Home » Perkembangan Bayi » Perkembangan Bayi Tiap Bulan » Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

Perkembangan bayi usia 5 bulan akan mulai dapat mencoba untuk duduk sendiri dari posisi tengkurapnya. Dengan menopang tubuh dan kedua tangannya seorang diri, bayi akan mulai belajar bagaimana duduk. Meski demikian, sebaiknya orangtua tetap memperhatikan keselamatan si buah hati dengan menempatkan bantal di sisi kanan dan kirinya. Serta terus dampingi mereka sebab posisi tubuhnya belum cukup stabil.

Usia si kecil kini sudah memasuki bulan ke 5 setelah proses kelahiran berlalu. Tidak terasa ya bunda, rasanya seperti baru kemarin bunda dan suami serta keluarga dibuat panik menanti detik-detik kelahiran si kecil yang begitu dinanti dengan tidak sabar. Namun rasa syukur yang besar, sudah seharusnya dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Sebab kini bunda bisa menimang si kecil dalam pelukan bunda dan pasangan. Rasa sakit dan ketakutan menanti si kecil lahir kedunia, seolah terbayar lunas tatkala dokter menyatakan bayi anda lahir dengan sehat.

Akan tetapi mengetahui kelahiran buah cinta yang sehat tidak berarti membuat perjuangan anda terhenti sampai sini. Ini hanyalah sebuah permulaan sebab perjuangan yang sebenarnya dan seutuhnya masih menanti bunda dalam membesarkan si kecil untuk menjadi anak yang cerdas dan berbudi pekerti yang luhur. Untuk itulah, setiap momen perkembangan dan pertumbuhan yang terjadi dengan buah hati anda adalah serangkaian proses yang tidak sebaiknya bunda lewatkan.

Ya, sebagai orangtua yang baik, penting sekali untuk ayah dan bunda senantiasa mengikuti tumbuh kembang buah hati anda. Menjadi saksi untuk setiap detik perkembangan dan perubahan yang terjadi dengan buah hati anda adalah penting untuk terus mengawasi jika tumbuh kembangnya dapat berjalan lancar dan tanpa kendala.

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

Pekembangan bayi usia 5 bulan anda merupakan masa transisi dimana si kecil akan mulai belajar untuk berbicara. Berbicara disini adalah proses belajar bebicara yang sebenarnya dan mengeksplorasi berbagai suara yang ia buat.

Bayi dengan usia ini pun sudah mulai mencoba berkomunikasi dengan lingkungannya. Terkadang ia akan terlihat mengajak orangtua utuk berbicara. Selain itu, ia pun akan mulai mengenali kaki sebagai bagian tubuhnya dan berusaha menganggkatnya, kemudian menghisap jempol kakinya sendiri untuk bermain-main. Kadang kala, ia pun akan mulai memperhatikan tangannya yang bisa bergerak-gerak. Tak heran bila untuk menghiburnya, si kecil akan cenderung memasukkan jari-jari tangannya yang mungil kebagian mulutnya.

Ada banyak hal yang terjadi dengan perkembangan dan pertumbuhan si kecil pada usia ke 5 bulannya ini. Nah, untuk mengetahui lebih banyak perkembangan bayi pada usia 5 bulan, mari kita simak beberapa hal dibawah ini.

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan Secara Keseluruhan

Perkembangan bayi tiap bulannya tentu mengalami perubahan dan pertumbuhan yang pesat. Pada usia 5 bulan ini si kecil sudah mulai bereksplorasi dengan barang-barang yang ada disekelilingnya dan mencoba memasukannya kedalam mulutnya. Selain itu, pada usia ini bayi akan cenderung mulai merubah porsi waktu tidur siangnya dengan menguranginya. Ia akan tidur lebih lama pada malam hari dibandingkan saat siang hari.

Selain itu, si kecil pun akan cenderung lebih lahap dan cepat menyusu saat ia sedang lapar. Secara sosial perkembangan bayi usia 5 bulan pun akan mulai membuat si kecil peduli dengan sekelilingnya dan membuatnya mulai lebih sering beriteraksi dengan cara mengeluarkan suara atau tawanya.

Sementara itu bila berbicara mengenai perkembangan bayi usia 5 bulan berdasarkan berat dan panjang tubuhnya secara umum. Maka untuk bayi laki-laki umumnya memiliki berat sebanyak 6-9 kg dengan panjang 62-70 cm. Sementara untuk perempuan beratnya bisa mencapai 5,5-8,7 kg dengan panjang kira-kira 60 -69 cm.

