Home » Perkembangan Bayi » Perkembangan Bayi Tiap Minggu » Perkembangan Bayi Usia 4 Minggu

Perkembangan Bayi Usia 4 Minggu

Perkembangan bayi usia 4 minggu membuat banyak perubahan dan perkembangan pesat terjadi dengan buah hati anda. Kini otak bayi mulai berkembang dengan kompleks. Pertumbuhan otaknya pada masa ini bisa mencapai 5 cm selama 3 bulan pertama kehidupannya.

Ada cukup banyak ragam perkembangan yang terjadi dengan buah hati anda pada usia ini. Dari sekian banyak perkembangan bayi usia 4 minggu atau yang sudah memasuki usia 1 bulan, bayi anda sudah mulai dapat diajak untuk berbicara. Meskipun si kecil belum memahami dengan baik apa yang ibu sampaikan padanya. Namun hal ini penting dilakukan sebagai stimulasi perkembangan kemampuan berbicaranya agar berjalan lebih baik.

Perkembangan ini tentu akan membuat anda semakin takjub. Apalagi si kecil kini mulai dapat menggerakan kepalanya dengan ke kanan dan ke kiri. Anak bayi anda pun kini tidak terus-terusan terdiam, ia akan menangis pada saat ingin menyusu, popoknya basah dan kondisi lainnya. Hal ini wajar, sebab kemampuan utamanya dalam berkomunikasi saat ini hanyalah menangis.

Jadi demikian bu, cobalah untuk selalu responsif terhadap rengekan buah hati anda. Jangan sampai ibu membiarkan si kecil yang sedang menangis karena tak tahu harus berbuat apa. Cobalah periksa jika popoknya basah, atau tengoklah jam dan ingat kembali waktu terakhir anda memberikan ia ASI, siapa tahu si kecil lapar. Bila sudah begini maka segeralah menyusui buah hati anda atau ganti segera popoknya yang basah.

Perkembangan Bayi Usia 4 Minggu

Selain itu, perhatikan pula anak bayi berusia 1 bulan sebaiknya tidak dulu dipakaikan diaper. Kulitnya yang masih begitu halus dan sensitif akan mungkin membuat bayi usia ini rentan terkena iritasi. Selain itu, penggunaan diaper yang menutupi bagian tertentu kulit bayi dalam waktu yang lama akan memungkinkan kulitnya tidak dapat bernafas dengan baik.

Kondisi lembab pada bagian kulit yang tertutupi dengan diaper akan mungkin membuat kuman dan bakteri lebih mudah menyerang. Jadi demikian, sebaiknya tunda terlebih dahulu niatan menggunakan diaper untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit si kecil agar terjaga dengan baik.

Nah, selain beberapa hal penting yang harus diperhatikan diatas. Penting pula untuk anda menyimak perkembangan bayi usia 4 minggu. Dengan menyimak hal ini ibu dan ayah dapat diberikan panduan bagaimana memberikan stimulasi yang baik pada si kecil sesuai dengan perkembangan yang terjadi dengan tubuhnya saat ini. Nah, untuk mengetahui seperti apa perkembangan bayi usia 4 mingu, mari simak dibawah ini.

Perkembangan Bayi Usia 4 Minggu

Pada usia ini anda sudah bisa memberikan pelajaran berbicara pada buah hati anda. Hal ini baik dilakukan untuk menstimulasi kemampuan berbicara pada si kecil. Selain mengajak si kecil mengobrol, hal lain yang juga dapat dilakukan untuk menstimulasi hal ini adalah dengan bernyanyi dengan interval yang tenang.

Selain itu, meski penglihatan buah hati anda masih berwarna hitam dan putih serta belum terlalu jelas ketika melihat benda disekelilingnya. Namun tidak ada salahnya untuk mulai menempelkan gambar-gambar menarik didinding kamar atau dibagian manapun yang akan menarik perhatian si kecil. Selain itu, pastikan bila gambar-gambar tersebut dibuat dengan warna-warna yang kontras.

Perkembangan bayi usia 4 minggu atau satu bulan ini membuat kondisi tubuh si kecil masih rentan dengan bahasa tangisannya. Lewat caranya berkomunikasi inilah kita akan dapat memahami apa yang ia butuhkan. Jari jemarinya pun masih mengepal sehingga ia akan dapat memegang jari kita dengan cukup kencang.

Mata si kecil kini mulai terlihat lebar ketika ia melihat wajah anda dari jarak yang lebih dekat. Untuk itu, bantu stimulasi ini dengan memanfaatkan waktu menyusu dan selalu mengajak ngobrol si buah hati dengan mendekatkan bagian kepala anda sewaktu berbicara.

Pola Tidur Bayi

Pada umumnya pola tidur yang dialami oleh setiap bayi berbeda-beda, salah satu yang mempengaruhi kondisi ini adalah usia si kecil itu sendiri. Sementara itu, untuk bayi yang baru lahir umumnya ia akan memiliki kebiasaan waktu tidur yang lebih sering. Pada bayi baru lahir mereka bisa menghabiskan waktu sebanyak 10 sampai dengan 18 jam dalam satu hari.

Sementara itu, dalam menentukan waktu tidur bayi anda mungkin akan sedikit kesulitan sebab si kecil masih belum memiliki wktu tidur yang stabil dan tidak menentu. Pada bayi baru lahir, hampir sekitar 50 persen bayi menghabiskan fase aktif atau Rapid Eye Movement (REM).

Lalu untuk anda yang ingin mengenali waktu tidur bayi berusia 4 minggu atau satu bulan maka mungkin anda perlu mengenali tanda bayi mengantuk. Pada minggu pertama sampai dengan minggu kelima, bayi masih memiilki interaksi yang terbatas sekitar 1-2 jam. Dari sini anda bisa mengenali tanda mengantuk pada bayi seperti saat mereka mulai menggosok mata dengan kedua tangannya atau tanda lain yang umum seperti rewel. Hal ini wajar karena kondisi tidur pada bayi membuat tumbuh kembangnya dapat dilakukan dengan lebih baik.

Untuk itu, pastikan bila bayi anda mendapatkan waktu tidur yang cukup agar tumbuh kembangnya terjaga dengan baik.

Kemampuan Bicara Bayi

Pengalaman pertama si kecil untuk belajar bicara adalah dengan mendengarkan anda dan orang-orang sekitarnya saling berinteraksi. Maka demikian, pastikan bila anda terus mengajak mereka mengobrol meski mereka belum dapat memahami apapun yang anda sampaikan.

Bayi dapat mengeluarkan suara “ah” ketika melihat atau mendengar suara anda.

Ketika si kecil menangis, maka sewajarnya anda datang untuk segera memenuhi kebutuhannya. Pada saat ini si kecil akan belajar bahwa ia mulai dapat berkomunikasi.

Kemampuan Eksplorasi Bayi

Pada saat lahir, bayi anda belum menyadari bahwa tangan dan kakinya adalah bagian dari organ tubuh yang sudah melekat padanya. Akan tetapi seiring dengan perkembangannya setelah kelahiran, bayi anda akan mulai mengeksplorasi bagian tubuhnya. Kaki dan tangan adalah salah satu bagian organ tubuh pertama yang akan mulai dieksplornya.

Nah, untuk mestimulasi hal ini maka cobalah pegang tangan si kecil dan tempatkan keatas kepalanya. Atau lakukan dengan menggenggam kakinya dan mulai menghitung jari-jarinya yang mungil agar si kecil semakin tertarik untuk mulia mengekplor dua bagian tubuhnya dengan lebih cepat. Lakukan pula dengan menempatkan kedua tangan si kecil dihadapan wajahnya agar ia dapat melihat dan merasakannya dalam waktu yang bersamaan.

Pada saat ini bayi anda masih memiliki kesulitan mengatur suhu tubuh mereka dengan baik. Dan perlu diketahui bahwa suhu panas tubuh bayi akan dapat diredakan melalui tangan dan kakinya. Untuk itu, maka pastikan bahwa tangan dan kaki si kecil tertutupi agar udara yang dingin tidak mengenai tubuhnya lewat tangan dan kakinya. Terutama pada saat anda terpaksa harus membawa si kecil keluar atau pada saat udara berangin.

Kemampuan Sosial Bayi

Bayi berusia 4 minggu atau satu bulan memungkinkan si kecil sudah dapat melihat orang-orang yang ada disekelilingnya. Bayi pun mulai mengenali orangtuanya sejak usia mereka 2 minggu. Ia pun sudah dapat berinteraksi dengan melakukan beberapa hal dibawah ini:

  • Si kecil sudah dapat memfokuskan perhatiannya pada beberapa objek yang ia lihat dari jarak pandang yang dekat.
  • Dan ia pun mulai memperhatikan mimik dari wajah-wajah orang yang dilihatnya.

Terkadang si kecil pun akan dapat terkejut sewaktu mendengar suara yang kencang atau bahkan merespon hal ini dengan tangisan. Jadi demikian hindarkan suara-suara bising yang akan mengganggunya.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan dari perkembangan bayi usia 4 minggu. Simak perkembangan bayi usia 3 minggu