Perkembangan bayi usia 12 bulan – Pada ulang tahun pertamanya, si kecil mungkin sudah dapat berdiri sendiri tanpa harus berpegangan, baik pada anda maupun pada benda yang ada disekitarnya.

Perkembangan bayi usia 12 bulan membuatnya kini sudah mulai mengembangkan kemampuan yang telah dipelajarinya dengan baik. Sebelum menyimak lebih dalam mengenai perkembangan si buah hati pada usia ini, kami ucapkan selamat terlebih dahulu ya bunda. Kegiatan mengurus dan mengasuh si buah hati kini sudah masuk dalam tahun pertama dalam kehidupannya.

Waktu rasanya terlalu cepat berlalu sampai-sampai tidak terasa seperti baru kemarin anda dan pasangan merencanakan kehamilan si buah hati. Tahu-tahu kini si mungil sudah berada dalam pelukan anda dan anda mulai menyaksikan detik demi detik perkembangannya.

Nah, pada saat ini anda mungkin sudah dapat mulai menandai tanggal kelahiran si kecil dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut ulang tahun pertama buah cinta anda. Kegiatan ini tentu menjadi hal yang menyenangkan dan menggembirakan. Terutama untuk para orangtua yang sudah tak sabar ingin memberikan perayaan ulang tahun bagi buah cintanya.

Tak heran bila anda dan pasangan akan dengn apik dan teliti mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan oleh si kecil. Meski pun si kecil belum dapat memahami sebuah pesta atau perayaan, namun rupanya hal ini tidak menghalangi anda untuk melakukannya.

Dari memilih konsep ulang tahun, memasang dekorasi lucu di dinding rumah, sampai dengan memilihkan pakaian untuk si buah hati adalah serangkaian kegiatan yang mulai menyibukkan anda saat ini. Teman dan kerabat anda pun mulai dikabari satu per satu untuk bisa meluangkan waktu datang ke perayaan ulang tahun si kecil. Tidak masalah memang, selama hal ini bisa anda lakukan dan membuat si kecil merasa nyaman mengapa tidak merayakan ulang tahun pertamanya dengan perayaan yang sudah anda impikan.

Perkembangan bayi usia 12 bulan

 

Namun demikian, ada pula sebagian ibu lain yang memilih tidak memberikan pesta perayaan yang besar untuk si kecil pada usia ini. Dengan alasan si kecil masih belum mengerti dan memahami makna pesta maka tidak sedikit orangtua yang menunda merayakan ulang tahun buah hatinya sampai si kecil mulai dapat berinteraksi dengan orang lain.
Akan tetapi, selain sibuk mempersiapkan pesta untuk si buah hati. Penting pula untuk anda mengetahui apa saja perkembangan yang mulai terjadi dengan si kecil pada usia ini. Dengan begini maka bunda bisa mengawasi apakah perkembangannya berjalan dengan normal atau tidak. Seperti apa sih perkembangan bayi usia 12 bulan? Simak dibawah ini.

Perkembangan Bayi Usia 12 Bulan Secara Umum

Banyak hal yang akan membuat anda sangat bangga pada saat si kecil memasuki usia ini. Pasalnya, ada banyak hal ajaib yang mulai terjadi dengan buah hati anda. Selain si kecil yang semakin mahir menguasai kemampuan yang sudah dipelajarinya pada bulan-bulan sebelumnya. Buah hati anda pun kini sudah bertransformasi menjadi seorang batita kecil yang menggemaskan. Dengan demikian, sebagai ibu anda tidak boleh melewatkan perkembangan ini karena teralihkan dengan hal-hal lain seperti persiapan pesat ulang tahunnya.

Terus amati dan dukung perkembangan buah hati anda agar tumbuh kembangnya bisa terjaga dengan baik. Pada usia ini ada cukup banyak hal yang terjadi dengan si buah hati. Usia 12 ulan membuat si kecil telah mengenal benda yang ia lihat di tempat lain. Misalkan, ia memiliki benda tersebut dirumah, maka ia pun akan dengan mudah mengenal benda serupa ketika si kecil berjalan-jalan ke tempat lain.

Bayi anda pun sudah mulai dapat berdiri sendiri sehingga ketika bunda merayakan pesat ulang tahun yang pertamanya, maka bunda bisa meminta si kecil untuk meniup lilin ulang tahunnya. Namun tentunya hal ini tidaklah bisa dilakukannya seorang diri. Si kecil mungkin akan takut dengan api pada lilin jika sebelumnya ia belum pernah diperkenalkan pada hal tersebut. Akan tetapi, sebagian bayi lain justru merasa senang diberikan kesempatan untuk meniup lilin meskipun hembusan nafasnya belum cukup kencang untuk mematikannya.

Perkembangan Bayi Usia 12 Bulan Kemampuan Berbicara

Usia ini bisa dibilang sebagai akhir dari tahapan sensor motorik pada bayi anda. Pada masa ini bayi anda akan mulai terampil bukan hanya dari berbagai gerakan yang dilakukan saja, melainkan dari segi bahasa dan kosa kata pun ia akan semakin mengembangkan kemampuan ini dengan lebih baik.

