Home » Perkembangan Bayi » Perkembangan Bayi Tiap Bulan » Perkembangan Bayi Usia 11 Bulan

Perkembangan Bayi Usia 11 Bulan

Pada umumnya bila si kecil sudah mulai dapat berjalan, perkembangan bayi usia 11 bulan akan membuat si bayi mulai menunjukan latihan untuk berlari dan terjatuh sempoyongan karena kaki mereka masih belum sempurna dalam menyangga tubuh dengan posisi berdiri.

Sebelum membahas mengenai perkembangan si buah hati dalam tahapan yang lebih lanjut. Terlebih dahulu saya ucapkan selamat atas perkembangan buah hati anda yang begitu pesat dan menakjubkan. Tumbuh kembang yang berjalan dengan baik ini tentu tidak terjadi dengan mudah dan begitu saja tanpa adanya dukungan dan peran anda sebagai seorang ibu.

Besarnya cinta dan kasih ibu pada si buah hati sejak mereka masih berada dalam kandungan hingga saat ini membuat si kecil mampu tumbuh menjadi anak dengan bakat yang luar biasa. Untuk itulah, sekali lagi kami ucapkan selamat atas perkembangan bayi usia 11 bulan ini ya bunda.

Perkembangan pesat yang terjadi dengan si buah hati tak jarang membuat waktu terasa cepat berlalu. Rasanya seperti baru kemarin ayah dan bunda menantikan kelahiran si buah hati. Namun kini, si malaikat kecil telah berada dalam pelukan anda dan keluarga dan bertumbuh menjadi seorang bayi yang sedang berkembang.

Keberhasilan bunda dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan si buah hati akhirnya telah sampai pada usia ini, yang mana ini artinya tinggal selangkah lagi menuju usia tahun pertama pengasuhan bayi. Setelah 1 tahun nanti tentu ada begitu banyak hal dan perubahan yang terjadi dengan buah cinta anda. Belum lagi, berat tubuhnya dan panjang tubuhnya yang terus dikembangkan dari waktu ke waktu akan membuat rupanya semakin menggemaskan.

Perkembangan Bayi Usia 11 Bulan

Ia pun nanti akan mulai dapat berjalan, berbicara dan berlari kesana kemari. Hal ini mungkin akan menjadi momen yang menyenangkan sekaligus cukup merepotkan. Sebab si kecil yang hilir mudik kesana kemari akan mungkin membuat bunda pusing dan sulit mengendalikannya. Untuk itulah, segala persiapan penting dalam menyambut buah hati anda betumbuh adalah hal penting agar tumbuh kembangnya berjalan dengan baik.

Lantas, apa saja sih perkembangan bayi usia 11 bulan yang dapat terjadi dibulan ini? Mari simak dibawah ini.

Perkembangan Bayi Usia 11 Bulan Secara Keseluruhan

Ada cukup banyak perkembangan bayi usia 11 yang terjadi yang cukup menakjubka untuk disimak. Selain si kecil yang semakin memperbaiki perkembangan di suia sebelumnya ada pula hal baru yang mulai dipelajarinya pada usia ini. Bayi anda kini sudah mulai belatih untuk keluar dari dirinya sendiri dan pada momen ini biasanya mereka akan mulai membutuhkan teman untuk bermain dan belajar.

Bahkan pada beberapa bayi yang diusia sebelumnya sudah mulai berlatih untuk dapat berjalan, si kecil kini sudah mulai dapat berdiri sendiri dan mulai melangkahkan kaki-kakinya. Meski awalnya ia akan terlihat seperti robot yang berusaha untuk berjalan, namun ini adala tahapan pertama untuk si kecil dapat menguasai kemampuan untuk dapat berjalan dengan lancar.

Jadi demikian, orangtua perlu mendukung si kecil dengan memastikan area rumah yang dieksplor oleh si buah hati dalam keadaan bersih dan terhindar dari sumber bahaya yang akan mempertaruhkan keselamatannya.

Selain itu, penting pula untuk orangtua selalu memperhatikan buah hatinya. Apalagi kemampuan berjalan yang sudah mulai dikembangkan oleh buah hati anda, bisa mungkin membuat keselamatannya semakin beresiko. Jangan pernah tinggalkan buah hati anda seorang diri meski dengan alasan apapun. Apalagi menitipkannya sementara pada anak-anak.

Salah-salah hal ini malah akan menimbulkan bahaya besar untuk keduanya. Ketika anda merasa membutuhkan bantuan oranglain sementara untuk menjaga si buah hati. Maka mintalah bantuan orang dewasa yang dapat anda percaya, semisal orangtua anda yang sehat, kakak anda ataupun paman dan bibi anda yang bisa anda percaya.

Perkembangan Bayi Usia 11 Bulan Kemampuan Sosial

Pada saat ini si kecil sudah mulai terbangun dari tempat tidurnya sendiri. Anda pun akan mungkin mendapati si kecil sudah terbangun dalam posisi duduk. Pada saat si kecil bangun dan tidak mendapati seorangpun berada bersamanya maka ia akan menangis. Yang mana ini artinya ia membutuhkan teman untuk bisa bercengkrama bersama dengannya.

Upayakan minta seseorang, baik pasangan ataupun adik anda yang sudah besar untuk bisa menemaninya. Kehadiran seseorang bersama dengan si buah hati terutama pada saat ia sudha terbangun aka membuat si kecil merasa lebih tenang dan nyaman.

Selain itu, pada saat ii bayi anda akan lebih sering berbaur dengan bayi lainnya. Bayi anda sudah mulai melatih konsep untuk berbagi. Dengan demikian, tidak heran bila anda akan sering mendapati si kecil mulai berbagi makanan.

Bukan hanya itu, hal ini pun akan lebih cenderung membuat si kecil terlihat akur bermain dengan anak bayi seusianya. Misalkan ketika bayi anda bersama bayi teman anda disatukan dalam satu area bermain yang sama dan terdapat banyak mainan milik bayi and aberserakan disana. Maka mungkin hal ini akan membuat si kecil dengan tidak ragu memberikan jenis mainan lain yang tidak sedang ia mainkan. Akan tetapi, ada kalanya ia pun bisa berubah menjadi menangis atau rewel tatkala temannya tersebut mengambil mainan yang sedang asyik dimainkannya.

Dalam hal ini, peranan ibu amatlah sangat penting dan dibutuhkan guna mengawasi jika bayi anda tidak terlibat pertengkaran dengan bayi lainnya. Ataupun memastikan bila si buah hati tidak melakukan hal yang dapat membahayakan dirinya sendiri seperti memakan mainannya dan lain sebagainya.

Perkembangan Bayi Usian 11 Bulan Kemampuan Motoriknya

Pada sata ini bayi anda sudah mulai belajar dalam mengkelompokan mainan berdasarkan dengan tatanannya. Jadi demikian, bila anda memiliki mainan seperti balok yang disusun, bola yang disusun berdasarkan ukurannya maka mainan ini akan baik untuk si kecil. Mereka akan senang untuk menempatkan mianan tersebut sesuai dengan urutannya.

Selain itu, tidak ada salahnya ikut bermain bersama dengan buah hati anda agar mereka semakin menikmati permainan tersebut. Cobalah untuk memberikan mainan secara acak dan biarkan si kecil mengaturnya sesuai dengan keinginannya.

Pada masa ini bayi anda pun sudah mulai dapat menunjuk dengan lebih spesifik pada sebuah objek yang sedang diperhatikannya. Jika sebelumnya si kecil bisa meraupkan semua tangannya, kini ia mulai dapat mengacungkan salah satu jarinya untuk menunjuk benda yang dilihatnya.

Si kecil pun akan sangat suka mendorong mainannya begitu ia dapat merangkak. Kini ia pun mulai berputar dan menoleh ibunya ketika namanya dipanggil. Bukan hanya oleh orangtuanya, saat ia mendengar namanya dibicarakan oleh oranglain, perhatiannya akan mulai tertuju pada orang tersebut.

Demikianlah beberapa perkembangan bayi usia 11 bulan yang dapat disampaikan. Semoga artikel ini memberikan cukup informasi yang anda butuhkan. Simak Perkembangan Bayi Usia 10 Bulan