Home » Makanan Bayi » Pilihan Finger Food Untuk Bayi yang Sehat & Bergizi

Pilihan Finger Food Untuk Bayi yang Sehat & Bergizi

Pilihan finger food untuk bayi – Pilihlah finger food untuk bayi yang sehat dan bergizi. Beberapa jenis makanan sehat bisa dijadikan finger food untuk si kecil.

Bayi membutuhkan asupan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Asupan pertama bayi hingga usia bayi menginjak 6 bulan hanyalah ASI atau air susu ibu. Setelah usianya menginjak 6 bulan bayi sudah mulai diperkenalkan pada makanan padat atau makanan pendamping ASI. Seiring bertambahnya usia dan kemampuan si kecil, maka ia sudah bisa menjangkau segala sesuatu dengan menggunakan tangannya, dimana salah satunya yaitu makanan.

Pada saat anda memberikan makanan untuk si kecil, mungkin saja ia akan meraih sendok atau makanan ketika anda menyuapinya. Apabila terjadi seperti ini maka anda bisa segera memberikannya finger food.
Memberikan finger food pada bayi berarti secara tidak langsung anda mengajarinya makan sendiri tanpa disuapi. Pemberian finger food itu sendiri dilakukan sekaligus untuk menunjang tumbuh kembangnya dalam keterampilan menggigit, mengunyah makanan dan motorik halus.

Pilihan Finger Food Untuk Bayi

Lantas apa itu finger food? Finger food itu sendiri merupakan makanan yang mudah dikonsumsi oleh bayi, mudah digigit dan dihaluskan ketika dikunyah. Finger food umumnya adalah makanan yang mudah dipegang dengan menggunakan tangannya sendiri. Masa pengenalan finger food bisa menjadi momen yang menyenangkan untuk buah hati anda. Pemberian finger food jangan dilakukan asal-asalan, dimana jenis makanan yang anda berikan sebagai finger food untuk si kecil harus diperhatikan dan disesuaikan dengan usia bayi, kemampuan serta tidak kalah penting nutrisi dan kandungan gizinya.
Kebanyakan finger food disukai oleh si kecil sebagai cemilan mereka. Finger food yang mudah dipegang bisa menjadi pilihan favorit untuk si kecil. Berikut ini beberapa pilihan finger food untuk bayi anda.

Pilihan Finger Food Untuk Bayi yang Sehat

Sayuran

Seperti yang kita ketahui, sayuran merupakan makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan gizi. Sebagai awal memberikan finger food pada bayi yang berupa sayuran, anda bisa memberikan si kecil sayuran yang sudah diolah dengan cara direbus. Beberapa jenis sayuran yang bisa anda berikan pada si kecil di antaranya yaitu kembang kol, kentang, wortel, brokoli atau ubi manis.

Buah

Selain sayuran, finger food lainnya untuk bayi yaitu buah-buahan. Buah yang tepat yang bisa anda jadikan sebagai finger food di antaranya yaitu buah mangga, buah pir, buah pisang, buah alpukat atau semangka. Ketika memilih buah tersebut anda harus memastikan bahwa buah sudah benar-benar matang. Dalam menyajikan finger food berupa buah, anda bisa mengiris atau memotongnya kecil-kecil.

Pasta

Pasta merupakan pilihan lain untuk diberikan pada si kecil sebagai finger food. Anda dapat memberikan pasta yang sudah direbus pada bayi anda. Rebus pasta tersebut hingga benar-benar matang. Jenis pasta yang bisa anda berikan untuk si kecil yaitu fusili atau pasta yang sudah dimasak dan dipotong kecil-kecil.

Daging

Berdasarkan laporan dari American Academy of Pediatrics menyatakan bahwa sekitar 15% anak di bawah usia 3 tahun tidak mendapatkan cukup kandungan zat besi yang penting untuk tahun awal masa tumbuh kembangnya. Kandungan zat besi yang terdapat pada daging bisa mencukupi kebutuhan zat besi si kecil. Akan tetapi, anda harus memperhatikan dalam memberikan daging untuk si kecil. Pastikan anda memberikan daging yang sudah diolah sampai lembut. Daging yang keras berbahaya karena akan membuat si kecil tersedak.

Telur

Ketika anda memberikan telur pada si kecil, anda harus memastikan bahwa telur sudah dimasak sampai benar-benar matang. Pengolahan telur hingga matang ini dilakukan agar si kecil tidak terkontaminasi oleh bakteri salmonella yang terdapat pada telur setengah matang.
Anda bisa mengolah telur menjadi telur rebus atau membuatnya menjadi telur orak-arik.

Sereal

Sereal bisa menjadi pilihan finger food untuk bayi anda. Anda dapat memberikannya sereal yang mudah ia pegang. Pemilihan sereal untuk bayi harus anda perhatikan. Sebaiknya pilihlah sereal yang rendah akan kandungan gula dan tidak ada tambahan zat pewarna.

Roti Panggang

Dalam menyajikan roti panggang anda bisa memotongnya seukuran jari. Saat usia bayi anda sudah mulai besar anda bisa memberikan roti panggang sebagai finger food.

Keju

Di dalam keju terkandung kalsium dan protein yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Tidak hanya itu, keju juga mengandung lemak yang dibutuhkan oleh anak pada dua tahun awal kehidupannya. Dalam menyajikan keju untuk si kecil, anda bisa memilih keju lembaran yang sudah dipotong kecil atau keju yang sudah diparut.

Tips Memberikan Finger Food Untuk Bayi

Beberapa hal perlu anda perhatikan dalam memberikan finger food untuk bayi seperti berikut:
Ketika menyajikan finger food untuk si kecil, anda harus memastikan makanan sudah dipotong dengan ukuran kecil untuk menghindari bayi tersedak.

Sebelum memberikan finger food pada si kecil anda bisa mencicipinya terlebih dahulu.
Hindari memberikan finger food yang memiliki rasa terlalu manis. Gula pada makanan yang terlalu banyak akan mempengaruhi kesehatan giginya.

Beberapa makanan tidak dianjurkan diberikan pada si kecil seperti buah kering, buah ceri dan anggur utuh, sayuran mentah, kacang atau permen.

Memperkenalkan makanan sehat sejak dini penting untuk dilakukan. Tetap dampingi si kecil ketika mengkonsumsi finger food untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti tersedak.