Jika sebelumnya kata-kata yang mampu diucapkannya hanya berupa menggabungkan vokal dan konsonan saja. Kali ini beberapa kosa kata yang sering didengarnya akan mulai ia kuasai meski belum sebaik pelafalannya. Dengan demikian bayi anda mungkin akan dapat melafalkan kata seperti “ma-u”, “ya”, “mamam” dan lain sebagainya.

Ia pun kini mulai mengerti beberapa penggunaan kosa kata sesuai dengan fungsinya. Jadi demikian pada saat anda bertanya pada si kecil akan beberapa hal. Bukan tidak mungkin ia akan mulai mengerti dengan memberikan jawaban seperti mengangguk atau menggelengkan kepala. Misalkan saat anda menawarinya makan, maka si kecil yang sedang lapar akan mungkin mengangguk dengan maksud setuju.

Meski demikian umumnya kosakata yang dipelajarinya masihlah begitu terbatas. Bayi anda biasanya belum bisa mengungkapkan emosi yang dirasakannya dan memberitahukan hal tersebut pada orang-orang terdekatnya.
Untuk itulah, pernanan orangtua dalam hal ini akan sangat dibutuhkan. Sebab bayi anda perlu terus mengembangkan kemampuan ini agar lebih baik sehingga ia dapat menguasainya dengan tepat dikemudian hari.
Bayi akan meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Jadi demikian, jangan berhenti untuk selalu mengajarkan mereka hal-hal yang baru dan terus mengajak mereka berbicara agar kosa kata dan kemampuan berbahasanya semakin kaya.

Perkembangan Bayi Usia 12 Bulan Kemampuan Motoriknya

Ada cukup banyak hal yang mengejutkan yang terjadi pada usia ini. Beberapa hal tersebut akan mungkin membuat ibu merasa bangga. Sebab saat ini bayi anda sudah mulai dapat menggunakan perlengkapan mandinya seperti sikat gigi, atau memegang sisir dengan baik. Tak heran ia pun akan mulai menirukan kegiatan menyisir dengan menghadapkan gerigi sisir pada rambutnya.

Selain itu, anda pun sudah mulai bisa mengganti penggunaan botol pada buah hati dan mulai memperkenalkan cangkir sebagai media untuk minum. Adapun jenis cangkir yang bisa diperkenalkan pada buah hati anda diusia ini adalah cangkir jenis sippy cup yang memiliki pegangan dibagian kedua pinggirnya. Selain itu, moncong pada cangkir akan memungkinkan buah hati anda untuk dapat minum dari bagian tersebut tanpa tumpah mengenai bajunya.

Perkembangan Bayi Usia 12 Bulan Kemampuan Sosialnya

Bayi pada usia ini lebih cenderung senang ditemani. Ia pun akan senang pada saat banyak orang bersamanya sebaliknya si kecil akan mungkin menangis pada saat ditinggalkan sendirian. Saat si kecil dikelilingi oleh orang-orang terdekatnya mereka akan merasa nyaman dan lebih anteng.

Selan itu, usia ini pun membuat si kecil lebih pemilih terhadap orang-orang yang dijumpainya. Sehingga kehadiran orang asing dekatnya akan membuat si kecil merasa tidak nyaman.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari perkembangan bayi usia 12 bulan yang menakjubkan. Simak perkembangan bayi usia sebelumnya di Perkembangan Bayi Usia 11 Bulan

Pada umumnya bila si kecil sudah mulai dapat berjalan, perkembangan bayi usia 11 bulan akan membuat si bayi mulai menunjukan latihan untuk berlari dan terjatuh sempoyongan karena kaki mereka masih belum sempurna dalam menyangga tubuh dengan posisi berdiri.

Sebelum membahas mengenai perkembangan si buah hati dalam tahapan yang lebih lanjut. Terlebih dahulu saya ucapkan selamat atas perkembangan buah hati anda yang begitu pesat dan menakjubkan. Tumbuh kembang yang berjalan dengan baik ini tentu tidak terjadi dengan mudah dan begitu saja tanpa adanya dukungan dan peran anda sebagai seorang ibu.

Besarnya cinta dan kasih ibu pada si buah hati sejak mereka masih berada dalam kandungan hingga saat ini membuat si kecil mampu tumbuh menjadi anak dengan bakat yang luar biasa. Untuk itulah, sekali lagi kami ucapkan selamat atas perkembangan bayi usia 11 bulan ini ya bunda.

Perkembangan pesat yang terjadi dengan si buah hati tak jarang membuat waktu terasa cepat berlalu. Rasanya seperti baru kemarin ayah dan bunda menantikan kelahiran si buah hati. Namun kini, si malaikat kecil telah berada dalam pelukan anda dan keluarga dan bertumbuh menjadi seorang bayi yang sedang berkembang.

Keberhasilan bunda dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan si buah hati akhirnya telah sampai pada usia ini, yang mana ini artinya tinggal selangkah lagi menuju usia tahun pertama pengasuhan bayi. Setelah 1 tahun nanti tentu ada begitu banyak hal dan perubahan yang terjadi dengan buah cinta anda. Belum lagi, berat tubuhnya dan panjang tubuhnya yang terus dikembangkan dari waktu ke waktu akan membuat rupanya semakin menggemaskan.

Perkembangan Bayi Usia 11 Bulan

Ia pun nanti akan mulai dapat berjalan, berbicara dan berlari kesana kemari. Hal ini mungkin akan menjadi momen yang menyenangkan sekaligus cukup merepotkan. Sebab si kecil yang hilir mudik kesana kemari akan mungkin membuat bunda pusing dan sulit mengendalikannya. Untuk itulah, segala persiapan penting dalam menyambut buah hati anda betumbuh adalah hal penting agar tumbuh kembangnya berjalan dengan baik.

Lantas, apa saja sih perkembangan bayi usia 11 bulan yang dapat terjadi dibulan ini? Mari simak dibawah ini.

Perkembangan Bayi Usia 11 Bulan Secara Keseluruhan

Ada cukup banyak perkembangan bayi usia 11 yang terjadi yang cukup menakjubka untuk disimak. Selain si kecil yang semakin memperbaiki perkembangan di suia sebelumnya ada pula hal baru yang mulai dipelajarinya pada usia ini. Bayi anda kini sudah mulai belatih untuk keluar dari dirinya sendiri dan pada momen ini biasanya mereka akan mulai membutuhkan teman untuk bermain dan belajar.

Bahkan pada beberapa bayi yang diusia sebelumnya sudah mulai berlatih untuk dapat berjalan, si kecil kini sudah mulai dapat berdiri sendiri dan mulai melangkahkan kaki-kakinya. Meski awalnya ia akan terlihat seperti robot yang berusaha untuk berjalan, namun ini adala tahapan pertama untuk si kecil dapat menguasai kemampuan untuk dapat berjalan dengan lancar.

Jadi demikian, orangtua perlu mendukung si kecil dengan memastikan area rumah yang dieksplor oleh si buah hati dalam keadaan bersih dan terhindar dari sumber bahaya yang akan mempertaruhkan keselamatannya.

Selain itu, penting pula untuk orangtua selalu memperhatikan buah hatinya. Apalagi kemampuan berjalan yang sudah mulai dikembangkan oleh buah hati anda, bisa mungkin membuat keselamatannya semakin beresiko. Jangan pernah tinggalkan buah hati anda seorang diri meski dengan alasan apapun. Apalagi menitipkannya sementara pada anak-anak.

Salah-salah hal ini malah akan menimbulkan bahaya besar untuk keduanya. Ketika anda merasa membutuhkan bantuan oranglain sementara untuk menjaga si buah hati. Maka mintalah bantuan orang dewasa yang dapat anda percaya, semisal orangtua anda yang sehat, kakak anda ataupun paman dan bibi anda yang bisa anda percaya.

Perkembangan Bayi Usia 11 Bulan Kemampuan Sosial

Pada saat ini si kecil sudah mulai terbangun dari tempat tidurnya sendiri. Anda pun akan mungkin mendapati si kecil sudah terbangun dalam posisi duduk. Pada saat si kecil bangun dan tidak mendapati seorangpun berada bersamanya maka ia akan menangis. Yang mana ini artinya ia membutuhkan teman untuk bisa bercengkrama bersama dengannya.

Upayakan minta seseorang, baik pasangan ataupun adik anda yang sudah besar untuk bisa menemaninya. Kehadiran seseorang bersama dengan si buah hati terutama pada saat ia sudha terbangun aka membuat si kecil merasa lebih tenang dan nyaman.

Selain itu, pada saat ii bayi anda akan lebih sering berbaur dengan bayi lainnya. Bayi anda sudah mulai melatih konsep untuk berbagi. Dengan demikian, tidak heran bila anda akan sering mendapati si kecil mulai berbagi makanan.

Bukan hanya itu, hal ini pun akan lebih cenderung membuat si kecil terlihat akur bermain dengan anak bayi seusianya. Misalkan ketika bayi anda bersama bayi teman anda disatukan dalam satu area bermain yang sama dan terdapat banyak mainan milik bayi and aberserakan disana. Maka mungkin hal ini akan membuat si kecil dengan tidak ragu memberikan jenis mainan lain yang tidak sedang ia mainkan. Akan tetapi, ada kalanya ia pun bisa berubah menjadi menangis atau rewel tatkala temannya tersebut mengambil mainan yang sedang asyik dimainkannya.

Dalam hal ini, peranan ibu amatlah sangat penting dan dibutuhkan guna mengawasi jika bayi anda tidak terlibat pertengkaran dengan bayi lainnya. Ataupun memastikan bila si buah hati tidak melakukan hal yang dapat membahayakan dirinya sendiri seperti memakan mainannya dan lain sebagainya.

Perkembangan Bayi Usian 11 Bulan Kemampuan Motoriknya

Pada sata ini bayi anda sudah mulai belajar dalam mengkelompokan mainan berdasarkan dengan tatanannya. Jadi demikian, bila anda memiliki mainan seperti balok yang disusun, bola yang disusun berdasarkan ukurannya maka mainan ini akan baik untuk si kecil. Mereka akan senang untuk menempatkan mianan tersebut sesuai dengan urutannya.

Selain itu, tidak ada salahnya ikut bermain bersama dengan buah hati anda agar mereka semakin menikmati permainan tersebut. Cobalah untuk memberikan mainan secara acak dan biarkan si kecil mengaturnya sesuai dengan keinginannya.

Pada masa ini bayi anda pun sudah mulai dapat menunjuk dengan lebih spesifik pada sebuah objek yang sedang diperhatikannya. Jika sebelumnya si kecil bisa meraupkan semua tangannya, kini ia mulai dapat mengacungkan salah satu jarinya untuk menunjuk benda yang dilihatnya.

Si kecil pun akan sangat suka mendorong mainannya begitu ia dapat merangkak. Kini ia pun mulai berputar dan menoleh ibunya ketika namanya dipanggil. Bukan hanya oleh orangtuanya, saat ia mendengar namanya dibicarakan oleh oranglain, perhatiannya akan mulai tertuju pada orang tersebut.

Demikianlah beberapa perkembangan bayi usia 11 bulan yang dapat disampaikan. Semoga artikel ini memberikan cukup informasi yang anda butuhkan. Simak Perkembangan Bayi Usia 10 Bulan

Perkembangan bayi usia 10 bulan cukup pesat dan menakjubkan. Bahkan beberapa bayi mampu melangkah untuk pertama kalinya seelum berusia 1 tahun.

Ya, perkembangan yang pesat yang dialami oleh si kecil dengan usia ini tentu akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi kedua orangtuanya. Setelah menanti kelahiran selama 9 bulan saat masa kehamilan dulu, akhirnya usia buah hati anda mengenal dunia kini telah berjalan selama 10 bulan dan ia pun semakin mengembangkan kemampuan baru yang cukup beragam dalam hidupnya.

Kini ia pun berubah dari seorang bayi baru lahir yang sebelumnya belum mampu melakukan apa-apa menjadi seorang anak yang dibekali dengan kemampuan luar biasa untuk melakukan banyak hal. Hal ini tentunya membuat ayah dan ibu bangga menjadi saksi setiap detik perkembangan si buah hati yang begitu menakjubkan.

Untuk itu, jangan pernah berhenti memberikan mereka dukungan dan stimulasi ya bun. Bantu si kecil agar tumbuh kembangnya berjalan dengan optimal. Bila perlu ajak pula pasangan menyisihkan lebih banyak waktu di akhir pekan untuk bisa bermain dan menghabiskan waktu berkualitas bersama dengan si buah hati. Hal ini pun bisa sekaligus dijadikan sebagai sarana membangun kedekatan emosional yang lebih besar bersama dengan si malaikat mungil anda.

Banyak perubahan yang menarik untuk terus diikuti, termasuk peruahan dari bayi berguling sampai dengan fase merangkak. Seiring dengan berjalannya waktu, si kecil kini sudah dapat mengontrol sendiri otot punggung dan bahunya sehingga hal ini membuatnya dapat duduk dengan tegak.

Perkembangan bayi usia 10 bulan

Selain itu, dengan menggunakan kekuatan otot dan lengannya, bayi anda pun sekarang sudah mulai terampil dalam menarik tubuhnya dari posisi berdiri, kemudian menurunkanya dengan cara berpegangan, baik pada ibunya atau pada perabotan rumah tangga yang ada disekitarnya.

Perkembangan kemampuan fisik ini beriringan dengan semakin membaiknya perkembangan emosional pada buah hati anda. Dengan demikian akan semakin menarik ketika anda melakukan interaksi dengannya.

Pada masa ini tentunya akan lebih mudah untuk anda membuat mereka tertawa dan gembira. Namun tentunya, si kecil pun akan lebih mudah menangis dan rewel saat ia merasakan ketidaknyamanan, seperti ditinggalkan oleh ibunya, popoknya yang basah dan lain sebagainya.

Nah, sebagai orangtua yang baik, tentunya perkembangan menakjubkan buah hati anda ini patut untuk selalu diikuti. Anda pun perlu memperhatikan dengan baik bagaimana pola perawatan dan pengasuhan yang baik pada waktu ini. Hal ini semata-mata dilakukan agar tumbuh kembang bayi anda dapat berjalan tanpa hambatan sebab masalah sedikit saja maka akan fatal akibatnya.

Perkembangan Bayi Usia 10 Bulan Kemampuan Motorik

Pada saat ini, bayi anda akan mulai dapat berdiri dan berjalan merambat sambil berpegangan pada perabotan rumah tangga yang kokoh. Hal ini dilakukannya sebagai media untuk menyangga berat badannya karena keseimbangan tubuhnya belum terbangun dengan sempurna. Nah, pada masa ini anda tentunya harus lebih waspada dan pastikan bila perabotan rumah tangga yang ada disekitar si kecil adalah benda yang aman.

Si kecil pun sudah mulai senang berkeliling dan mengeksplor area dirumah dengan jangkauan yang lebih luas. Biasanya ia akan merangkak kesana kemari untuk melihat sekelilingnya. Untuk itu, maka mungkin anda perlu membersihkan seisi ruangan rumah untuk berjaga-jaga jika ruangan tersebut dilalui si kecil saat merangkak. Selain itu, pastikan bila keamanan si buah hati tetap terjaga dengan baik.

Pada usia ini sebagian bayi bahkan sudah mulai mengembangkan kemampuannya untuk berjalan yakni dengan melangkahkan kakinya untuk pertama kalinya. Meski demikian, umumnya tidak sedikit anak yang mulai mengembangkan kemampuan berjalan sebelum usia 1 tahun akan lama untuknya mulai berjalan sesudahnya.

Bayi usia 10 bulan pun sudah mulai dapat diajarkan untuk bertepuk tangan sebab otot-otot tangannya sudah semakin kuat dan cekatan. Setelah bayi mempelajari hal ini mereka akan mulai menyadari bahwa kegiatan ini menyenangkan untuknya. Sehingga tidak heran bila anda akan sering menjumpai bayi anda menepuk-nepukan kedua tangannya.

Perkembangan Bayi Usia 10 Bulan Kemampuan Bicara

Usia 10 bulan pada bayi anda membuat mereka semakin mengembangkan kemampuan bicaranya dengan lebih baik. Bayi anda kini sudah semakin memahami perkataan-perkataan yang sering didengarnya. Bahkan pada saat anda berbicara pada mereka, si kecil akan berusaha belajar untuk merespon hal tersebut dengan kata-kata juga.

Untuk itu, maka biasakan untuk selalu mengajak mereka berbicara dan beriteraksi. Sebuah penelitian menunjukan anak-anak yang sering diajak berbicara sejak mereka lahir menunjukan perkembangan IQ yang lebih baik dibandingkan anak-anak sebayanya. Meski anak anda belum memahami dengan baik maksud dari perkataan anda, namun perlahan ia akan mulai menyerap hal tersebut dan belajar untuk melafalkannya.

Perkembangan Bayi Usia 10 Bulan Kemampuan Sosial

Pada perkembangan bayi usia 10 bulan ada cukup banyak hal yang membuat oranglain semakin senang berinteraksi dengannya. Hal ini dikarenakan pada usia ini si kecil sudah mulai mampu:

Menunjukan ketertarikannya pada suatu hal. Dengan demikian pada saat anda atau oranglain mengajak mereka bermain dan si kecil mendapati hal tersebut menyenangkan maka ia akan berusaha untuk berinteraksi dengan mereka. Sebaliknya, saat permainan tersebut dihentikan maka hal tersebut akan membuat si kecil menangis.

Kepekaan emosi pada si kecil semakin dikembangkan dengan baik. Hal ini membuat mereka tidak hanya mengungkakan emosinya dengan menangis dan tertawa saja. Namun si kecil pun akan mulai berteriak dan memukul-mukul untuk menarik perhatin orang lain.

Si kecil akan lebih senang untuk selalu disertai dengan orang-orang terdekatnya. Sebaliknya keberadaan orang asing yang ada didekatnya akan membuat mereka merasa tidak nyaman. Dengan begini bunda bisa mulai memperkenalkan si kecil pada teman atau kerabat agar interaksinya dengan oranglain bisa terjalin dengan lebih baik.

Bagaimana Memberikan Stimulasi Pada Anak Usia Ini?

Dalam rangka membantu si kecil mengembangkan kemampuan baru yang dipelajarinya, maka penting untuk orangtua agar selalu memberikan stimulasi yang baik untuk tubuhnya. Berikut ini adalah beberapa stimulasi yang dapat diberikan pada anak berusia 10 bulan.

Bayi anda sudah mulai dapat berdiri tanpa bantuan dari siapapun. Untuk menstimulasi si kecil agar mau berdiri sendiri, maka cobalah mengacungkan kedua tangan dihadapan si kecil. Hal ini akan berguna untuk menariknya supaya ia bisa berpegangan pada kedua tangan anda, berdiri serta melangkahkan kedua kakinya dengan perlahan.

Letakkan maiann kesukaannya pada tempat yang dapat dijangkaunya. Hal ini bertujuan untuk mendukung bayi agar mau merangkak dan mendukung mereka untuk menguasi kemampuan ini.

Hindari menggunakan sarana baby walker untuk membantu si kecil agar bisa cepa berjalan. Sarana ini masih menjadi kontroversi yang cukup besar hingga sampai saat ini. Penggunaan baby walker akan cenderung mencelakai buah hati anda.

Demikian beberapa hal yang dapat disampaikan dari perkembangan bayi usia 10 bulan. Semoga bermafaat dan memberikan cukup informasi yang anda cari. Simak perkembangan bayi sebelumnya di Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan

Perkembangan bayi usia 9 bulan sudah semakin dapat mengembangkan kemampuannya untuk memahami kata-kata anda dan berusaha untuk merespon hal ini dengan kata-kata juga. Jadi demikian bantu mereka dengan memberikan stimulasi untuk melancarkan pelafalan bicaranya.

Bayi seusia ini akan senang mengacak-acak peralatan untuk mencari mainan dan mengeksplorasinya. Tak heran bila saat anda menempatkan si kecil ditengah rumah dan mendekatkan mainan dihadapannya maka si kecil akan mulai mendekat dan mencari-cari mainan yang diinginkannya. Pada saat ini bayi anda pun bisa sangat fokus sebelum mainan yang ia inginkan ditemukannya.

Akan tetapi meski melihat bayi anda tenang dan anteng dengan peralatan mainan yang anda suguhkan, bukan berarti anda bisa melepaskan tanggung jawab anda dan meninggalkan si kecil seorang diri untuk melakukan pekerjaan yang lain. Usia 8 bulan pada buah hati anda membuat mereka terlalu kecil untuk ditinggal bepergian, meski hanya beranjak ke dapur. Sehingga masalah dan bahaya akan lebih besar resikonya terjadi dengan si kecil.

Jika anda membutuhkan peralatan atau perlengkapan lain pada saat anda menjaga si kecil maka sebaiknya mintalah bantuan oranglain untuk mengambilkan barang tersebut untuk anda. Atau anda bisa meminta bantuan orang dewasa untuk mengawasi si kecil sementara anda pergi ke kamar mandi atau ke dapur untuk mengambil peralatan yang anda butuhkan.

Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan

Meninggalkan si kecil seorang diri meski ditempat yang aman akan beresiko besar sebab kita tidak pernah tahu kapan dan dimana masalah akan menyerang. Bila kita jeli dan waspada maka bukan tidak mungkin anda memberikan bahaya untuk buah hati anda tercinta.

Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan Secara Keseluruhan

Nah, berbicara mengenai perkembangan bayi usia 9 bula ini ada begitu banyak hal yang terjadi pada buah hati anda. Dimana sebagian besar dari perkembangan tersebut adalah hal menakjubkan yang sayang untuk dilewatkan. Selain kemampuannya yang semakin dikembangkan dalam hal makan yang sudah mulai dapat dilakukannya sendiri, kini berat tubuh bayi pun mulai berkembang dengan lebih pesat.

Nah, bila anda bertanya-tanya tentang berat tubuh si kecil pada usia ini maka untuk bayi perempuan berat tubuhnya bisa mencapai 6,6-10,4 kg dengan panjang tuubh sekitar 65-75 cm. Sementara untuk bayi laki-laki maka berat tuubhnya kini sudah mencapai 7,2-10,9 kg dengan panjang tubuh sekitar 67,7-76,2 cm.

Seiring dengan kesadarannya yang berkembang, ia pun akan bereaksi ketika berada pada situasi tertentu yang sebelunya tidak menjadi masalah untuk buah hati anda. Misalkan seperti lampu kamar yang dimatikan atau menangis ketika anda beranjak pergi darinya. Hal ini dikarenakan kepekaan pada buah hati anda usia ini sudah semakin dikembangkan dengan lebih baik.

Sementara itu, kabar baik dari perkembangan bayi usia 9 bulan adalah saat ini bayi anda tidak menangis dalam waktu yang lama sebab perhatiannya sudah dapat dialihkan pada hal yang lain.

Perkembangan BayI Usia 9 Bulan Pekrembangan Motorik

Secara umum bayi berusia ini akan membutuhkan ruang yang lebih luas dan aman untuknya dapat bergerak. Sebab pada masa ini pergerakan yang cukup siginfikan mulai dikembangkan dengan lebih baik dan membuat bayi mulai menguasai beberapa hal tersebut, seperti berdiri, merangkak, duduk dan menjelajahi sekitarnya. Selain beberapa hal diatas, ayi anda pun sudah mulai dapat melakukan beberapa hal dibawah ini:

Ia mulai dapat mengeluarkan benda dari dalam kotak mainannya seorang diri. Kini buah hati anda akan mulai senang memindahkan mainan aneka warnanya dari satu tempat lainnya. Untuk membantu stimulasi kegiatan ini, maka tidak ada salahnya ikut bermain bersama dengan buah hati anda dan menyusun mainan berdasarkan urutannya agar si kecil pun mulai bisa mengklasifikasikan benda berdasarkan tatanannya.

  • Pada usia ini bayi akan mulai belajar berdiri dengan berpegangan, baik pada anda maupun pada benda yang ada disekitarnya. Ia akan menekuk lututnya saat ia ingin duduk. Untuk itu, pastikan bila peralatan yang ada disekitar si kecil adalah benda yang aman.
  • Bayi anda pun sudah mampu merangkak dengan sangat aktif. Untuk itu, pastikan ada ruang yang cukup luas untuknya.
  • Kini ia pun sudah mulai mampu menunjuk benda yang diperhatikannya.
  • Bahkan kini buah hati anda pun sudah mulai dapat memegang benda dengan satu tangan lain dan merangkak dengan kedua lututnya menggunakan tumpuan tangannya yang sedang tidak menggenggam.
  • Si kecil pun akan mulai mencoba meraih berbagai benda dan memperhatikan cara kerja dari satu benda ke benda lainya dengan perlahan. Seperti memperhatikan cara memegang sisir dan mengarahkan gerigi sisir pada rambut dan lain sebagainya.
  • Buah hati anda usia ini pun sudah mulai dapat mengangkat sesuatu dengan menggunakan telunjuk dan ibu jarinya.
  • Ia pun semakin mahir memasukan berbagai hal kedalam mulutnya.

Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan Kemampuan Berbicara

Bayi anda kini sudah dapat memahami kata-kata yang disampaikan padanya dan ia pun sudah mulai berusaha untuk mereponnya dengan kata-kata. Misalkan ketika anda bertanya “Suara apa itu?”, maka jangan heran bila si kecil akan menunjuk burung peliharaan anda yang bersiul atau suara derng telepon berbunyi.

Anda mungkin akan terkejut melihat perkembangan pesat pada bayi anda ini. Untuk itu, terus bantu perkembangan ini dengan memberika stimulasi yang mendukung perkembangannya menjadi lebih baik.

Disisi lain bayi anda pun sudah mulai memahami larangan meskipun tetap melanggarnya. Meski usianya baru 9 bulan, namun buah hati anda sudah dapat menerapkan peraturan sederhana, seperti membiasakan cuci tangan sebelum tidur atau tidak membanting mainan yang diberikan padanya.

Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan Kemampuan Sosial

Selain memahami perkataan orang lain yang diberikan padanya, ada pula beberapa perkembangan lain yang tak kalah menakjubkan yang terjadi pada bayi berusia 9 bulan, diantaranya adalah:

Pada usia ini bayi anda berada dalam titik puncak rasa ketidaknyamanan saat mereka berada jauh dari orangtua dan orang-orang terdekatnya. Hal ini mungkin menjadi waktu yang cukup merepotkan untuk anda para orangtua yang terpaksa meninggalkan buah hatinya. Akan tetapi, untuk mengatasi hal ini maka alihkan perhatian si buah hati dengan hal-hal yang membuatnya lebih tenang seperti memberikan buku gambar, memberikan boneka atau mainan kesukaannya dan banyak hal lainnya.

Bayi usia ini mungkin akan lebih senang saat mereka menjadi pusat perhatian. Untuk itu, tidak ada salahnya mulai membawa si buah hati mengunjungi keluarga besar dan sanak saudara lainnya. Bayi usia ini pun akan cenderung senang tertawa atau melakukan banyak hal yang akan mengundang perhatian orang lain.

Bahkan pada saat makan, si kecil pun akan cenderung senang membagi-bagikan makanannya. Hal ini tentu saja akan mengundang decak kagum sekaligus tawa dari orang sekitar yang melihatnya.

Demikian beberapa hal yang dapat disimak dari perkembangan bayi usia 9 bulan. Semoga artikel ini memberikan cukup informasi untuk anda. Simak perkembangan bayi sebelumnya di Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan

Perkembangan bayi usia 8 bulan telah membuat bayi mampu diperkenalkan pada finger food. Anda juga bisa membiarkan mereka makan sendiri dengan memilih jenis makanan yang bisa dimasukkan dalam mulutnya dengan mudah.

Untuk seorang ibu setiap tahapan tumbuh kembang buah hatinya adalah hal yang menakjubkan dan merupakan momen yang tidak akan pernah dilewatkan begitu saja. Betapa tidak, momen berharga perkembangan bayi anda tentu tidak terjadi secara berulang-ulang. Belum lagi perkembangan si kecil tentu akan berbeda-beda dari waktu ke waktunya.

Anda tentu tidak ingin melewatkan momen berharga. Dimana anda melihat bayi anda tiba-tiba sudah besar tanpa anda saksikan setiap detik perkembangan dalam hidupnya. Untuk itulah, penting sekali memperhatikan setiap hal yang terjadi dengan buah hati anda, termasuk perkembangan usia 8 bulannya saat ini.

Tumbuh kembang seorang anak merupakan periode yang penting dalam kehidupannya. Yang mana dengan demikianlah orangtua perlu selalu memberikan pengawasan dan perhatiannya dengan lebih besar. Dengan lebih banyak meluangkan momen bersama buah hati pada masa ini. Ini sama artinya dengan anda membangun hubungan emosional dengan si buah hati dengan lebih baik.

Pada waktu ini, anda pun dapat lebih leluasa dalam mengamati apabila timbul masalah yang berkaitan dengan tumbuh kembangnya. Dengan begini maka penanganan yang lebih dini terhadap apa yang tidak ada harapkan bisa segera dilakukan.

Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan

Bukan hanya itu, periode pertumbuhan dan perkembangan pada bayi berusia 8 bulan ini masih menjadi perkembangan yang cukup menarik untuk diikuti. Dalam tahapan ini, orangtua akan banyak dikejutkan dan dibuat kagum dengan perkembangan dan progres menakjubkan yang dicapai oleh si kecil. Hal ini tentu menjadi bagia dari bentuk tumbuh kembangnya yang baik.

Hanya saja, sebelum mengetahui lebih dalam mengenai perkembangan bayi usia 8 bulan secara umum. Orangtua perlu memahami bahwa tidak semua bayi mengalmai perkembangan yang serupa. Bayi teman anda atau kakak anda mungkin memiliki perkembangan yang sama dan hampir mirip dengan perkembangan bayi secara umum. Sementara bayi anda mungkin mengembangkan proses ini lebih lambat atau sebaliknya. Hal ini adalah hal yang wajar , selama bayi anda terlihat aktif dan baik-baik saja maka bayi anda masih dalam kondisi yang sehat.

Waktu terasa cepat berlalu, rasanya seperti baru kemarin ayah dan bunda merencanakan kehamilan si buah hati. Mulai dari mendapatkan kabar gembira kehamilan sang isteri, merasakan sulit dan mengganggunya menghadapi gangguan kehamilan sampai dengan dihadapkan pada proses persalinan yang cukup menegangkan.

Namun akhirnya, puji serta syukur yang besar harus senantiasa dipanjatkan pada Tuhan sebab saat ini perjuangan panjang anda dan waktu yang cukup lama menantikan kelahiran si buah hati telah dibayar lunas, tatkala anda mendapati kelahiran buah hati sehat dan sempurna. Saat ini bahkan anda sudah menjadi saksi perkembangan buah hati anda hingga memasuki usia 8 bulan.

Mulai dari menjaga si kecil yang baru lahir, memperkenalkan si kecil pada anggota keluarga anda, menyuapinya untuk pertama kali sampai dengan saat ini kemampuannya semakin dikembangkan dengan pesat.

Pada usia 8 bulan bayi anda sudah dapat duduk sendiri tanpa harus dibantu atau ditopang oleh ibunya. Sebagian bayi lain mungkin masih merangkak dan masih dalam tahapan belajar untuk dapat berjalan dengan baik. Namun tak perlu khawatir sebab tidak semua bayi dapat mengembangkan kemampuan motorik ini dengan bersamaan.

Bayi anda mungkin telah lebih dulu mampu berbicara namun kemampuan berjalannya masih lambat dibandingkan bayi lain. Selama si kecil terlihat sehat dan aktif maka hal ini akan normal untuknya.

Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan Secara Keseluruhan

Pada usia ini bayi anda tengah mengembangkan kemampuan belajar untuk berpindah tempat guna mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Dengan demikian anda harus mampu memfasilitasi kebutuhan si kecil yang mulai senang hilr mudik kesana kemari.

Sediakanlah lingkungan rumah dan tempat bermain yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Selain itu memastikan kondisi lantai rumah untuk tetap bersih adalah hal penting untuk diperhatikan. Kondisi lantai yang bebas dari kuman tentu akan menjadi sarana bermain yang aman dan nyaman untuknya.

Pastikan pula agar si kakak dan anggota keluarga lain tidak membawa serta makanan yang belum boleh dikonsumsi oleh si kecil. Sebab remah-remah dari makanan tersebut bisa mungkin dipungutnya dan dimasukkan dalam mulutnya. Bila makanan tersebut adalah makanan yang berbahaya seperti makanan pedas maka mungkin hal ini akan membuat si kecil menangis tak kuat menahan pedas.

Sementara itu bila anda mempertanyakan mengenai perkembangan berat dan panjang tubuh diusia ini yang umum, maka pada perkembangan bayi usia 8 bulan ini beratnya sudah sekitar 7-10,5 kg dengan panjang 66,5-75 cm untuk bayi laki-laki. Sementara untuk perempuan ukurannya berat tubuhnya sekitar 6-10 kg dengan panjang 64-73 cm.

Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan Kemampuan Motorik

Bayi berusia 8 bulan mulai bergerak dan merangkak ke depan atau ke belakang atau ia pun kini mulai dapat menggerakan bokongnya. Pada tahapan awal ini, bayi anda bisa saja mulai dapat merangkak dengan menggerakan tangan serta menggeser tubuhnya dengan perlahan, kemudian diikuti dengan menggunakan lututnya.

Semua pergerakan ini dilakukan guna melatih dan menguatkan otot-ototnya sebagai fondasinya untuk dapat berjalan nanti. Sementara itu, kemampuan lain yang mulai dipelajari buah hati anda pada usia 8 bulan diantaranya adalah:

  • Kini ia semakin aktif untuk menggerakan mainan dengan berbagai caranya, seperti mengocok, meremas, menjatuhkannya, memukul dan bahkan membantingnya. Bayi anda tidak bermaksud merusak apa yang dipegangnya atau marah dengan melakukan hal ini.
  • Bayi anda pada usia ini pun sudah mulai dapat menyantap finger food atau makanan yang bisa digenggamnya.
  • Bahan makanan ini umumnya adalah makanan yang dipotong kecil-kecil yang memungkinkan si buah hati dapat menyomotnya sendiri.
  • Guna membantu si kecil mengembangkan kemampuan ini, maka mulailah memberikan si kecil finger food dan menerapkan metode Baby Led Weaning yakni sebuah metode yang memungkinkan si bayi makan sendiri.
  • Bayi anda pun sudah belajar untuk duduk dengan menekuk lututnya setelah ia berdiri. Anda bisa membantu si kecil dengan memegang tangannya dan memilihkan area yang aman untuknya bisa duduk.
  • Anda pun sudah dapat membantu si kecil belajar berjalan dengan memegang kedua tangannya dengan hati-hati.
  • Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan Kemampuan Berkomunikasi
  • Bayi berusia ini sudah mulai dapat merespon kata-kata yang sering didengarnya. Pada usia ini, bisa jadi buah hati anda sudah mampu mengucapkan sebuah kata dengan tepat yang ditujukannya untuk memanggil seseorang atau sesuatu hal yang diinginkannya, seperti mengatakan “ma-ma” atau “pa-pa”.
  • Dengan demikian bantulah si kecil mengembangkan kemampuan ini dengan lebih baik dengan memberikan stimulasi berbicara pada bayi. Meski ia belum memahami betul apa yang anda sampaikan namun hal ini akan terus dipelajari bayi dengan perlahan.

Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan Kemampuan Sosial

  • Bayi berusi 8 bulan sudah mampu menirukan banyak hal yang dilakukan oleh orang dewasa, seperti menyanyi, berbicara di telpon atau menyisir rambut.
  • Bukan hanya itu, pada usia ini si kecil umumnya akan lebih senang bermain culuk-ba dan melakukan segala hal yang membuatnya mengenali hal yang baru.
  • Hanya saja, dalam hal disiplin bayi anda masih belum mampu memahami hal ini dan mengikuti peraturan. Namun anda dapat mulai memperkenalkannya dengan perlahan.

Itulah dia beberapa hal yang dapat disampaikan dari perkembangan bayi usia 8 bulan, semoga bermanfaat dan memberikan cukup informasi yang anda butuhkan. Simak artikel Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan