Home » Perkembangan Bayi » Perkembangan Bayi Tiap Bulan » Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan

Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan

Ketika otot tangan dan kaki, terutama bagian lututnya sudah lebih kuat, perkembangan bayi usia 7 bulan umumnya sudah mulai dapat merangkak sendiri. Aktivitas ini pun menjadi persiapan orangtua untuk penguatan ototnya sehingga ia akan mulai dapat berjalan.

Seiring dengan berjalannya waktu, di usianya yang sudah menginjak bulan ke 7 ini, si kecil mulai memasuki tahap baru yang amat penting dalam kehidupannya, yakni fase merangkak dan belajar untuk mulai dapat berjalan. Perkembangan ini tentu akan membuat ini semakin sumringah dan takjub pada apa yang telah dipelajari oleh buah hati anda.

Untuk itu, bantu dan dampingi terus setiap perkembangan bayi anda dengan baik. Agar anda bisa memastikan keselamatan dan kelancaran dari proses tumbuh kembang ini dengan lebih baik. Apalagi saat ini, kemampuan merangkaknya sudah semakin meningkat. Bayi anda akan semakin aktif dan membutuhkan banyak ruang untuknya bisa menjelajah kesana kemari guna mengenal lingkungan sekitarnya.

Tugas orangtua dalam mendukung perkembangan ini adalah dengan memastikan bahwa lingkungan yang dieksplor oleh bayi anda adalah tempat-tempat yang aman yang tidak berisiko mengancam keselamatan si buah hati. Pastikan bila ruangan-ruangan dirumah anda aman dari peralatan tajam yang bisa dijangkau oleh si kecil. Lantai yang bersih dan datar pun akan menjadi faktor yang mendukung keselamatan dan kesehatan si kecil selama melakukan eksplorasinya.

Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan

Selain itu, pastikan bila anda selalu mendampingi mereka dengan baik. Jangan pernah meninggalkan bayi anda seorang diri atau menitipkannya pada anak lain yang masih kecil saat anda hendak melakukan sesuatu.
Meskipun hal tersebut hanya berupa pergi beranjak dan cepat kembali. Akan tetapi kita tidak pernah tahu kapan masalah akan datang dan menghampiri kita. Bisa saja, toleransi anda untuk pergi sebentar berbuah masalah yang besar yang akan mengancam keselamatan buah hati anda.

Untuk itu, lindungi si kecil dari bahaya-bahaya yang mengintai seperti perabotan rumah tangga yang tajam, pernak-perik kecil berbahan gelas atau logam yang bisa tertelan. Saat ini, bayi anda sedang begitu tertarik pada semua hal dan mulai memasuki fase mengambil, membuang dan memasukan hal apa saja kedalam mulutnya. Bila orangtua tidak siaga maka resiko kesalamatan si buah hati dipertaruhkan.

Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan Secara Keseluruhan

Pada usia ini, selain si kecil mulai piawai merangkak, rasa gatal akibat tumbuh gigi membuatnya akan cenderung senang memasukkan banyak hal kedalam mulutnya untuk digigit. Ia pun akan mulai dapat duduk sendiri tanpa harus ditopang oleh orang dewasa. Sehingga demikian, tetap perhatikan setiap pergerakan buah hati anda agar jangan sampai benda yang berbahaya masuk kedalam tubuhnya lewat mulutnya yang mungil karena kebiasaannya senang memasukkan benda kedalam mulut mungilnya.

Sementara itu, bila anda bertanya-tanya mengenai berat tubuh yang normal untuk perkembangan bayi usia 7 bulan, maka untuk bayi laki-laki berat tubuhnya bisa sekitar 6,7-10,2 kg dengan panjang tubuh sekitar 65,1-73,2 cm. Sementara itu, untuk bayi perempuan rata-rata berat tubuhnya bisa mencapa 6,1-9,6 kg dengan panjang tubuh 62,9-71,6 cm.

Perkembangan ini tentu bukanlah patokan baku sebab tidak semua bayi memiliki perkembangan yang sama. Bayi anda mungkin mengembangkan berat tubuhnya lebih kurang atau mungkin lebih berat. Akan tetapi selama bayi anda terlihat aktif dan tanpa keluhan maka hal tersebut bisa dianggap aman.

Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan Kemampuan Motorik

Pada usia ini, meski sebagian besar bayi akan belajar merangkak, namun sebagian lain mungkin bisa langsung berjalan dan tidak melalui fase merangkak sebelumnya. Ada pula bayi yang tidak merangkak maju, melainkan dengan pola rangkak yang mundur.

