Home » Perkembangan Bayi » Perkembangan Bayi Tiap Bulan » Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan

Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan

Perkembangan bayi usia 9 bulan sudah semakin dapat mengembangkan kemampuannya untuk memahami kata-kata anda dan berusaha untuk merespon hal ini dengan kata-kata juga. Jadi demikian bantu mereka dengan memberikan stimulasi untuk melancarkan pelafalan bicaranya.

Bayi seusia ini akan senang mengacak-acak peralatan untuk mencari mainan dan mengeksplorasinya. Tak heran bila saat anda menempatkan si kecil ditengah rumah dan mendekatkan mainan dihadapannya maka si kecil akan mulai mendekat dan mencari-cari mainan yang diinginkannya. Pada saat ini bayi anda pun bisa sangat fokus sebelum mainan yang ia inginkan ditemukannya.

Akan tetapi meski melihat bayi anda tenang dan anteng dengan peralatan mainan yang anda suguhkan, bukan berarti anda bisa melepaskan tanggung jawab anda dan meninggalkan si kecil seorang diri untuk melakukan pekerjaan yang lain. Usia 8 bulan pada buah hati anda membuat mereka terlalu kecil untuk ditinggal bepergian, meski hanya beranjak ke dapur. Sehingga masalah dan bahaya akan lebih besar resikonya terjadi dengan si kecil.

Jika anda membutuhkan peralatan atau perlengkapan lain pada saat anda menjaga si kecil maka sebaiknya mintalah bantuan oranglain untuk mengambilkan barang tersebut untuk anda. Atau anda bisa meminta bantuan orang dewasa untuk mengawasi si kecil sementara anda pergi ke kamar mandi atau ke dapur untuk mengambil peralatan yang anda butuhkan.

Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan

Meninggalkan si kecil seorang diri meski ditempat yang aman akan beresiko besar sebab kita tidak pernah tahu kapan dan dimana masalah akan menyerang. Bila kita jeli dan waspada maka bukan tidak mungkin anda memberikan bahaya untuk buah hati anda tercinta.

Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan Secara Keseluruhan

Nah, berbicara mengenai perkembangan bayi usia 9 bula ini ada begitu banyak hal yang terjadi pada buah hati anda. Dimana sebagian besar dari perkembangan tersebut adalah hal menakjubkan yang sayang untuk dilewatkan. Selain kemampuannya yang semakin dikembangkan dalam hal makan yang sudah mulai dapat dilakukannya sendiri, kini berat tubuh bayi pun mulai berkembang dengan lebih pesat.

Nah, bila anda bertanya-tanya tentang berat tubuh si kecil pada usia ini maka untuk bayi perempuan berat tubuhnya bisa mencapai 6,6-10,4 kg dengan panjang tuubh sekitar 65-75 cm. Sementara untuk bayi laki-laki maka berat tuubhnya kini sudah mencapai 7,2-10,9 kg dengan panjang tubuh sekitar 67,7-76,2 cm.

Seiring dengan kesadarannya yang berkembang, ia pun akan bereaksi ketika berada pada situasi tertentu yang sebelunya tidak menjadi masalah untuk buah hati anda. Misalkan seperti lampu kamar yang dimatikan atau menangis ketika anda beranjak pergi darinya. Hal ini dikarenakan kepekaan pada buah hati anda usia ini sudah semakin dikembangkan dengan lebih baik.

Sementara itu, kabar baik dari perkembangan bayi usia 9 bulan adalah saat ini bayi anda tidak menangis dalam waktu yang lama sebab perhatiannya sudah dapat dialihkan pada hal yang lain.

Perkembangan BayI Usia 9 Bulan Pekrembangan Motorik

Secara umum bayi berusia ini akan membutuhkan ruang yang lebih luas dan aman untuknya dapat bergerak. Sebab pada masa ini pergerakan yang cukup siginfikan mulai dikembangkan dengan lebih baik dan membuat bayi mulai menguasai beberapa hal tersebut, seperti berdiri, merangkak, duduk dan menjelajahi sekitarnya. Selain beberapa hal diatas, ayi anda pun sudah mulai dapat melakukan beberapa hal dibawah ini:

Ia mulai dapat mengeluarkan benda dari dalam kotak mainannya seorang diri. Kini buah hati anda akan mulai senang memindahkan mainan aneka warnanya dari satu tempat lainnya. Untuk membantu stimulasi kegiatan ini, maka tidak ada salahnya ikut bermain bersama dengan buah hati anda dan menyusun mainan berdasarkan urutannya agar si kecil pun mulai bisa mengklasifikasikan benda berdasarkan tatanannya.

  • Pada usia ini bayi akan mulai belajar berdiri dengan berpegangan, baik pada anda maupun pada benda yang ada disekitarnya. Ia akan menekuk lututnya saat ia ingin duduk. Untuk itu, pastikan bila peralatan yang ada disekitar si kecil adalah benda yang aman.
  • Bayi anda pun sudah mampu merangkak dengan sangat aktif. Untuk itu, pastikan ada ruang yang cukup luas untuknya.
  • Kini ia pun sudah mulai mampu menunjuk benda yang diperhatikannya.
  • Bahkan kini buah hati anda pun sudah mulai dapat memegang benda dengan satu tangan lain dan merangkak dengan kedua lututnya menggunakan tumpuan tangannya yang sedang tidak menggenggam.
  • Si kecil pun akan mulai mencoba meraih berbagai benda dan memperhatikan cara kerja dari satu benda ke benda lainya dengan perlahan. Seperti memperhatikan cara memegang sisir dan mengarahkan gerigi sisir pada rambut dan lain sebagainya.
  • Buah hati anda usia ini pun sudah mulai dapat mengangkat sesuatu dengan menggunakan telunjuk dan ibu jarinya.
  • Ia pun semakin mahir memasukan berbagai hal kedalam mulutnya.

Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan Kemampuan Berbicara

Bayi anda kini sudah dapat memahami kata-kata yang disampaikan padanya dan ia pun sudah mulai berusaha untuk mereponnya dengan kata-kata. Misalkan ketika anda bertanya “Suara apa itu?”, maka jangan heran bila si kecil akan menunjuk burung peliharaan anda yang bersiul atau suara derng telepon berbunyi.

Anda mungkin akan terkejut melihat perkembangan pesat pada bayi anda ini. Untuk itu, terus bantu perkembangan ini dengan memberika stimulasi yang mendukung perkembangannya menjadi lebih baik.

Disisi lain bayi anda pun sudah mulai memahami larangan meskipun tetap melanggarnya. Meski usianya baru 9 bulan, namun buah hati anda sudah dapat menerapkan peraturan sederhana, seperti membiasakan cuci tangan sebelum tidur atau tidak membanting mainan yang diberikan padanya.

Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan Kemampuan Sosial

Selain memahami perkataan orang lain yang diberikan padanya, ada pula beberapa perkembangan lain yang tak kalah menakjubkan yang terjadi pada bayi berusia 9 bulan, diantaranya adalah:

Pada usia ini bayi anda berada dalam titik puncak rasa ketidaknyamanan saat mereka berada jauh dari orangtua dan orang-orang terdekatnya. Hal ini mungkin menjadi waktu yang cukup merepotkan untuk anda para orangtua yang terpaksa meninggalkan buah hatinya. Akan tetapi, untuk mengatasi hal ini maka alihkan perhatian si buah hati dengan hal-hal yang membuatnya lebih tenang seperti memberikan buku gambar, memberikan boneka atau mainan kesukaannya dan banyak hal lainnya.

Bayi usia ini mungkin akan lebih senang saat mereka menjadi pusat perhatian. Untuk itu, tidak ada salahnya mulai membawa si buah hati mengunjungi keluarga besar dan sanak saudara lainnya. Bayi usia ini pun akan cenderung senang tertawa atau melakukan banyak hal yang akan mengundang perhatian orang lain.

Bahkan pada saat makan, si kecil pun akan cenderung senang membagi-bagikan makanannya. Hal ini tentu saja akan mengundang decak kagum sekaligus tawa dari orang sekitar yang melihatnya.

Demikian beberapa hal yang dapat disimak dari perkembangan bayi usia 9 bulan. Semoga artikel ini memberikan cukup informasi untuk anda. Simak perkembangan bayi sebelumnya di Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan