Home » Perkembangan Bayi » Perkembangan Bayi Tiap Bulan » Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Memasuki perkembangan bayi usia 4 bulan ada begitu banyak hal yang terjadi dengan buah hati anda. Salah satu perkembangan yang menakjubkan dalam usia ini adalah suara dan caranya tertawa. Bayi akan lebih sering tertawa dan suaranya pun sudah semakin jelas.

Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan bayi usia 4 bulan menunjukan kemajuan yang amat sangat pesat. Bahkan mungkin, pada usia-usia ini anda akan semangkin menyadari bahwa buah hati anda sudah semain bertumbuh besar dan mengalami tumbuh kembang yang amat sangat pesat. Sehingga pemikiran mengenai waktu yang berjalan begitu cepat adalah hal yang wajar dan mungkin dialami oleh banyak orangtua.

Rasanya seperti baru kemarin anda mengetahui kabar kehamilan anda dan mulai disibukkan dengan proses kehamilan yang cukup menyiksa. Belum lagi setelahnya anda dihadapkan pada proses persalinan yang cukup menegangkan. Namun setelah si buah hati lahir ke dunia, rasanya terbayar sudah semua perasaan khawatir, panik dan ketakutan selama masa kehamilan hingga proses persalinan yang cukup panjang.

Melihat si buah hati tumbuh dan berkembang dengan pesat seperti sebuah keajaiban yang besar yang tentu saja tidak ingin anda lewatkan. Banyak sekali perubahan yang sudah dialami oleh si kecil pada usia ini, mulai dari perubahan fisiknya yang terlihat lebih kuar sampai dengan perubahan emosionalnya yang sudah semakin terasah dengan lebih baik. Anda mungkin menemukan bayi anda kini sudah semakin peka. Bahkan pada saat ia melihat oranglain menangis, maka ia akan ikut menangis.

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Selain itu, perkembangan bayi usia 4 bulan pada si kecil akan mungkin membuatnya mulai dapat mengeluarkan suara-suara yang sudah semakin jelas. Pada masa ini buah hati anda pun akan cenderung lebih sering tertawa ketika ia menemukan hal yang lucu. Tak heran bila saat ini hal yang paling anda senangi adalah menggoda si kecil dan mulai sering mengajaknya untuk “ber-ciluk ba”.

Pada intinya perkembangan dan pertumbuhan yang terjadi pada si kecil di usia 4 bulan ini cukup banyak dan terjadi dengan sangat pesat. Sebagai orangtua anda tentunya harus senantiasa memantau dan mengetahui bagaimana anak anda bertumbuh, dari mulai pertama kali dilahirkan dari rahim anda sampai dengan menemani hari-harinya dan menjadi saksi dari setiap detail perkembangannya.

Nah, untuk mengetahui seperti apa saja perkembangan si buah hati pada usia 4 bulan tersebut, maka mari kita simak beberapa hal dibawah ini.

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan Secara Keseluruhan

Sebenarnya ada cukup banyak perkembangan buah hati anda mulai saat ia memasuki akhir dari usia 3 bulannya, hingga kini usianya telah menginjak bulan ke 4. Salah satu perkembangan yang cukup menyenangkan dari serangkaian perkembangan masa ini adalah kini si kecil sudah mulai dapat tengkurap dan tengah belajar untuk melihat ke depan sambil mulai mengangkat kepala dan bahunya dengan tumpuan tangan.

Dengan demikian, kini ia mulai dapat melihat lingkungan sekitarnya dan memperhatikan benda-benda yang ada disekelilingnya. Latihan yang dilakukan oleh si kecil ini akan secara otomatis membantu bayi untuk dapat memperkuat otot-otot pada bagian tangannya agar lebih baik.

Selain tengkurap, buah hati anda pun sudah mulai dapat berguling kesana kemari. Hal ini tentu saja beriringan dengan telah kuatnya otot leher dan kemampuannya untuk mulai menegakkan kepalanya sendiri.

Sementara itu, bila berbicara mengenai berat dan panjang tubuh si kecil pada usia 4 bulan, kini ukuran panjang tubuhnya untuk bayi laki-laki adalah sekitar 60 sampai dengan 67 cm dan berat tubuhnya bisa menjadi 5,6 kg sampai dengan 8,6 kg. Sementara untuk anak perempuan panjang tubuhnya bisa sekitar 58 sampai dengan 66,2 cm dan beratnya 5,1 sampai dengan 8,1 kg.

Bila sebelumnya bayi anda sudah belajar untuk meraih benda, pada usia ini ia mulai dapat menangkap vokal dan konsonan untuk pembentukan kata-kata dasar dalam bahasa yang sering didengar. Meski belum dapat mengidentifikasi kata-kata tersebut sebagai nama benda atau panggilan orang lain, akan tetapi ia akan tetap bersemangat untuk mengucapkan kata-kata tersebut.

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan Kemampuan Motorik

Pada usia ini, kursi goyang yang khusus dirancang untuk bayi (bouncer) akan menjadi sarana bermain yang cukup tepat untuknya. Mainan yang tergantung diatasnya pun akan dapat menjadi alat guna mengembangkan koordinasi tangan dan matanya dengan lebih baik. Selain itu, bayi dengan usia 4 bulan pada umumnya akan mulai mampu melakukan beberapa hal ini.

  • Matanya kini sudah mulai dapat mengikuti pergerakan dan perpindahan benda dari satu tempat ke tempat lainnya. Dengan demikian tidak heran bila saat bunda memindahkan mainan yang ada dalam genggamannya ia akan terus menggerakan kepala dan penglihatannya pada objek yang sedang diperhatikannya.
  • Bayi anda pun kini sudah dapat meraih benda yang menarik perhatiannya. Hal ini tentu menandakan koordinasi tangan dan penglihatan si kecil terus dikembangkan dengan lebih baik.
  • Si kecil pun sudah mampu menegakkan kepalanya tanpa harus disangga atau dibantu oleh orang dewasa.
    Bila anda memposisikan si kecil untuk berdiri dipangkuan anda, maka kakinya akan mulai menjejak-jejak lantai, meski ia belum dapat berjalan.
  • Bayi berusia 4 bulan pun sudah mampu menegakkan kepala dan pundaknya saat diangkat dari tempat tidur atau bahkan pada saat digendong.
  • Kini ia pun sudah mulai dapat membalikan badannya dari posiis tengkurap ke posisi terlentang tanpa bantuan dari orang lain.
  • Bayi anda pun sudah dapat diposisikan duduk dengan disangga sebab kini tulang belakangnya sudah semakin menguat.
  • Pada usia ini bayi anda mungkin akan menjadi lebih aktif dan posisi tidurnya akan mungkin berubah. Demi menjaga keselamatannya, maka sebaiknya posisikan bantal untuk menghalangi tubuhnya dari terjatuh atau mendekati sumber bahaya.

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan Kemampuan Sosial

Bayi berusia ini umumya sudah dapat tersenyum secara spontan terhadap seseorang yang menarik perhatiannya. Selain melakukan hal ini, ia pun sudah mulai dapat melakukan banyak hal seperti:

  • Bermain dengan orang lain dan biasanya menangis saat permainan yang menurutnya mengasyikan dihentikan.
  • Menirukan ekspresi wajah orang dewasa yang tersenyum atau cemberut. Bahkan pada masa ini bayi akan berusaha menirukan menjulurkan lidah saat anda melakukan hal ini dihadapannya.
  • Bayi anda masih berkomunikasi dengan menangis. Suara tangisan yang ditunjukan oleh buah hati anda umumnya akan berbeda sesuai dengan kebutuhannya. Misalkan ketika lapar ia aka menangis lebih kencang dibandingkan pada saat popoknya basah karena tidak nyaman.

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan Kemampuan Bicara

Kini bayi anda sudah mulai bergumam dan berceloteh menirukan suara-suara yang ia dengar dengan memperhatikan pergerakan bibir orang dewasa saat berbicara dan mulai menirukannya. Bayi berusia 4 bulan pun akan mulai berceloteh dengan memadukan konsonan dan vokal seperti “pa-pa” atau “ya-ya”. Umumnya vokal A menjadi kata-kata yang lebih dulu diucapkan, terutama saat si kecil mulai dapat berceloteh.

Demikianlah beberapa hal yang terjadi pada perkembangan bayi usia 4 bulan. Semoga memberikan cukup informasi yang anda butuhkan. Simak artikel sebelumnya Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan