Perkembangan Bayi Usia 12 Bulan

Posted on

Perkembangan bayi usia 12 bulan – Pada ulang tahun pertamanya, si kecil mungkin sudah dapat berdiri sendiri tanpa harus berpegangan, baik pada anda maupun pada benda yang ada disekitarnya.

Perkembangan bayi usia 12 bulan membuatnya kini sudah mulai mengembangkan kemampuan yang telah dipelajarinya dengan baik. Sebelum menyimak lebih dalam mengenai perkembangan si buah hati pada usia ini, kami ucapkan selamat terlebih dahulu ya bunda. Kegiatan mengurus dan mengasuh si buah hati kini sudah masuk dalam tahun pertama dalam kehidupannya.

Waktu rasanya terlalu cepat berlalu sampai-sampai tidak terasa seperti baru kemarin anda dan pasangan merencanakan kehamilan si buah hati. Tahu-tahu kini si mungil sudah berada dalam pelukan anda dan anda mulai menyaksikan detik demi detik perkembangannya.

Nah, pada saat ini anda mungkin sudah dapat mulai menandai tanggal kelahiran si kecil dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut ulang tahun pertama buah cinta anda. Kegiatan ini tentu menjadi hal yang menyenangkan dan menggembirakan. Terutama untuk para orangtua yang sudah tak sabar ingin memberikan perayaan ulang tahun bagi buah cintanya.

Tak heran bila anda dan pasangan akan dengn apik dan teliti mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan oleh si kecil. Meski pun si kecil belum dapat memahami sebuah pesta atau perayaan, namun rupanya hal ini tidak menghalangi anda untuk melakukannya.

Dari memilih konsep ulang tahun, memasang dekorasi lucu di dinding rumah, sampai dengan memilihkan pakaian untuk si buah hati adalah serangkaian kegiatan yang mulai menyibukkan anda saat ini. Teman dan kerabat anda pun mulai dikabari satu per satu untuk bisa meluangkan waktu datang ke perayaan ulang tahun si kecil. Tidak masalah memang, selama hal ini bisa anda lakukan dan membuat si kecil merasa nyaman mengapa tidak merayakan ulang tahun pertamanya dengan perayaan yang sudah anda impikan.

Perkembangan bayi usia 12 bulan

 

Namun demikian, ada pula sebagian ibu lain yang memilih tidak memberikan pesta perayaan yang besar untuk si kecil pada usia ini. Dengan alasan si kecil masih belum mengerti dan memahami makna pesta maka tidak sedikit orangtua yang menunda merayakan ulang tahun buah hatinya sampai si kecil mulai dapat berinteraksi dengan orang lain.
Akan tetapi, selain sibuk mempersiapkan pesta untuk si buah hati. Penting pula untuk anda mengetahui apa saja perkembangan yang mulai terjadi dengan si kecil pada usia ini. Dengan begini maka bunda bisa mengawasi apakah perkembangannya berjalan dengan normal atau tidak. Seperti apa sih perkembangan bayi usia 12 bulan? Simak dibawah ini.

Perkembangan Bayi Usia 12 Bulan Secara Umum

Banyak hal yang akan membuat anda sangat bangga pada saat si kecil memasuki usia ini. Pasalnya, ada banyak hal ajaib yang mulai terjadi dengan buah hati anda. Selain si kecil yang semakin mahir menguasai kemampuan yang sudah dipelajarinya pada bulan-bulan sebelumnya. Buah hati anda pun kini sudah bertransformasi menjadi seorang batita kecil yang menggemaskan. Dengan demikian, sebagai ibu anda tidak boleh melewatkan perkembangan ini karena teralihkan dengan hal-hal lain seperti persiapan pesat ulang tahunnya.

Terus amati dan dukung perkembangan buah hati anda agar tumbuh kembangnya bisa terjaga dengan baik. Pada usia ini ada cukup banyak hal yang terjadi dengan si buah hati. Usia 12 ulan membuat si kecil telah mengenal benda yang ia lihat di tempat lain. Misalkan, ia memiliki benda tersebut dirumah, maka ia pun akan dengan mudah mengenal benda serupa ketika si kecil berjalan-jalan ke tempat lain.

Bayi anda pun sudah mulai dapat berdiri sendiri sehingga ketika bunda merayakan pesat ulang tahun yang pertamanya, maka bunda bisa meminta si kecil untuk meniup lilin ulang tahunnya. Namun tentunya hal ini tidaklah bisa dilakukannya seorang diri. Si kecil mungkin akan takut dengan api pada lilin jika sebelumnya ia belum pernah diperkenalkan pada hal tersebut. Akan tetapi, sebagian bayi lain justru merasa senang diberikan kesempatan untuk meniup lilin meskipun hembusan nafasnya belum cukup kencang untuk mematikannya.

Perkembangan Bayi Usia 12 Bulan Kemampuan Berbicara

Usia ini bisa dibilang sebagai akhir dari tahapan sensor motorik pada bayi anda. Pada masa ini bayi anda akan mulai terampil bukan hanya dari berbagai gerakan yang dilakukan saja, melainkan dari segi bahasa dan kosa kata pun ia akan semakin mengembangkan kemampuan ini dengan lebih baik.

Jika sebelumnya kata-kata yang mampu diucapkannya hanya berupa menggabungkan vokal dan konsonan saja. Kali ini beberapa kosa kata yang sering didengarnya akan mulai ia kuasai meski belum sebaik pelafalannya. Dengan demikian bayi anda mungkin akan dapat melafalkan kata seperti “ma-u”, “ya”, “mamam” dan lain sebagainya.

Ia pun kini mulai mengerti beberapa penggunaan kosa kata sesuai dengan fungsinya. Jadi demikian pada saat anda bertanya pada si kecil akan beberapa hal. Bukan tidak mungkin ia akan mulai mengerti dengan memberikan jawaban seperti mengangguk atau menggelengkan kepala. Misalkan saat anda menawarinya makan, maka si kecil yang sedang lapar akan mungkin mengangguk dengan maksud setuju.

Meski demikian umumnya kosakata yang dipelajarinya masihlah begitu terbatas. Bayi anda biasanya belum bisa mengungkapkan emosi yang dirasakannya dan memberitahukan hal tersebut pada orang-orang terdekatnya.
Untuk itulah, pernanan orangtua dalam hal ini akan sangat dibutuhkan. Sebab bayi anda perlu terus mengembangkan kemampuan ini agar lebih baik sehingga ia dapat menguasainya dengan tepat dikemudian hari.
Bayi akan meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Jadi demikian, jangan berhenti untuk selalu mengajarkan mereka hal-hal yang baru dan terus mengajak mereka berbicara agar kosa kata dan kemampuan berbahasanya semakin kaya.

Perkembangan Bayi Usia 12 Bulan Kemampuan Motoriknya

Ada cukup banyak hal yang mengejutkan yang terjadi pada usia ini. Beberapa hal tersebut akan mungkin membuat ibu merasa bangga. Sebab saat ini bayi anda sudah mulai dapat menggunakan perlengkapan mandinya seperti sikat gigi, atau memegang sisir dengan baik. Tak heran ia pun akan mulai menirukan kegiatan menyisir dengan menghadapkan gerigi sisir pada rambutnya.

Selain itu, anda pun sudah mulai bisa mengganti penggunaan botol pada buah hati dan mulai memperkenalkan cangkir sebagai media untuk minum. Adapun jenis cangkir yang bisa diperkenalkan pada buah hati anda diusia ini adalah cangkir jenis sippy cup yang memiliki pegangan dibagian kedua pinggirnya. Selain itu, moncong pada cangkir akan memungkinkan buah hati anda untuk dapat minum dari bagian tersebut tanpa tumpah mengenai bajunya.

Perkembangan Bayi Usia 12 Bulan Kemampuan Sosialnya

Bayi pada usia ini lebih cenderung senang ditemani. Ia pun akan senang pada saat banyak orang bersamanya sebaliknya si kecil akan mungkin menangis pada saat ditinggalkan sendirian. Saat si kecil dikelilingi oleh orang-orang terdekatnya mereka akan merasa nyaman dan lebih anteng.

Selan itu, usia ini pun membuat si kecil lebih pemilih terhadap orang-orang yang dijumpainya. Sehingga kehadiran orang asing dekatnya akan membuat si kecil merasa tidak nyaman.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari perkembangan bayi usia 12 bulan yang menakjubkan. Simak perkembangan bayi usia sebelumnya di Perkembangan Bayi Usia 11 Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *