Home » Perkembangan Bayi » Perkembangan Bayi Tiap Bulan » Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan

Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan

Perkembangan bayi usia 8 bulan telah membuat bayi mampu diperkenalkan pada finger food. Anda juga bisa membiarkan mereka makan sendiri dengan memilih jenis makanan yang bisa dimasukkan dalam mulutnya dengan mudah.

Untuk seorang ibu setiap tahapan tumbuh kembang buah hatinya adalah hal yang menakjubkan dan merupakan momen yang tidak akan pernah dilewatkan begitu saja. Betapa tidak, momen berharga perkembangan bayi anda tentu tidak terjadi secara berulang-ulang. Belum lagi perkembangan si kecil tentu akan berbeda-beda dari waktu ke waktunya.

Anda tentu tidak ingin melewatkan momen berharga. Dimana anda melihat bayi anda tiba-tiba sudah besar tanpa anda saksikan setiap detik perkembangan dalam hidupnya. Untuk itulah, penting sekali memperhatikan setiap hal yang terjadi dengan buah hati anda, termasuk perkembangan usia 8 bulannya saat ini.

Tumbuh kembang seorang anak merupakan periode yang penting dalam kehidupannya. Yang mana dengan demikianlah orangtua perlu selalu memberikan pengawasan dan perhatiannya dengan lebih besar. Dengan lebih banyak meluangkan momen bersama buah hati pada masa ini. Ini sama artinya dengan anda membangun hubungan emosional dengan si buah hati dengan lebih baik.

Pada waktu ini, anda pun dapat lebih leluasa dalam mengamati apabila timbul masalah yang berkaitan dengan tumbuh kembangnya. Dengan begini maka penanganan yang lebih dini terhadap apa yang tidak ada harapkan bisa segera dilakukan.

Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan

Bukan hanya itu, periode pertumbuhan dan perkembangan pada bayi berusia 8 bulan ini masih menjadi perkembangan yang cukup menarik untuk diikuti. Dalam tahapan ini, orangtua akan banyak dikejutkan dan dibuat kagum dengan perkembangan dan progres menakjubkan yang dicapai oleh si kecil. Hal ini tentu menjadi bagia dari bentuk tumbuh kembangnya yang baik.

Hanya saja, sebelum mengetahui lebih dalam mengenai perkembangan bayi usia 8 bulan secara umum. Orangtua perlu memahami bahwa tidak semua bayi mengalmai perkembangan yang serupa. Bayi teman anda atau kakak anda mungkin memiliki perkembangan yang sama dan hampir mirip dengan perkembangan bayi secara umum. Sementara bayi anda mungkin mengembangkan proses ini lebih lambat atau sebaliknya. Hal ini adalah hal yang wajar , selama bayi anda terlihat aktif dan baik-baik saja maka bayi anda masih dalam kondisi yang sehat.

Waktu terasa cepat berlalu, rasanya seperti baru kemarin ayah dan bunda merencanakan kehamilan si buah hati. Mulai dari mendapatkan kabar gembira kehamilan sang isteri, merasakan sulit dan mengganggunya menghadapi gangguan kehamilan sampai dengan dihadapkan pada proses persalinan yang cukup menegangkan.

Namun akhirnya, puji serta syukur yang besar harus senantiasa dipanjatkan pada Tuhan sebab saat ini perjuangan panjang anda dan waktu yang cukup lama menantikan kelahiran si buah hati telah dibayar lunas, tatkala anda mendapati kelahiran buah hati sehat dan sempurna. Saat ini bahkan anda sudah menjadi saksi perkembangan buah hati anda hingga memasuki usia 8 bulan.

Mulai dari menjaga si kecil yang baru lahir, memperkenalkan si kecil pada anggota keluarga anda, menyuapinya untuk pertama kali sampai dengan saat ini kemampuannya semakin dikembangkan dengan pesat.

Pada usia 8 bulan bayi anda sudah dapat duduk sendiri tanpa harus dibantu atau ditopang oleh ibunya. Sebagian bayi lain mungkin masih merangkak dan masih dalam tahapan belajar untuk dapat berjalan dengan baik. Namun tak perlu khawatir sebab tidak semua bayi dapat mengembangkan kemampuan motorik ini dengan bersamaan.

Bayi anda mungkin telah lebih dulu mampu berbicara namun kemampuan berjalannya masih lambat dibandingkan bayi lain. Selama si kecil terlihat sehat dan aktif maka hal ini akan normal untuknya.

Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan Secara Keseluruhan

Pada usia ini bayi anda tengah mengembangkan kemampuan belajar untuk berpindah tempat guna mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Dengan demikian anda harus mampu memfasilitasi kebutuhan si kecil yang mulai senang hilr mudik kesana kemari.

Sediakanlah lingkungan rumah dan tempat bermain yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Selain itu memastikan kondisi lantai rumah untuk tetap bersih adalah hal penting untuk diperhatikan. Kondisi lantai yang bebas dari kuman tentu akan menjadi sarana bermain yang aman dan nyaman untuknya.

Pastikan pula agar si kakak dan anggota keluarga lain tidak membawa serta makanan yang belum boleh dikonsumsi oleh si kecil. Sebab remah-remah dari makanan tersebut bisa mungkin dipungutnya dan dimasukkan dalam mulutnya. Bila makanan tersebut adalah makanan yang berbahaya seperti makanan pedas maka mungkin hal ini akan membuat si kecil menangis tak kuat menahan pedas.

Sementara itu bila anda mempertanyakan mengenai perkembangan berat dan panjang tubuh diusia ini yang umum, maka pada perkembangan bayi usia 8 bulan ini beratnya sudah sekitar 7-10,5 kg dengan panjang 66,5-75 cm untuk bayi laki-laki. Sementara untuk perempuan ukurannya berat tubuhnya sekitar 6-10 kg dengan panjang 64-73 cm.

Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan Kemampuan Motorik

Bayi berusia 8 bulan mulai bergerak dan merangkak ke depan atau ke belakang atau ia pun kini mulai dapat menggerakan bokongnya. Pada tahapan awal ini, bayi anda bisa saja mulai dapat merangkak dengan menggerakan tangan serta menggeser tubuhnya dengan perlahan, kemudian diikuti dengan menggunakan lututnya.

Semua pergerakan ini dilakukan guna melatih dan menguatkan otot-ototnya sebagai fondasinya untuk dapat berjalan nanti. Sementara itu, kemampuan lain yang mulai dipelajari buah hati anda pada usia 8 bulan diantaranya adalah:

  • Kini ia semakin aktif untuk menggerakan mainan dengan berbagai caranya, seperti mengocok, meremas, menjatuhkannya, memukul dan bahkan membantingnya. Bayi anda tidak bermaksud merusak apa yang dipegangnya atau marah dengan melakukan hal ini.
  • Bayi anda pada usia ini pun sudah mulai dapat menyantap finger food atau makanan yang bisa digenggamnya.
  • Bahan makanan ini umumnya adalah makanan yang dipotong kecil-kecil yang memungkinkan si buah hati dapat menyomotnya sendiri.
  • Guna membantu si kecil mengembangkan kemampuan ini, maka mulailah memberikan si kecil finger food dan menerapkan metode Baby Led Weaning yakni sebuah metode yang memungkinkan si bayi makan sendiri.
  • Bayi anda pun sudah belajar untuk duduk dengan menekuk lututnya setelah ia berdiri. Anda bisa membantu si kecil dengan memegang tangannya dan memilihkan area yang aman untuknya bisa duduk.
  • Anda pun sudah dapat membantu si kecil belajar berjalan dengan memegang kedua tangannya dengan hati-hati.
  • Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan Kemampuan Berkomunikasi
  • Bayi berusia ini sudah mulai dapat merespon kata-kata yang sering didengarnya. Pada usia ini, bisa jadi buah hati anda sudah mampu mengucapkan sebuah kata dengan tepat yang ditujukannya untuk memanggil seseorang atau sesuatu hal yang diinginkannya, seperti mengatakan “ma-ma” atau “pa-pa”.
  • Dengan demikian bantulah si kecil mengembangkan kemampuan ini dengan lebih baik dengan memberikan stimulasi berbicara pada bayi. Meski ia belum memahami betul apa yang anda sampaikan namun hal ini akan terus dipelajari bayi dengan perlahan.

Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan Kemampuan Sosial

  • Bayi berusi 8 bulan sudah mampu menirukan banyak hal yang dilakukan oleh orang dewasa, seperti menyanyi, berbicara di telpon atau menyisir rambut.
  • Bukan hanya itu, pada usia ini si kecil umumnya akan lebih senang bermain culuk-ba dan melakukan segala hal yang membuatnya mengenali hal yang baru.
  • Hanya saja, dalam hal disiplin bayi anda masih belum mampu memahami hal ini dan mengikuti peraturan. Namun anda dapat mulai memperkenalkannya dengan perlahan.

Itulah dia beberapa hal yang dapat disampaikan dari perkembangan bayi usia 8 bulan, semoga bermanfaat dan memberikan cukup informasi yang anda butuhkan. Simak artikel Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan