Home » Perkembangan Bayi » Perkembangan Bayi Tiap Minggu » Perkembangan Bayi Usia 5 Minggu

Perkembangan Bayi Usia 5 Minggu

Perkembangan bayi usia 5 minggu membuat si kecil mulai dapat menahan kepalanya lebih lama pada posisi terngkurap. Hal ini dilakukannya guna melatih otot lehernya agar lebih kuat sehingga ia akan mulai dapat mengembangkan kemampuan lainnya untuk duduk, bediri dan berjalan.

Tanpa disadari kini bayi anda telah memasuki usia 5 minggu. Perkembangan ini tentu akan membuat ibu merasa bangga dan senang. Tak terasa waktu seperti cepat berlalu. Rasanya seperti baru kemarin anda dan pasangan menantikan kehadiran si malaikat kecil dan cemas saat kontraksi mulai terjadi. Perjuangan dimeja kelahiran akhirnya membuahkan hasil yang membahagiakan tatkala dokter menyatakan kelahiran buah hati anda sehat dan sempurna.

Hal ini tentu membuat hati dan perasaan anda lega dan kebahagiaan semakin menghampiri anda. Selain itu, impian menimang buah hati tentu sudah anda rasakan saat ini. Untuk pertama kalinya anda akan menyadari bahwa saat ini anda bukan lagi seorang perempuan yang bebas melainkan seorang ibu dari anak yang hebat yang sedang bertumbuh dan berkembang.

Untuk itulah, puji syukur dan rasa terimakasih yang besar sudah seharusnya anda panjatkan pada Tuhan. Sebab mungkin tidak sedikit pasangan lain yang harus mengubur dalam-dalam impan memiliki buah hati karena berbagai alasan yang tidak dapat dijelaskan. Merawat dan membesarkan buah hati dengan baik tentu menjadi bentuk rasa syukur yang besar kepada Tuhan.

Perkembangan Bayi Usia 5 Minggu

Upayakan jika buah hati anda mendapatkan apa yang ia butuhkan. Dengan begini maka tumbuh kembangnya akan berjalan dengan baik. Mencukupi dan memastikan bahwa si kecil mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang tepat pun akan dapat mendukung tumbuh kembangnya. Pada saat ini asupan nutrisi yang didapat oleh si kecil hanya diperolehnya dari ASI yang ibu berikan. Untuk itu, maka pastikan jika si kecil mendapatkan asupan ASI yang dibutuhkannnya.

Perlu bunda ketahui, bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI yang cukup bukan hanya membuat tumbuh kembangnya terkendala. Namun hal ini dapat terlihat dari kondisi fisiknya. Bayi yang kurang mendapatkan ASI atau mengalami dehidrasi akan membuat kondisi kulitnya menjadi tidak sehat.

Kulit bayi yang tidak mendapatkan cukup ASI membuat kondisinya tidak kenyal sehingga pada saat anda mncubit halus kulit si kecil maka ke-elastisan kulitnya berkurang dan tetap mengkerut. Berbeda dengan bayi yang mendapatkan asupan ASI yang cukup, sewaktu anda mencubit kulitnya maka kulit tersebut akan kembali memantul keatas dan terlihat elastis.

Selain itu, ketika bayi tidak mendapatkan asupan ASI yang cukup maka ibu akan merasakan perasaan yang tidak nyaman sebab payudaranya akan mengencang. Hal ini dikarenakan air susu yang seharusnya diberikan pada si kecil menumpuk pada payudara anda dan menyebabkan perasaan sakit yang cukup kentara.

Akan tetapi sebaliknya, jika ASI diberikan secara teratur pada si kecil yang masih dapat tahapan perkembangan bayi usia 5 minggu ini maka payudara akan terasa nyaman dan terasa lebih halus setelahnya. Untuk itu, pastikan jika anda memberikan si kecil asupan nutrisi yang baik dari ASI yang cukup.

Akan tetapi, bukan hanya ASI yang penting diperhatikan. Dalam hal ini, ibu pun penting untuk selalu mengawasi perkembangan si buah hati setiap detiknya. Dengan begini anda akan dapat menentukan stimulasi apa yang harus diberikan pada si buah hati untuk mendukung tumbuh kembangnya dengan baik.

Untuk mengetahui tumbuh kembang yang terjadi pada si kecil pada perkembangan bayi usia 5 minggu. Maka mari simak beberapa penjelasan dibawah ini.

Perkembangan Bayi Usia 5 Minggu

Pada saat ini seharusnya si kecil sudah dapat memfokuskan kedua matanya pada sebuah objek dengan menjalankan kemampuan melihat dengan lebih baik. Bayi anda pun pada saat ini lebih jarang terlihat juling sebab otot-otot disekitar matanya sudah semakin menguat.

Perkembangan bayi usia 5 minggu ini pun menuntut anda untuk lebih kreatif sebab saat ini si mungil mungkin sudah tak lagi nampak antusias terhadap mainan lamanya. Dengan demikian, inilah saatnya untuk anda mulai dapat memperkenalkan mainan atau benda-benda dengan bentuk dan warna-warna yang lebih bervariasi. Hanya saja, tetap pastikan bahwa benda atau permainan yang anda berikan pada si kecil adalah peralatan yang aman dan higienis.

Selain itu, usia ini memungkinkan bayi anda sudah mulai dapat mengikuti pergerakan sebuah objek yang berada dihadapan matanya. Hal ini dapat didukung dengan memberikan stimulasi pada si kecil untuk terus mengembangkan kemampuan ini.

Adapun hal yang dapat anda lakukan pada buah hati anda yang sedang mengembangkan kemampuan matanya adalah dengan menggerakan kepala anda pada saat si kecil sedang memperhatikan anda. Hal ini dilakukan agar si kecil tertarik untuk terus memperhatikan anda dengan mengikut pergerakan anda dengan baik.

Jika anda menganggap perkembangan tersebut terhenti sampai disitu. Maka mungkin anda salah, sebab anda akan dikejutkan dengan berbagai perkembangan lainnya. Saat ini, daya ingat buah hati anda sudah semakin menguat. Hal ini dapat terlihat dari bagaimana tubuhnya mulai bereaksi sewaktu ia mendengar suara anda. Meski demikian ia pun akan dapat melupakan dengan cepat beberapa mainan yang tidak terlihat olehnya.

Kemampuan Motorik Bayi

Tersenyum adalah hal yang menyenangkan dan menakjubkan. Hal ini pun seringkali diartikan sebagai sebuah ekpresi yang menandakan seseorang sedang bahagia. Dan kabar gembira dari perkembangan bayi usia 5 minggu saat ini adalah bayi anda sudah mulai mengembangkan emosi lain selain menangis yakni dengan tersenyum.

Senyuman pada si bayi bisa menandakan rasa terimakasih yang besar atas cinta dan kasih sayang yang anda berikan untuk mereka. Sehingga tidak heran, sebagian besar orangtua yang untuk pertama kalinya melihat senyuman si buah hati mereka akan dibuat haru dan tak sedikit diantaranya yang sampai menitikan air mata.

Akan tetapi demikian, tidak semua bayi pada usia ini dapat mulai menunjukan ekspresi yang satu ini. Sebagian bayi mungkin sudah lebih dulu mengembangkan kemampuan ini. Atau mungkin sebagian lainnya mengembangkan kemampuan tersenyum pada usia yang sedikit lebih lama.

Pola Tidur Bayi

Menginjak usia ini bayi anda akan mulai tidur lebih lama pada malam hari. Waktu tidurnya saat malam hari bisa mencapai 5 hingga 6 jam. Meski demikian tidak semua bayi mulai mengalami pola tidur yang berubah hingga usianya 6 minggu atau pada saat 6 bulan nanti. Kondisi ini umumnya akan bergantung pada perkembangan si kecil dan bagaimana anda memperlakukannya.

Banyak para ahli menyarankan untuk menempatkan si kecil diatas tempat tidur meski ia masih terjaga pada malam hari. Hal ini akan membantu si kecil cepat merasa ngantuk dan tertidur dengan sendirinya. Dengan demikian hal ini pun membantu si kecil untuk mendapatkan tidur lebih lama dimalam harinya.

Akan tetapi bila anda kesulitan menidurkan si kecil maka cobalah memberikan beberapa stimulasi seperti mengelusnya, memijatnya atau menimangnya sampai ia tertidur.

Demikian beberapa hal yang dapat disampaikan dari perkembangan bayi usia 5 minggu. Simak artikel sebelumnya di Perkembangan Bayi Usia 4 Minggu.