Home » Perkembangan Bayi » Perkembangan Bayi Tiap Minggu » Perkembangan Bayi Usia 7 Minggu

Perkembangan Bayi Usia 7 Minggu

Perkembangan bayi usia 7 minggu membuat si buah hati mulai mengembangkan kemampuan matanya dengan lebih baik. Pada saat ini mata si kecil sudah mulai dapat melihat benda dengan lebih baik. Untuk itu, penting sekali memberikan stimulasi penglihatan pada masa ini.

Perkembangan bayi usia 7 minggu memang cukup menakjubkan dimana sebagian besar dari kemampuan ini dikembangkan dengan lebih baik. Pada saat ini anda pun akan semakin tidak percaya bahwa anda kini sudah menjadi seorang ibu dari seorang anak yang menakjubkan. Hari- hari anda bahkan kini menjadi lebih berwarna dan menyenangkan. Kegiatan yang paling menyenangkan dari menjadi seorang ibu adalah mengurus bayi mereka yang masih mungil dan menjadi saksi dari setiap keajaiban perkembangannya.

Itulah mengapa, ketika bayi mereka masih begitu kecil banyak ibu yang belum sanggup berada jauh dari buah cintanya. Menciumi aroma tubuhnya yang wangi, kulitnya yang halus dan jemari mungilnya yang kecil tentu menjadi hal yang menyenangkan untuk terus dilakukan.

Jika mengingat kembali masa-masa saat hamil dulu, seringkali kita dibuat kepayahan menahan gangguan kehamilan yang cukup menyiksa. Belum lagi, kondisi mual dan muntah yang datang sebagai tanda-tanda kehamilan membuat anda seringkali sulit untuk dapat mencicipi makanan dengan rasa yang lezat dan menggoda. Sulit tidur dimalam hari terkadang menjadi tantangan yang cukup berat untuk dihadapi. Terutama saat waktu ngidam, rasanya segala hal yang menyangkut makanan akan cukup menganggu dan menjijikan saat nafsu makan tak kunjung datang.

Perkembangan Bayi Usia 7 Minggu

Akan tetapi, nampaknya saat ini anda sudah bernapas dengan lega. Pasalnya kini, si buah hati sudah lahir ke dunia. Dan perjuangan selama kehamilan terbayar lunas sudah tatkala dokter memberitahukan proses kelahiran anda berbuah dengan hadirnya bayi mungil yang sehat dan sempurna.

Saat ini yang harus anda pikirkan adalah bagaimana menjaga dan merawat si kecil agar tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Untuk itulah, penting sekali menyimak seperti apa perkembangan bayi usia 7 minggu. Sebab dengan begini bunda akan dapat menentukan dukungan dan memberikan stimulasi yang baik terhadap buah hati anda.

Pada masa ini, pemberian ASI tentu menjadi hal yang penting sebab ini adalah satu-satunya sumber asupan nutrisi dan gizi untuk buah hati anda. Lewat asupan ASI yang cukup tumbuh kembang si kecil akan dapat berjalan dengan baik. Begitupula perkembangan organ-organ dalamnya yang masih belum terbentuk dengan sempurna pada saat ia masih berada dalam rahim ibu. Mencukupi kebutuhan ASI pada si kecil sesering mungkin juga akan dapat menstimulasi produksi ASI dengan lebih banyak.

Lantas seperti apa saja perkembangan bayi usia 7 minggu yang terjadi dengan si kecil? Simak dibawah ini.

Perkembangan Bayi Usia 7 Minggu

Tak terasa waktu begitu cepat berlalu. Kini bayi anda usdah tak lagi tampak seperti bayi baru lahir dengan kulit yang memerah. Justru sebaliknya, usia ini membuat anda semakin mengenali buah hati anda dan kemiripannya dengan anda dan pasangan.

Ia semakin tampak lebih cantik dan tampan sebab kini kulit tubuhnya mulai berubah menjadi lebih cerah. Tubuhnya pun semakin tampak gagah dan kuat serta tangannya tak lagi gemetaran pada saat anda memandikan mereka. Bahkan kini kemampuan anda dalam memandikan si kecil seorang diri mungkin sudah lebih baik dan lebih lancar.

Anda sudah tidak lagi repot-repot memanggil suster atau meminta bantuan orangtua anda setiap kali kegiatan mandi si buah hati datang. Sebab kini anda sudah dapat melakukan hampir sebagian besar kegiatan mengurus dan merawat si kecil dengan lebih baik.

Pada beberapa bayi usia 7 minggu, ada bayi yang sudah mulai dapat mengembangkan kemampuan tengkurapnya sendiri, baik pada sat ia sedang tidur ataupun saat terjaga. Bayi anda akan merasa lebih aman tidur dalam posisi tengkurap karena ia merasa seolah-olah ia sedang didekap. Hanya saja, sebaiknya jangan lengah pada saat kemampuan tengkurap pada buah hati anda belum dikuasainya dengan baik. Salah-salah hidung dan saluran pernapasan lain pada si kecil akan terhalangi dan hal ini akan membuatnya sulit bernapas.

Akan tetapi untuk anda yang memiliki bayi yang belum mampu tengkurap pada masa ini, maka anda tidak perlu berkecil hati sebab perkembangan setiap bayi tidaklah sama. Namun anda wajib mencurigai jika ia belum dapat tengkurap setelah usianya genap 2 bulan.

Bayi anda akan mulai mengenali siapa anda. Ia pun mungkin akan berhenti menghisap jarinya pada saat mendengar suara anda. Beberapa bayi menginginkan perhatian lebih dan mulai dapat menunjukan protes ketika perhatian ibunya tidak tertuju pada mereka. Untuk itu, maka tidak ada salahnya untuk mulai mengerti saat si kecil membutuhkan belaian dan perhatian anda.

Adapun bentuk protes yang mungkin ditunjukan anak berusia 7 minggu diantaranya seperti berhenti menyusu saat anda berbicara pada suami atau oranglain yang ada disekeliling anda. Jadi demikian, jangan khawatir atau heran saat anda sedang menyusui si kecil dan perhatian anda terbagi, ia akan dengan seketika melepaskan hisapannya.

Kemampuan Belajarnya Dimulai Saat Ini!

Anda mungkin melihat pada beberapa waktu si kecil tampak lebih tenang atau waspada. Waktu ini adalah waktu utama si kecil untuk mulai belajar. Perlu diketahui, pada masa ini otak bayi anda akan tumbuh sekitar 5 cm selama 3 bulan pertamanya.

Jadi demikian, mafaatkan waktu ini agar bayi anda bisa belajar dengan lebih baik. Cobalah berikan stimulasi untuk si kecil seperti bernyanyi dengan interval yang tenang, berbicara atau menempelkan gambar didinding rumah agar perhatian si kecil bisa teralihkan pada objek yang lebih baik. Pada masa ini banyak hal yang dapat dijadikan media untuk si kecil belajar suatu hal yang baru. Seperti merasakan tangan dan kakinya, tekstur tubuhnya, mengenali suara lain, mengenal objek baru dan lain sebagainya. Bahkan kegiatan mandi pun bisa dijadikan sumber belajar untuk si kecil mengenali lingkungan yang baru.

Kemampuan Penglihatan yang Berkembang dengan Lebih Baik

Pada masa ini kedua mata bayi sudah mulai dapat mengikuti pergerakan benda dengan stabil dan lebih baik. Kemampuan ini mungkin menjadi kemampuan besar yang dapat dipelajarinya pada periode singkat setelah kelahirannya.

Dengan demikian tidak ada salahnya mulai menempatkan mainan gantung diatas kereta atau ranjang bayi, atau menempelkan pernak-pernik mencolok pada dinding kamarnya. Hal ini dilakukan guna melatih kemampuan penglihatan bayi agar bekerja lebih baik lagi.

Dengan melihat banyak hal yang tergantung dan terpasang disekelilingnya. Hal ini akan menarik perhatian si buah hati, meskipun ia belum mampu melihat benda atau objek dengan penglihtaan yang jernih sampai usia 3 bulan.
Demikian beberapa hal yang dapat disampaikan dari perkembangan bayi usia 7 minggu. Simak perkembangan bayi sebelumnya di Perkembangan Bayi Usia 6 Minggu