Dalam hal ini, tidak ada yang perlu dikhawatirkan selama si buah hati tetap terlihat mampu mengkoordinasikan kedua bagian tubuhnya, baik tangan serta kakinya dengan baik maka hal ini normal terjadi.

Hanya saja, sebaiknya hindari menggunakan baby walker yang diklaim baik dalam membantu bayi belajar berjalan. Sebab sarana ini justru dapat beresiko mendatangkan kecelakaan pada si kecil yang belum mampu mengendalikan arah dan tujuannya ketika berjalan.

Nah, selain beberapa hal diatas dibawah ini adalah berbagai perkembangan motorik lain yang terjadi pada bayi usia 7 bulan:

  • Bayi berusia 7 bulan sudah dapat merangkak meski tanpa bantuan dari orang dewasa atau ibunya sendiri. Untuk itu, pastikan bila lantai dirumah anda tetap dalam keadaan bersih dan terbebas dari benda-benda kecil tajam yang akan membahayakan keselamatan si kecil.
  • Bayi berusia ini akan mampu memutar badan dan menegakkan punggunggnya untuk dapat duduk dengan waktu yang lebih lama. Ia pun kini sudah dapat mulai menyusun dan mengelompokkan mainannya dalam kategori ukuran, baik yang kecil ataupun yang besar.
  • Guna melatih kemampuan motoriknya, anda dapat mengajak si buah hati untuk melakukan permainan yang lebih rumit. Misalkan menempatkan salah satu jenis mainan dilantai dan menutupinya dengan menggunakan kain. Buka kain dengan berekspresi gembira sambil mengatakan “ini dia!”, kemudian tutupi kembali kain tersebut dan lakukan secara berulang. Bayi akan senang dengan hal ini dan cukup membuatnya tertawa.
  • Saat usia ini pun anda sudah dapat menerapkan penggantian botol pada si buah hati dan memperkenalkan cangkir untuk tempat minumnya. Adapun cangkir yang dapat diperkenalkan pada usia 7 bulan pada bayi adalah jenis sippy cup yakni cangkir dengan dua pegangan dibagain samping dan moncong pada tutupnya yang memungkinkan si bayi minum dari bagian tersebut. Hal ini difungsikan agar bayi bisa melatih kemampuan motorik pada tangannya tanpa membuat minuman dalam cangkirnya tumpah mengenai bagian bajunya.

Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan Kemampuan Berkomunikasi

Pada saat ini memori pada bayi anda sudah berfungsi dengan baik sehingga ia un sudah mulai dapat mengingat suara-suara yang familiar untuknya. Ia pun kini sudah mmulai dapat memahami kata-kata sederhana, seperti ‘ma-ma’ atau ‘pa-pa’ sambil menggerak-gerakan tangannya.

Bayi anda pun kini sudah mulai berceloteh dengan kosa kata yang lebih kompleks. Bukan hanya itu, si kecil pun kini sudah mulai memahami larangan untuk tidak melakukan suatu hal dengan berkata “tidak”.

Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan Kemampuan Sosial

Sementara itu bila dilihat dari perkembangan kemampuan sosialnya, ada begitu banyak hal yang terjadi dengan buah hati anda, seperti diantaranya:

  • Bayi anda sudah dapat terlihat mengetes otoritas anda dengan menolak untuk mengikuti perintah atau arahan yang anda berikan padanya. Akan tetapi hal ini umumnya hanya dilakukannya untuk mengetes rasa ingin tahunya. Untuk itu, mulailah untuk memberitahu si kecil mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan, misalkan seperti memuntahkan makanan, melempar mainan atau pada saat ia mengamuk saat menginginkan hal yang berbahaya.
  • Meski si kecil belum dapat memahami dengan baik namun ini adalah awal yang baik sebagai permulaan.
    Sementara dalam hubungan interpersonalnya, ia pun sudah mulai merasakan perasaan cemas saat ibunya tak berada disekitarnya. Hal ini menunjukan bahwa si kecil sudah mulai memahami lingkungan sekitarnya dengan lebih baik. Tak heran bila pada saat anda meninggalkannya sejenak dan meminta oranglain menggantikan anda, maka si kecil akan terlihat tidak nyaman. Bahkan sebagian bayi lain akan menangis.

Demikian beberapa perkembangan bayi usia 7 bulan yang umum terjadi pada si buah hati. Semoga dengan menyimak artikel ini anda diberikan lebih banyak wawasan yang bermanfaat. Simak artikel Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan