Home » ASI (Air Susu Ibu) » Relaksasi Ibu Menyusui Guna Menjaga Kuantitas ASI

Relaksasi Ibu Menyusui Guna Menjaga Kuantitas ASI

Menjaga kuantitas ASI perlu dilakukan agar bayi cukup ASI. Salah satu cara untuk menjaga kuantitas ASI yaitu dengan relaksasi ibu menyusui.

Relaksasi merupakan cara yang dilakukan untuk mengistirahatkan beberapa fungsi fsikis dan fisik untuk mengurangi beberapa keadaan seperti stres dan dampaknya pada kenyamanan diri. Metode relaksasi itu sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap orang. Relaksasi bisa dilakukan pada ibu hamil ataupun ibu menyusui. Untuk ibu menyusui, relaksasi itu sendiri dilakukan untuk melancarkan ASI yang diproduksi. Selain asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu, keadaan lain seperti kesehatan fisik dan fsikis ibu ikut serta dalam melancarkan ASI.

ASI atau air susu ibu itu sendiri merupakan asupan pertama bayi hingga usia bayi 6 bulan. ASI sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang bayi. Di dalam ASI terkandung banyak kandungan yang bermanfaat untuk bayi. Pada 6 bulan awal kehidupannya, bayi tidak memerlukan asupan makanan apapun selain ASI karena semua nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh bayi sudah terkandung di dalam ASI. Setelah bayi menginjak usia 6 bulan, ia sudah bisa mendapatkan makanan pendamping ASI atau MPASI. Meskipun, begitu pemberian ASI masih tetap harus dilakukan hingga usia bayi 6 bulan.
Karena begitu pentingnya ASI untuk bayi, maka dari itu mempertahankan atau meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI perlu ibu lakukan. ASI yang berkualitas akan memberikan manfaat yang lebih untuk bayi, dan ASI yang berlimpah akan membuat bayi berkecukupan.

Relaksasi Ibu Menyusui

Akan tetapi, kendala sering kali ditemui oleh ibu menyusui. Beberapa kondisi tertentu dapat membuat ibu merasa tertekan, sehingga dengan begitu kelancaran ASI yang ibu produksi akan menjadi terhambat. Untuk menjaga kualitas dan kuantitas ASI-nya, ibu membutuhkan beberapa teknik relaksasi yang bertujuan untuk melancarkan ASI bisa anda lakukan sejak dini, setidaknya ketika anda berada pada usia kehamilan atau kehamilan memasuki usia trimester ketiga. Dimana relaksasi ini bisa anda lanjutkan hingga proses menyusui.

Berikut ini beberapa relaksasi yang bisa dilakukan ibu menyusui untuk menjaga kualitas dan kuantitas ASI.

Relaksasi Ibu Menyusui Untuk Menjaga Kualitas dan Kuantitas ASI

Manfaatkan Olive Oil/Baby Oil

Relaksasi ibu menyusui bisa dilakukan dengan memanfaatkan olive oil atau baby oil. Siapkan salah satu minyak tersebut, kemudian oleskan pada telapak tangan anda. Selanjutnya, oleskan pada payudara anda. Jika anda ingin mengganti kedua minyak ini dengan minyak tradisional, maka anda bisa menggunakan minyak kelapa. Pasalnya, minyak kelapa memiliki kandungan yang sama dengan olive oil.

Lakukan Gerakan Memutar Pada Payudara

Apabila anda sudah mengoleskan baby oil atau olive oil pada tangan dan payudara, anda bisa melakukan gerakan memutar pada payudara anda. Caranya yaitu, angkat dan topang payudara anda sebelah kanan. Pijat payudara anda dengan menggunakan tiga jari tangan kiri. Pijat payudara dengan gerakan memutar dimulai dari pangkal payudara menuju ke arah areola. Kemudian, lakukan gerakan yang sama pada payudara sebelah kiri.

Relaksasi Membantu Melancarkan ASI

Pertama-tama, letakan jari tangan kiri anda. Kemudian, regangkan jari tangan anda pada pangkal payudara sebelah kanan. Pijat dengan gerakan memutar sambil sedikit menekan payudara. Anda bisa melanjutkan dari arah samping, yakni dari dinding dada ke arah areola. Gerakan ini dapat membantu melancarkan ASI.

Gerakan Kupu-Kupu

Gerakan kupu-kupu bisa anda mulai dengan meletakan kedua telapak tangan di atas dada, lalu di bagian kedua payudara anda. Anda bisa melakukan gerakan seperti gerakan kupu-kupu yang dilakukan mulai dari tengah payudara ke bagian atas dengan diiringi mengangkat payudara, serta melepaskan payudara secara perlahan dengan bersamaan. Gerakan ini bisa anda lakukan selama kurang lebih satu menit dengan berulang.

Gerakan Memerah Payudara

Gerakan ini bisa diawali dengan meletakan ibu jari pada tangan kanan dan kiri tepat di areola atau dibagian atas puting kanan. Letakan jari yang lainnya di bawah puting payudara anda. Kemudian tekan ke arah dada dengan bersamaan. Dilanjutkan dengan menggerakan ibu jari ke arah areola dengan gerakan memutar. Lakukan gerakan ini dengan perlahan dan lembut berulang-ulang.

Kupu-Kupu Menyebar

Gerakan kupu-kupu menyebar bisa anda lakukan sebagai relaksasi pada ibu menyusui guna kualitas dan kuantitas ASI. Gerakan kupu-kupu menyebar itu sendiri bisa dilakukan dengan diawali meletakan tangan kiri pada payudara untuk menopang payudara. Selanjutnya anda bisa melakukan pijatan pada payudara dengan menggunakan tangan kanan. Anda bisa mengikutsertakan kelima jari anda dengan gerakan kupu-kupu menyebar ke seluruh payudara anda. Gerakan ini bisa anda mulai dari areola menuju ke pangkal payudara selama kurang lebih satu menit. Kemudian lakukan gerakan yang sama pada payudara sebelah kiri anda.

Pijatan Secara Menyeluruh

Mulai gerakan ini dengan meletakan tangan kanan pada payudara sebelah kanan atau tepatnya di atas areola. Untuk telapak tangan kiri anda bisa posisikan di bawah areola. Untuk keempat jari kiri dan kanan akan bertemu pada payudara bagian bawah. Kemudian dorong kedua telapak tangan anda ke bawah dengan diiringi gerakan memutar. Untuk bagian payudara sebelah kiri, anda bisa melakukan gerakan yang sama.

Dengan demikian beberapa relaksasi ibu menyusui penting untuk membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Anda bisa melakukan relaksasi ini dengan santai di rumah.