Home » Perkembangan Bayi » Perkembangan Bayi Tiap Minggu » Perkembangan Bayi Usia 8 Minggu

Perkembangan Bayi Usia 8 Minggu

Perkembangan bayi usia 8 minggu membuat si kecil sudah mampu mengembangkan kepekaan emosionalnya. Hal ini dibuktikan dengan pada saat si kecil mendengar oranglain menangis maka ia pun akan mungkin ikut menangis.

Mengetahui perkembangan bayi usia 8 minggu adalah salah satu hal yang amat penting diketahui oleh para orangtua. Fungsi dari hal ini tentu saja guna memantau tumbuh kembang si buah hati sejak ia dilahirkan ke dunia.
Perkembangan si buah hati pada minggu-minggu awal setelah ia dilahirkan dari rahim seorang ibu adalah masa yang amat penting dan menarik untuk terus diikuti. Apa yang dilakukan oleh orangtua terhadap si kecil pada usia ini akan sangat mempenggaruhi perkembangannya. Hal ini dikarenakan bayi berusia 8 minggu secara umum sudah membuat si kecil mulai mengenali suara-suara yang ada disekelilingnya.

Untuk itulah, penting sekali untuk ibu dan orang-orang terdekat si bayi agar dapat memberikan stimulasi yang baik. Biarkan buah hati anda mengenali suara anda, pasangan, kakek, nenek atau bila ia sudah memiliki kakak maka perkenalkan ia dengan suara hangat dari kakaknya.

Dengan begini maka perlahan si kecil akan mulai dapat mengembangkan ikatan emosional bersama dengan orang-orang terdekatnya dengan lebih baik. Dengan mengetahui perkembangan bayi usia 8 minggu maka akan lebih mudah untuk ibu menentukan stimulasi apa yang baik anda berikan pada mereka. Ini berarti sama artinya ibu menjaga dan mendukung tumbuh kembang si buah hati agar dapat berjalan dengan baik.

Lalu seperti apa sih perkembangan bayi usia 8 minggu? Dan hal apa saja yang terjadi dengan tubuhnya? Yuk, simak dibawah ini.

Perkembangan Bayi Usia 8 Minggu

Perkembangan Bayi Usia 8 Minggu

Pada usia ini, otak dan pendengaran si kecil semakin dikembangkan dengan lebih baik sehingga ia sudah mulai dapat menikmati aslunan musik yang diperdengarkan. Sementara itu, sejak usia sekitar 6 minggu, si kecil sudah mulai dapat merespon alunan musik dengan bersuara atau menendang-nendang kakinya dengan bersemangat.

Meski demikian, ia pun akan membutuhkan waktu yang tenang, sehinggga hindari memberikan si kecil musik dalam wajtu yang panjang. Ia pun akan membutuhkan istirahat tanpa terus-terusan diiringi dengan musik apalagi musik yang cukup ceria. Sebaliknya, berikanlah musik yang tenang pada saat si kecil mulai terlihat mengantuk.

Usia perkembangan bayi 8 minggu pun membuat bayi anda sudah mulai dapat mengidentifikasi suara yang datang dari lingkungan sekitarnya. Namun memang tidak semua bayi akrab dengan orang-orang sekitarnya. Biasanya ibu adalah salah satu orang yang akan lebih mudah dikenali oleh anaknya. Hal ini terutama akan lebih terlihat bila anda adalah orang yang mengurus dan selalu bersama si kecil setiap waktunya.

Nah, dalam waktu genap 2 bulan biasanya gerakan kepala si kecil dan tubuhnya sudah mulai lebih aktif dan bervariatif. Akan tetapi untuk para ibu, anda masih harus tetap memberikan perlindungan ekstra pada buah hati anda dengan membantu menopang tubuh si kecil dengan lebih baik guna menghindari bahaya.

Apabila anda mengabadikan momen perkembangan bayi sejak ia dilahirkan sampai usia 8 minggunya ini, maka akan sangat menyenangkan dan mengharukan sekali tentunya. Sedikit demi sedikit buah hati yang selama ini telah anda impikan telah tumbuh menjadi seorang bayi mungil yang sedang berkembang.

Apabila anda mulai mengajaknya bercanda dan mengobrol maka anda akan mulai melihat ketertarikan si kecil dalam merespon apa yang anda lakukan. Hal ini tentu akan semakin membuat anda tertarik untuk bermain bersama si kecil. Sehingga demikian tidak ada salahnya, mulai mengajak si kecil ke rumah orangtua anda atau memperkenalkan ia pada anggota keluarga besar anda. Bila memungkinkan undang anggota keluarga anda ke rumah untuk sekedar melihat perkembangan si kecil. Hal ini tentu akan menjadi hal yang menyenangkan terutama untuk kakek dan neneknya.

Perkembangan Kemampuan Motorik

Pada usia ini si kecil sudah mulai dapat menggenggam benda-benda yang ada disekitar dengan kuat. Untuk itu, hindarkan benda-benda tajam yang berbahaya yang akan mungkin dijangkau oleh si buah hati. Perhatikan pula agar anda tidak meletakan perabotan rumah tangga yang berat diatas lemari atau tempat yang akan memungkinkan benda tersebut jatuh. Sebab seiring dengan pertumbuhan si kecil, maka kemampuan eksplorasinya akan semakin hebat. Menempatkan peralatan berbahaya akan membuat keselamatan buah hati anda dipertaruhkan.

Selain beberapa hal tersebut, berikut ini adalah perkembangan motorik lain yang terjadi dengan si kecil usia 8 minggu:

  • Pada usia 8 minggu, leher si kecil semakin kuat. Ia pun akan dapat menegakkan kepalanya hingga 45 derajat dengan ditopang menggunakan tangannya. Gerakan ini akan terlihat seprti si kecil sedang melakukan gerakan olahraga push-up saat ia barbaring tengkurap.
  • Usia ini pun membuat si kecil mulai dapat bermain dengan ibu jarinya. Bahkan untuk menghibur dirinya ia bisa memasukan jarinya kedalam mulutnya.
  • Genggaman tangan pada si kecil pun kini sudah bisa dibuka dan ditutup dengan lebih teratur.
  • Pada akhir minggu ini, bayi anda akan mulai dapat meraih sesuatu yang diinginkannya.

Kemampuan Berbicara

Pada saat ini si kecil mulai dapat berceloteh dan membuat suara-suara bayi. Ia pun semakin mahir membuat ekpresi wajah dan mulai dapat merubah-rubahnya sesuai dengan apa yang ia rasakan. Misalkan menaikan alis saat ia kesal, meniup atau matanya yang mulai melotot saat ia berusaha memberitahu anda atas ketidaknyamanan yang tengah dirasakannya.

Untuk itu, maka segeralah penuhi kebutuhan buah hati anda agar suasana hatinya menjadi lebih baik dan ia tidak lagi rewel. Umumnya bayi yang rewel seringkali menunjukan si kecil merasa tidak nyaman akibat popok yang basah atau perasaan lapar juga ngantuk.

Kemampuan Sosial Bayi

Pada saat ini bayi anda sudah mulai dapat berinteraksi dengan memberikan senyuman pertamanya. Dengan membalas senyumannya, ia akan menyadari bahwa tindakan tersebut dapat dilakukan sebagai respon. Selain beberapa hal tersebut, berikut ini adalah kemampuan sosial yang mulai dikembangkan oleh si buah hati:

  • Bayi anda akan mungkin mulai dapat menirukan ekpresi anda atau orang-orang sekitarnya.
  • Kini si kecil pun menjadi lebih peka terhadap emosi orang lain. Misalkan ia akan menangis saat mendengar oranglain menangis.
  • Bayi anda pun sudah mulai dapat mengenali seseorang dari jarak tertentu. Terutama jarak yang dekat.
  • Pada akhir minggu ini kemampuan pendengaran si kecil akan berkembang dengan lebih baik. Ia pun semakin mampu mendengarkan bunyi-bunyian, termasuk suara burung, TV dan masih banyak lagi.

Untuk itu bantu stimulasi kemampuan ini dengan lebih baik, seperti selalu mengajak si kecil mengobrol, bertanya padanya dan melakukan banyak hal. Meski ia masih belum mampu memahami apa yang anda sampaikan, namun dengan perlahan ia akan belajar bagaimana mengembangkan kemampuan berbicara dan berkomunikasi dengan orang lain.

Demikian beberapa hal yang dapat disampaikan dari perkembangan bayi usia 8 minggu. Simak perkembangan sebelumnya pada artikel Perkembangan Bayi Usia 7 Minggu