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan Kemampuan Motorik

  • Pada masa perkembangan usia 5 bulan bayi akan mungkin sudah mempelajari kemampuan untuk berguling dari telentang ke tengkurap atau sebaliknya. Bahkan pada umumnya sebagian bayi sudah dapat duduk sendiri tanpa ditopang untuk beberapa saat.
  • Si kecil akan mungkin sudah mampu duduk dari posisi tengkurapnya dengan menopang tubuhnya sendiri lewat tangannya. Nah, adapun cara untuk membantu si kecil agar tidak terjatuh, maka coba posisikan kaki anda dengan huruf V. Tempatkan pula beberapa mainan dihadapannya untuk ia mainkan. Selain itu, dukung pula keselamatannya dengan menempatkan bantal disekelilingnya.
  • Pada saat ini, bayi anda pun sudah mulai dapat meraih benda yang ada disekelilingnya dengan perlahan. Ia pun muali belajar untuk memindahkan benda yang ada digenggamannya ke tangannya yang lain. Bukan hanya itu, jangan kaget bila saat ini si kecil mulai aktif dalam melemparkan benda yang ada dalam genggamannya hanya untuk melihat benda tersebut terjatuh.
  • Selain itu, sebaiknya hindarkan menempatkan mainan gantung yang bisa diraih oleh si buah hati sebab hal ini tentu akan berbahaya dan mainan bisa saja menimpanya.
  • Pada minggu ke dua di bulan ke 5 usianya, si kecil sudah mampu memegang botol susunya sendiri. Akan tetapi demikian, sebaiknya hindarkan meninggalkannya seorang diri saat ia minum ASI dari botol. Susu yang tersendat dan tidak tertelan dengan baik akan masuk kesaluran yang menghubungkan bagian belakang tenggorokan dengan bagian tengah telinganya. Yang mana hal ini akan berbahaya dan beresiko menimbulkan infeksi telinga.

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan Kemampuan Bicara

Pengembangan kemampuan bicara pada bayi anda kini sudah semakin membaik. Si bayi pun kini sudah semakin familiar dengan bunyi-bunyi yang biasa ia dengar sehari-hari disekelilingnya, seperti suara cuitan burung, suara telepon dan bahkan suara acara televisi yang sering anda nyalakan setiap harinya.

Selama suara tersebut tidak mengganggunya bayi anda akan terlihat tenang dan nyaman. Hanya saja, saat suara tersebut dianggap menganggunya seperti suara yang gaduh dan keras serta mengejutkan maka si kecil akan terlihat rewel yang mana ini menandakan si kecil merasa tidak nyaman dan terganggu dengan suara-suara tersebut.

Bayi anda pun sudah semakin pandai berceloteh. Tak heran bila kini sudah semakin sering dirinya bergumam ‘ya’, ‘ma’, ‘pa’, ‘da’ dan masih banyak lagi.

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan Kemampuan Sosial

Perkembangan bayi usia 5 bulan dilihat dari kemampuan sosialnya kini ia sudah mulai menyadari bahwa anda sedang memanggil namanya atau sedang membicarakannya. Seketika mendengar namanya si kecil akan menoleh ke arah anda seolah terpanggil. Selain itu, umumnya si kecil sudah mulai terbiasa untuk melakukan interaksi dengan sekitarnya, ditandai dengan beberapa hal dibawah ini.

  • Ia mulai dapat mengangkat tangan sebagai tanda bahwa ia ingin digendong atau menangis sewaktu ibu atau orangtuanya berada jauh darinya.
  • Ia pun akan mungkin tertawa saat mendapatkan sesuatu hal yang lucu dan menarik perhatiannya.
  • Selain menangis, tersenyum dan tertawa bayi berusia 5 bulan pun akan mulai menjerit dan menirukan suara-suara yang tidak asing untuknya. Ia pun semakin mahir dalam mengekspresikan perasaannya, ia akan tertawa saat mendapati sesuatu yang lucu, senyum ketika senang dan menangis saat lapar, merasakan tidak nyaman ataupun saat kesakitan.

Cara Menstimulasi Bayi Usia 5 Bulan

Dalam hal menunjang perkembangan bayi usia 5 bulan, penting sekali untuk anda membantu mereka dengan memberikan stimulasi sesuai dengan kemampuan yang baru saja dipelajarinya. Lakukan beberapa hal ini untuk menstimulasi bayi 5 bulan:

  • Mengajaknya berbicara untuk mengasah kemampuan berbicaranya
  • Tempatkan mainan yang aman dekat dengan jangkauannya
  • Memegang dan memperhatikan keselamatannya saat anda mendudukan si kecil.

Simak artikel sebelumnya Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan