dari proses tumbuhnya gigi. Dengan begini, maka kondisi rewel pada si buah hati akan dapat diminimalisir.

Stimulasi Pertumbuhan Gigi Bayi dengan Teether

Apa Itu Teether

Guna mendukung perkembangan gigi pada bayi, ada sebuah alat atau media yang dikenal dengan teether. Teether adalah sebuah mainan yang dapat digenggam dan memang di desain untuk digigit oleh si kecil. Tujuannya ya itu tadi, untuk meringankan perasaan sakit yang dialami oleh si buah hati.

Saat ini teether sudah mulai ramai dan banyak dipilih sebagai solusi untuk menstimulasi perkembangan gigi pada anak. Ragam dan jenisnya pun sudah semaki beragam dan memberikan pilihan yang lebih leluasa untuk ibu yang memiliki anak.

Akan tetapi, yang terpenting adalah pilihlah jenis teether yang memang nyaman untuk si buah hati. Kualitas dari teether pun perlu diperhatikan dengan baik. Jangan sampai teether yang digunakan si kecil robek atau rusak. Hal ini dikhawatirkan jika serpihan atau gigitan teether yang terbuka akan termakan oleh si kecil dan membahayakan kesehatannya.

Cara Memilih Teether yang Baik

Mengingat banyaknya variasi dan pilihan yang dijual pada teether mungkin akan membuat anda kesulitan menentukan mana jenis teether yang baik untuk bayi. Nah, berikut ini kami berikan tips dalam memilih teether yang baik dan aman untuk buah hati anda.

  • Perhatikan kualitas teether yang baik. Artinya anda harus lebih selektif dalam mencari jenis teether dengan bahan yang bagus dan baik. Bahan silikon yang lentur umumnya menjadi pilihan yang direkomendasikan.
  • Ukuran teether yang dibeli pun sebaiknya tidak sembarang. Jangan pilih teether yang terlalu kecil untuk si buah hati, dikhawatirkan hal ini akan membuat teether termakan seluruhnya.
  • Pilihkah teether yang mudah digenggam untuk si kecil dan hindari memilih teether yang terlalu rumit. Si kecil akan gemas melihat teether yang rumit namun membuat mereka sulit menggigitnya.
  • Pilih teether yang menarik. Tampilan teether yang menarik dengan warna yang mencolok akan membuat si kecil tertarik dengan mainan ini. Untuk itu, pilihlah yang disukai oleh si buah hati.

Itulah dia beberapa hal penting yang perlu diperhatikan pada saat memilih teether untuk diberikan pada si kecil. Pada intinya, kualitas dan kemanan dari teether perlu diperhatikan dengan baik agar kesehatan si kecil dapat terjaga dengan baik.

Cara Merawat Teether

Selain mengetahui cara pemilihan teether, penting juga untuk anda mengetahui bagaimana merawat teether dengan baik. Hal ini dikarenakan teether adalah jenis mainan yang sering dimasukkan dalam mulutnya sehingga kebersihan adalah hal penting yang perlu diperhatikan.

  • Bersihkan teether dengan menggunakan air hangat. Air hangat akan dapat membunuh bakteri atau kuman yang terdapat dalam teether. Untuk itu, upayakan membersihkannya sampai merata
  • Bersihkan teether sampai ke bagian sela. Teether yang diproduksi dalam beraneka ragam bentuk umumnya seringkali terdapat liukan atau bagian sela yang cukup rumit. Akan tetapi, pastikan bila anda membersihkannya hingga merata.
  • Keringkan teether dengan merata menggunakan lap sampai benar-benar kering. Selain itu, pastikan tidak ada sisa sabun atau air yang masih menggenang pada teether. Hal ini dikhawatirkan akan termakan oleh si kecil.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat dan memberikan cukup informasi yang anda butuhkan.