Home » ASI (Air Susu Ibu) » Jika Saluran ASI Tersumbat, Bagaimana Solusinya?

Jika Saluran ASI Tersumbat, Bagaimana Solusinya?

Saluran ASI tersumbat merupakan salah satu masalah menyusui yang kerap kali dialami oleh ibu menyusui. Ketika keadaan ini menimpa ibu, maka rasa sakit dan tidak nyaman akan dirasakan. Oleh karena itu, penting mengetahui solusi yang tepat mengatasi saluran ASI tersumbat.

ASI merupakan makanan bayi yang memberikan cukup nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi. Menyusui bayi secara langsung merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan ikatan batin di antara ibu dan bayi. Menyusui pada umumnya merupakan kegiatan alamiah yang dilakukan oleh ibu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi buah hatinya. Akan tetapi, menyusui terkadang menjadi kegiatan yang menakutkan untuk ibu.

Keadaan seperti itu terjadi apabila adanya hambatan yang mempengaruhi proses menyusui, seperti misalkan saluran ASI tersumbat. Ketika saluran ASI tersumbat, maka ibu maupun bayi tidak bisa menikmati momen menyusui. Penyumbatan yang terjadi bisa disebabkan karena payudara mengalami peradangan atau terdapat penyumbatan pada saluran ASI.

Saluran ASI Tersumbat

Saluran ASI tersumbat menjadi masalah yang sering dialami oleh ibu menyusui. Dimana keadaan ini kerap menghambat proses pemberian ASI pada buah hati.

Penyebab Saluran ASI Tersumbat

Penyumbatan pada saluran ASI biasanya hanya terjadi pada salah satu payudara saja. Akan tetapi, ada pula ibu menyusui yang mengalami sumbatan pada kedua payudaranya sekaligus. Beberapa keadaan menjadi faktor penyebab saluran ASI tersumbat seperti misalkan:

  • Tidak memberikan ASI atau menyusui bayi dengan teratur dan rutin
  • Jumlah produksi ASI lebih banyak dibandingkan dengan jumlah ASI yang diminum bayi
  • Terdapat milk blister atau bintik putih yang menyebabkan lubang putih tersumbat
  • Ibu mengalami stress, anemia, kelelahan atau lemahnya sistem imun
  • Adanya tekanan yang berlebihan pada payudara ketika memerah ASI, posisi tidur yang tidak tepat, penggunaan bra yang terlalu ketat dan lain sebagainya.

Gejala Saluran ASI Tersumbat

Keadaan dimana tersumbatnya saluran ASI disertai dengan beberapa gejala tertentu. Berikut ini gejala saluran ASI tersumbat:

  • Payudara terasa sakit.
  • Pada area payudara yang tersumbat, sebagian ibu mengalami kulit yang berwarna kemerahan.Jika payudara ditekan, terasa ada bagian yang keras seperti gumpalan pada payudara.
  • Aliran ASI menjadi terhambat atau tidak lancar seperti biasanya, karena seperti itu bayi biasanya menolak menyusu.
  • Penyumbatan pada saluran ASI biasanya tidak disertai dengan demam. Akan tetapi, apabila demam terjadi anda perlu berhati-hati jika kondisi tersebut adalah mastitis pada ibu menyusui, yakni sebuah keadaan yang disertai dengan infeksi pada payudara.

Cara Mengatasi Saluran ASI Tersumbat

Beberapa cara bisa anda lakukan sebagai solusi untuk mengatasi saluran ASI tersumbat seperti berikut ini:

Kompres Menggunakan Air Hangat

Langkah paling sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi saluran ASI tersumbat yaitu mengompres payudara dengan menggunakan air hangat. Pastikan air yang anda gunakan untuk mengompres tidak terlalu panas yang akan membuat kulit terluka.

Lakukan Pijatan Lembut

Apabila payudara sudah dikompres dengan menggunakan air hangat, anda bisa melakukan pijatan pada bagian payudara yang keras ke arah puting.

Susui Bayi

Agar saluran ASI kembali lancar, anda bisa menyusui terus bayi anda. Ketika menyusui bayi, usahakan posisi dagu si kecil mengarah ke bagian payudara yang tersumbat meskipun anda harus menyusui dengan berbagai posisi yang belum pernah anda lakukan.

Agar aliran ASI lebih lancar, usahakan posisi tubuh anda berada di atas dengan payudara menggantung ke arah bawah.

Perah ASI

Intinya, cara yang harus anda lakukan apabila saluran ASI tersumbat yaitu mengosongkan payudara. Jika bayi anda sudah menyusui, dimana setelah selesai masih terdapat ASI di dalam payudara, maka anda bisa memerah atau memompa ASI.

Mengganti Posisi Menyusui

Berbagai posisi menyusui bisa anda pilih. Hindari menyusui dengan posisi sama setiap kali menyusui. Dengan melakukan berbagai variasi menyusui bisa menghindari terjadinya penyumbatan pada saluran ASI. Mencoba variasi posisi menyusui dapat membantu anda menemukan posisi yang paling nyaman, baik untuk anda maupun untuk bayi anda.

Mandi Air Hangat

Selain mengompres payudara dengan menggunakan air hangat, anda juga bisa mengatasinya dengan mandi air hangat. Ketika anda mandi, aliran air akan menimpa payudara sehingga keadaan ini akan membantu meredakan rasa sakit. Selain itu, aliran air hangat yang berlanjut dapat membantu melancarkan aliran ASI.

Konsumsi Banyak Cairan

Minum banyak cairan tidak hanya akan membantu ibu memproduksi cukup ASI, akan tetapi dapat membantu mengatasi saluran air susu yang tersumbat. Apabila asupan air cukup, dapat membantu menormalkan viskositas ASI sehingga dapat meminimalisir terjadinya sumbatan. Oleh kerena itu, pastikan anda minum cukup ASI.

Istirahat

Istirahat yang cukup dapat anda lakukan karena akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.
Konsultasi dengan Dokter

Jika saluran ASI tetap tersumbat meskipun anda sudah melakukan berbagai cara, maka ada baiknya jika anda pergi ke dokter untuk melakukan konsultasi agar keadaan ini bisa diatasi oleh dokter dengan tepat.

Hindari mengkonsumsi obat tanpa resep dari dokter.

Demikian cara mengatasi saluran ASI tersumbat. Beberapa cara di atas dapat membantu anda dalam memulihkan kembali keadaan payudara seperti semula sehingga proses menyusui bayi akan tetap berjalan lancar dan bayi mendapatkan cukup ASI yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya.