Home » Perkembangan Bayi » Perkembangan Bayi Tiap Bulan » Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Berbeda pada usia 1 bulan dimana sebagian waktu si bayi lebih banyak dihabiskan untuk tidur. Pada perkembangan bayi usia 2 bulan, si kecil mulai menunjukan progres yang pesat. Kini, buah hati sudah mampu mengembangkan kemampuan penglihatannya dengan lebih baik.

Buah hati anda kini sudah menginjak usia ke 2 bulan, yang mana kini sebutan untuknya bukan lagi bergelar bayi baru lahir. Melainkan adalah bayi mungil yang tengah memasuki masa perkembangan dan pertumbuhan yang pesat. Perkembangan ini tentu menjadi momen besar dalam kehidupannya yang amat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Untuk itu, dampingi terus buah hati anda untuk memantau apakah perkembangannya dapat berjalan dengan baik atau mungkin saja terdapat sesuatu hal yang berbeda dengan si kecil.

Ya, mengetahui perkembangan bayi usia 2 bulan adalah salah satu hal yang amat penting untuk diketahui oleh para orangtua. Tujuannya itu tadi yakni untuk memantau tumbuh kembang si bayi sejak ia dilahirkan ke dunia.
Perkembangan si kecil pada minggu-minggu awal setelah kelahirannya dari rahim si ibu adalah masa-masa penting yang sebaiknya tidak dilewatkan begitu saja. Dimana apa yang dilakukan oleh orangtua pada buah hatinya diusia ini adalah hal penting yang akan mempengaruhi perkembangannya.

Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan 

Hal ini dikarenakan pada saat bayi anda menginjak usia ke 2 bulan, secara umum si kecil sudah dapat mengindentifikasi bunyi-bunyian yang berasal dari lingkungan sekitarnya. Untuk itulah, biarkan buah hati anda mengenali suara bundanya, kakaknya, ayahnya dan anggota keluarganya yang lain.

Dengan demikian, tidak ada salahnya mulai mengajak si kecil mengobrol dan melakukan interaksi lainnya. Meskipun buah hati anda belum memahami sepenuhnya semua perkataan yang anda sampaikan namun setidaknya ia mulai belajar mengenali mimik wajah dari orang yang berada dekat dari pandangannya.

Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan Secara Keseluruhan

Kini usia 2 bulan membuat banyak perkembangan pesat terjadi dengan tubuh dan semua organ didalamnya. Otak dan pendengarnannya mulai berkembang dengan pesat sehingga pada waktu ini bayi anda sudah mulai dapat diperdengarkan musik yang merdu.

Pada sekitar usia 6 minggu, ia pun sudah mulai dapat merespon musik dengan kaki yang menendang-nendang atau bersuara. Akan tetapi demikian, ia pun tetap membutuhkan ketenangan sehingga demikian hindari memperdengarkan musik dalam waktu yang panjang dan selektiflah memberikan jenis musik untuk bayi.

Pada usia ini umumnya bayi laki-laki akan memiliki ukuran berat kurang lebih sekitar 4,4-7 kg dengan panjang tubuh sekitar 54,7-62,2 cm. Sementara itu untuk bayi perempuan berat tubuhnya bisa mencapai 4 sampai dengan 6,5 kg dengan panjang tubuh sekitar 53,3 sampai dengan 60 cm. Ukuran panjang dan berat tubuh ini akan tentu saja berbeda dari setiap bayi.

Bayi anda mungkin bisa memiliki bobot yang lebih kecil atau lebih besar, selama bobotnya tidak jauh drastis dengan ukuran standar maka kondisi bayi anda digolongkan sebagai kondisi yang normal.

Selain beberapa perkembangan diatas, banyak pula perkembangan lain yang terjadi dengan kemampuan motorik, sosial dan kemampuan berbicaranya. Berikut ini adalah perkembangan yang terjadi pada bayi berusia 2 bulan.

Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan Kemampuan Motorik

Pada usia 7 minggu, ia pun mulai berusaha meraih benda-benda yang ada disekitarnya. Meskipun jarang sekali berhasil akan tetapi sesekali ia bisa menggenggam benda dalam tangannya dan sulit untuk dilepaskan. Untuk itu, sebaiknya hindarkan si kecil dari jangkauan benda-benda berbahaya seperti benda-benda yang tajam atau benda yang akan mungkin melukai tubuhnya.

Nah, selain beberapa hal tersebut dibawah ini adalah perkembangan bayi usia dibulan dilihat dari perkembangan motoriknya.

  • Perkembangan bayi usia 2 bulan umumnya sudah lebih kuat untuk menopang kepalanya (meskipun masih terhuyung-huyung) dan kini ia pun mulai dapat mengangkat kepalanya setinggi 45 derajat pada saat bunda menempatkannya dalam posisi tengkurap atau saat badannya ditegakkan.
  • Refleks menghisap pada bayi pun akan berlanjut pada bulan ke-2 usia pertumbuhannya. Mereka pun akan mulai senang menghisap jari jempol atau jari lainnya merupakan salah satu cara yang dilakukannya untuk menghibur dirinya sendiri.
  • Selain itu, kini si kecil pun sudah mulai menutup dan membuka genggaman tangannya sendiri dengan perlahan.
  • Bukan hanya itu, perkembangan lain yang cukup pesat pada masa ini adalah perkembangan yang terjadi pada penglihatannya. Bayi berusia 2 bulan membuat matanya mulai dapat mengikuti pergerakan objek benda saat benda tersebut dibawa keberbagai arah. Anda dapat menstimulasinya dengan memberikan mainan gantung yang bergerak. Selain itu, kegiatan mandipun bisa dijadikan media untuknya dalam belajar. Misalkan dengan menempatkan mainan yang dapat ditekan dan tentunya berikan warna-warna yang lebih kontras.

Pada akhir bulan, bayi anda mungkin sudah mulai berusaha meraih anda saat ia menginginkan perhatian anda.

Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan Kemampuan Sosial

Pada usia ini bayi anda akan mulai belajar untuk melakukan interaksi sosial, salah satunya adalah dengan memberikan senyumannya yang pertama. Dengan membalas senyumannya, ia akan tahu bahwa tindakannya tersebut direspon. Hal ini tentu akan membuat si bayi termotivasi untuk melakukannya lagi dan mempelajari hal yang lainnya. Selain itu, ia akan mulai belajar untuk dapat:

  • Meniup dan mengeluarkan suara ketika anda tengah berbicara atau melakukan interaksi padanya.
  • Bayi anda pun akan mulai mengenali anda dari jarak tertentu.
  • Pada saat ini si kecil akan mungkin mulai dapat meniru ekspresi anda.
  • Pada usia 8 minggu bayi anda akan mulai mengenali suara-suara tertentu, termasuk suara anda da semakin dapat mendengar bunyi-bunyian dengan lebih baik.

Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan Kemampuan Berbicara

Kemampuan dasar berbicara pada bayi dengan usia ini mungkin ditunjukan dengan si kecil yang mulai dapat membuat suara-suara bayi dan memberikan ekspresi wajahnya yang berubah-rubah sesuai dengan apa yang dirasakannya, semisal meniup, melotot atau menaikan alisnya pada saat ia merasakan kondisi yang tidak nyaman.

Cara Memberikan Rangsangan Pada Bayi Usia 2 Bulan

Guna mendukung perkembangannya agar lebih baik, maka orangtua perlu memberikan rangsangan atau stimulasi pada perkembangan bayi, dibawah ini adalah hal-hal yang dapat anda lakukan.

Stimulasi Motorik

  • Berikan bayi anda mainan yang aman untuknya agar dapat dipegang. Hal ini tentu bertujuan untuk memperbaiki kemampuannya dalam meraih dan menggenggam. Hanya saja, hindari memberikan mainan yang keras, tajam dan tidak higienis.
  • Dalam mendukung kemampuan motoriknya yang sudah mulai teratur saat si kecil bergerak, maka mungkin suara-suara gaduh yang terdengar tiba-tiba akan membuat mereka terkejut. Sebaiknya hindarkan si kecil dari suara-suara tersebut agar ia tidak mudah terkaget.

Stimulasi Berbicara

  • Jangan hentikan interaksi seperti mengobrol dan bercanda dengan buah hati anda. Apalagi saat ini kemampuan penglihatannya sudah jauh lebih baik. Untuk itu, tetap lakukan hal ini.
  • Tanyakan banyak hal padanya, meski ia belum mengerti namun si kecil akan mulai menyimak apa yang anda tanyakan padanya.

Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan dalam memberikan stimulasi untuk mendukung perkembangan bayi pada usia 2 bulan. Semoga bermanfaat.