Home » Perkembangan Bayi » Perkembangan Bayi Tiap Minggu » Perkembangan Bayi Usia 3 Minggu

Perkembangan Bayi Usia 3 Minggu

Perkembangan bayi usia 3 minggu – Pada akhir minggu ke 3, bayi anda akan mulai dapat mengangkat kepalanya dengan perlahan dan kemungkinan ia pun sudah mulai dapat menggerakannya dari kanan ke kiri saat ia terbaring.

Sebelum melanjutkan pembahasan mengenai perkembangan bayi usia 3 minggu. Terlebih dahulu kami ucapkan selamat untuk bunda atas proses persalinan yang telah berhasil dilalui. Dengan lahirnya si buah hati, kini semakin legkap sudah kebahagiaan anda bersama dengan pasangan.

Untuk pertama kalinya, impian menimang si buah hati dalam pelukan anda dapat terwujud dan bisa anda rasakan dengan nyata. Lembut kulitnya dan hangat tubuhnya menjadi aroma yang paling anda sukai. Begitu pula dengan pasangan anda, saat ini hal yang paling disenanginya setelah pulang bekerja adalah menghampiri si kecil dalam ranjangnya dan mulai menciumi aroma tubuhnya.

Meskipun terkadang anda dibuat tidak biasa dengan kebiasaan baru yang dialami oleh pasangan anda. Namun ini bisa menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi saat pasangan anda bisa meluangkan waktu bersama anda dan si kecil, maka hal ini akan menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Ketika pasangan berada dirumah, anda bisa saling bergantian menjaga si kecil. Seperti misalkan meminta si suami menjaga si kecil yang sedang dijemur dibawah sinar matahari. Atau pada saat anda senang mempersiapkan sarapan pagi, maka jangan sungkan untuk bekerja sama. Ketika pekerjaan rumah dan kegiatan mengurus bayi bisa dilakukan secara bersama-sama, maka keharmonisan keluarga bisa didapatkan.

Perkembangan bayi Usia 3 Minggu

Waktu memang cepat berlalu, terasa seperti baru kemarin sore bunda merasa kontraksi kelahiran si kecil. Dan rupanya saat ini, proses kelahiran yang berhasil dilalui membuahkan malaikat kecil dan diberikan Tuhan. Hal ini tentu membuat bunda mensyukuri banyak hal yang Tuhan berikan dalam kehidupan anda. Untuk itulah, menjaga dan merawat bayi anda dengan baik adalah bentuk rasa syukur yang besar pada Tuhan.

Mengetahui perkembangan apa saja yang terjadi dengan buah hati anda tentu menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi usia yang masih begitu kecil membuat si kecil tak banyak mengembangkan kemampuan barunya. Padahal, ada beragam hal baru yang mereka pelajari meski terkadang tidak disadari.

Nah, untuk mengetahui perkembangan bayi usia 3 minggu. Mari kita simak beberapa hal dibawah ini.

Perkembangan Bayi Usia 3 Minggu

Perkembangan pada bayi umumnya terus berjalan setiap detiknya. Hanya saja, pada perkembangan udia 3 minggu ini umumnya merupakan perkembangan kecil yang seringkali tidak disadari. Pada bayi berusia 3 minggu mereka mulai mengenal cahaya. Hal ini tentunya membuat mereka mulai mengenali siang dan malam.

Bayi pun akan mulai lebih banyak terjaga pada siang hari dan tertidur saat malam hari. Dan pada masa ini anda pun sudah mulai dapat membantu si kecil membangun sensor motoriknya dengan perlahan. Seperti misalkan bernyanyi atau memperdengarkan lagu syahdu untuknya. Hal ini akan membuat bayi merasa tenang. Bahkan sebuah studi menunjukan stimulasi musik pada dasarnya sudah bisa diberikan pada bayi sejak mereka dalam rahim. Hal ini menunjukan kemampuan meningkatkan IQ dengan lebih baik.

Suara alunan Mozart bisa anda berikan untuk membuat si kecil berlatih mendengarkan irama. Meski demikian, hindarkan mengeluarkan suara yang keras atau musik yang bising sebab hal ini akan membuat si kecil tidak nyaman.

Bukan hanya itu, pada perkembangan bayi usia 3 minggu pun bayi sudah mampu mengangkat kepalanya saat ia ditengkurapkan. Menjelang akhir dari minggu ini ia sudah mulai dapat memalingkan kepalanya.

Sementara itu, penting juga memberikan stimulas pada perkembangan bayi usia 3 minggu dengan melakukan beberapa hal dibawah ini.

Stimulasi yang Harus Diberikan

Guna mendukung tumbuh kembang si buah hati agar berjalan dengan baik, maka anda bisa memberikan stimulasi baik untuknya. Pastikan bila anda memposisikan bayi untuk tengkurap pada saat ia terjaga. Bayi memang harus tidur dalam keadaan telentang dengan posisi perut dibagian atas. Akan tetapi, terkadang mereka pun perlu menghabiskan sebagian waktunya untuk terjaga dalam posisi tengkurap guna memperkuat bagian otot lehernya. Hal ini pun akan membantu mereka untuk dapat melakukan push up, berguling, duduk dan kemampuan merangkak yang akan dipejarinya nanti.

Sementara itu dalam menstimulasi agar si kecil semakin baik dalam mengembangkan kemampuan menggerakan kepalanya. Maka Anda bisa menempatkan kepala anda dihadapan si kecil untuk mendorongnya agar mau mengangkat kepalanya untuk melihat wajah anda.

Bukan hanya itu, stimulasi lain yang dapat dilakukan pada bayi adalah anda dapat menggulungkan handuk atau selimut diata dadanya untuk mendorong si kecil agar mau mendorong kepalanya kebagian depan.

Dengan melakukan beberapa stimulasi ini, maka otot dan sistem syaraf dalam tubuhnya akan lebih matang dan pergerakan sendi si kecil akan lebih fleksibel.

Pergerakan Motorik Lain Perkembangan Bayi Usia 3 Minggu

Pada saat ini anda akan merasa lebih gembira sebab si kecil mulai dapat menggerakan tangan dan kakinya dengan lebih teratur. Hal ini terjadi sebab bayi anda sudah mulai dapat mengontrol keduanya dengan lebih baik.

Selain itu, waktu tidur pada buah hati anda pun akan sedikit berkurang dibandingkan pada masa 2 minggu sebelumnya saat ia baru saja dilahirkan.

Pada masa ini bayi anda pun akan cenderung minta jatah ASI lebih banyak. Manfaat waktu memberikan ASI ini dengan lebih sering mengajak si kecil untuk mengobrol untuk menstimulasi kemampuan berbicaranya dengan lebih baik. Meski si kecil belum memahami apa yang anda sampaikan, namun hal ini akan baik untuk stimulasinya.
Selain itu, bayi anda mungkin tidur dalam keadaan mata yang sedikit terbuka. Namun tak perlu khawatir sebab pada dasarnya hal ini adalah hal yang wajar.

Cara Bayi Menenangkan Diri

Bayi anda senang dan perlu menghisap sesuatu untuk membuatnya tenang. Jadi demikian jangan pernah halangi bayi untuk menghisap. Terkadang anda butuh untuk beranjak sebentar dari si bayi untuk melakukan beberapa hal.

Nah, untuk mengatasi hal ini cobalah untuk memberikan si kecil dot untuk membuatnya lebih tenang. Hanya saja, jangan biasakan si kecil menggunakan dot dalam waktu yang lama sebab mereka tetap butuh asupan ASI yang cukup.

Sebuah studi dari The American Academy Of Pediatrics merekomendasikan menggunakan dot pada bayi saat mereka tidur siang atau pada saat terlelap dimalam hari. Berdasarkan bukti dari beberapa kasus menunjukan penggunaan dot akan dapat mengurangi resiko syndrom kematian bayi mendadak.

Selain dot, bayi anda akan mungkin memasukkan jari tangannya kebagian mulutnya yang mungil saat ia ingin menghisap. Hal ini dilakukannya untuk menenangkan dirinya sendiri. Nah, untuk itu maka pastikan bila jari jemari tangan si kecil selalu dalam keadaan yang bersih. Hal ini dilakukan untuk menghindari masuknya kuman kedalam tubuh si kecil melalui mulutnya.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari perkembangan bayi usia 3 minggu. Semoga artikel ini memberikan cukup informasi yang anda butuhkan dan semoga bermanfaat. Simak perkembangan sebelumnya pada artikel Perkembangan Bayi Usia 2 Minggu