Home » ASI (Air Susu Ibu) » Menyusui Lebih Mudah Berkat Perlengkapan Menyusui Bayi Ini

Menyusui Lebih Mudah Berkat Perlengkapan Menyusui Bayi Ini

Agar proses menyusui berhasil, mudah dan nyaman, beberapa perlengkapan menyusui bayi dapat membantu. Ketahui perlengakapan apa saja yang dapat membantu proses menyusui si kecil.

Memberikan ASI eksklusif pada bayi adalah kewajiban seorang ibu. ASI eksklusif terbukti memiliki banyak manfaat untuk bayi. Memberikan ASI eksklusif disarankan hingga usia bayi 6 bulan. Selama 6 bulan awal kehidupan bayi tidak ada lagi asupan makanan apapun selain ASI. Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif sesuai waktu yang disarankan diketahui memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan ASI eksklusif.

Agar bayi mendapatkan cukup ASI dan kebutuhannya tercukupi, seorang ibu akan melakukan segala cara untuk menyukseskan proses menyusui. Ibu akan mencoba untuk meminimalisir segala hal yang akan menghambat proses menyusui bayi.

Perlengkapan Menyusui Bayi

Selain meminimalisir segala hambatan yang akan terjadi, untuk menyukseskan proses menyusui dapat didukung dengan perlengkapan menyusui bayi. Meskipun perlengkapan menyusui tidak diwajibkan dimiliki, akan tetapi perlengkapan menyusui ini dibutuhkan untuk memudahkan dan melancarkan pemberian ASI pada buah hati tercinta.

Terdapat beberapa perlengkapan menyusui yang akan memudahkan ibu dalam menyusui bayinya. Apa saja perlengkapan menyusui bayi yang dimaksud? Berikut perlengkapan menyusui bayi.

Perlengkapan Menyusui Bayi

Bantal Menyusui

Kesuksesan menyusui bayi salah satunya dipengaruhi dengan kondisi ibu. Kondisi ibu yang nyaman akan membuat proses menyusui menjadi berjalan lancar. Oleh karena itu, saat menyusui penting membuat ibu merasa nyaman. Nah, untuk membuat ibu nyaman ketika menyusui, salah satu perlengkapan yang dapat mendukung ibu yaitu bantal menyusui. Dengan bantal menyusui ini ibu akan merasa lebih nyaman dan rileks ketika menyusui, punggung akan tersangga sehingga tidak akan merasa pegal. Selain itu, bayi pun akan merasa lebih nyaman ketika berada dipangkuan ibu.

Nipple Shields

Nipple shields digunakan bagi ibu yang kesulitan menyusui bayi karena keadaan puting yang datar. Dengan perlengkapan menyusui ini ibu pemilik puting datar akan menjadi lebih mudah menyusui bayinya. Ketika menggunakan alat ini, maka pakaikan di sekeliling areola serta puting pada saat menyusu. Untuk mengetahui cara pemakaian yang tepat sebaiknya konsultasikan dengan ahli laktasi, karena penggunaan yang tidak tepat akan membuat produksi ASI menjadi berkurang.

Breast Pumps

Breast pumps atau pompa menyusui penting dimiliki oleh ibu bekerja yang tetap ingin memberikan ASI eksklusif. Dalam memilih pompa untuk menyusui ini, ibu dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan, baik pompa menyusui manual atau pompa menyusui elektrik. Sebaiknya pilihlah pompa yang dapat membuat ibu merasa nyaman. Anda dapat menggunakan pompa ini ketika di kantor pada jam istirahat untuk memerah ASI. Kemudian simpan ASI di cooler box. Ketika malam hari, sebaiknya tetap berikan ASI secara langsung dari payudara.

Nursing Apron

Nursing apron ini sangat bermanfaat untuk menyusui bayi ketika berada di luar rumah atau di tempat umum. Dengan nursing apron, ketika menyusui bayi payudara dapat ditutupi sehingga tidak akan terlihat. Mengikuti perkembangan mode, nursing apron kini lebih modern. Jika dulu hanya berbentuk selembar kain dengan tali di leher, kini nursing apron memiliki motif, bahkan bentuk yang bervariatif. Namun, meskipun begitu fungsinya tetap sama yaitu menutupi bagian tubuh tertentu agar tidak terlihat saat menyusui di tempat umum.

Breast Pad

Ketika menyusui, ibu biasanya sering mengalami ASI merembes. Dengan keadaan ini tentunya ibu akan merasa tidak nyaman karena keadaan akan menjadi lembab. Selain itu, dengan keadaan seperti ini ibu tidak akan merasa percaya diri ketika akan bertemu dengan orang. Untuk itulah, bagi ibu yang mengalami kasus ini sebaiknya gunakan breast pad. Breast pada ini digunakan dengan diselipkan dalam bra. Dengan breast pad maka rembesan ASI dapat ditahan sehingga tidak akan membasahi baju, khususnya area payudara.

Bra Khusus Menyusui

Selama masa menyusui, sebaiknya ibu menggunakan bra khusus menyusui. Bra menyusui ini selain akan membuat ibu merasa lebih nyaman, juga akan memudahkan ibu ketika menyusui bayinya. Ketika bayi ingin menyusu, dengan bra khusus menyusui ini anda tinggal membuka kaitan dan langsung bisa menyusui si kecil.

Botol Untuk Menyimpan ASI

Untuk menyimpan ASI perah maka penting untuk menggunakan botol khusus menyimpan ASI. Simpanlah ASI yang sudah anda perah pada botol, kemudian jangan lupa untuk memberi tanggal pada setiap botolnya. ASI perah dapat anda berikan ketika bekerja atau beraktivitas di luar rumah.

Teether

Ketika berusia 5 bulan, biasanya gigi pertama bayi akan mulai tumbuh. Ketika pertumbuhan gigi, gusi akan terasa gatal. Bahkan mungkin bayi akan terpancing untuk menggigit puting payudara ibunya. Untuk menghindari si kecil menggigit puting payudara saat menyusu, anda dapat menyediakan teether. Ketika anda memilih teether sebaiknya pilihlah teether yang lembut dan perhatikan pula kualitasnya.

Itulah beberapa perlengkapan menyusui yang dapat memudahkan anda dalam menyusui buah hati tercinta. Semua perlengkapan di atas bukanlah perlengkapan wajib yang harus anda miliki, anda dapat membelinya sesuai dengan yang dibutuhkan. Semoga bermanfaat.