Home » Perkembangan Bayi » Perkembangan Bayi Tiap Bulan » Perkembangan Bayi Usia 10 Bulan

Perkembangan Bayi Usia 10 Bulan

Perkembangan bayi usia 10 bulan cukup pesat dan menakjubkan. Bahkan beberapa bayi mampu melangkah untuk pertama kalinya seelum berusia 1 tahun.

Ya, perkembangan yang pesat yang dialami oleh si kecil dengan usia ini tentu akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi kedua orangtuanya. Setelah menanti kelahiran selama 9 bulan saat masa kehamilan dulu, akhirnya usia buah hati anda mengenal dunia kini telah berjalan selama 10 bulan dan ia pun semakin mengembangkan kemampuan baru yang cukup beragam dalam hidupnya.

Kini ia pun berubah dari seorang bayi baru lahir yang sebelumnya belum mampu melakukan apa-apa menjadi seorang anak yang dibekali dengan kemampuan luar biasa untuk melakukan banyak hal. Hal ini tentunya membuat ayah dan ibu bangga menjadi saksi setiap detik perkembangan si buah hati yang begitu menakjubkan.

Untuk itu, jangan pernah berhenti memberikan mereka dukungan dan stimulasi ya bun. Bantu si kecil agar tumbuh kembangnya berjalan dengan optimal. Bila perlu ajak pula pasangan menyisihkan lebih banyak waktu di akhir pekan untuk bisa bermain dan menghabiskan waktu berkualitas bersama dengan si buah hati. Hal ini pun bisa sekaligus dijadikan sebagai sarana membangun kedekatan emosional yang lebih besar bersama dengan si malaikat mungil anda.

Banyak perubahan yang menarik untuk terus diikuti, termasuk peruahan dari bayi berguling sampai dengan fase merangkak. Seiring dengan berjalannya waktu, si kecil kini sudah dapat mengontrol sendiri otot punggung dan bahunya sehingga hal ini membuatnya dapat duduk dengan tegak.

Perkembangan bayi usia 10 bulan

Selain itu, dengan menggunakan kekuatan otot dan lengannya, bayi anda pun sekarang sudah mulai terampil dalam menarik tubuhnya dari posisi berdiri, kemudian menurunkanya dengan cara berpegangan, baik pada ibunya atau pada perabotan rumah tangga yang ada disekitarnya.

Perkembangan kemampuan fisik ini beriringan dengan semakin membaiknya perkembangan emosional pada buah hati anda. Dengan demikian akan semakin menarik ketika anda melakukan interaksi dengannya.

Pada masa ini tentunya akan lebih mudah untuk anda membuat mereka tertawa dan gembira. Namun tentunya, si kecil pun akan lebih mudah menangis dan rewel saat ia merasakan ketidaknyamanan, seperti ditinggalkan oleh ibunya, popoknya yang basah dan lain sebagainya.

Nah, sebagai orangtua yang baik, tentunya perkembangan menakjubkan buah hati anda ini patut untuk selalu diikuti. Anda pun perlu memperhatikan dengan baik bagaimana pola perawatan dan pengasuhan yang baik pada waktu ini. Hal ini semata-mata dilakukan agar tumbuh kembang bayi anda dapat berjalan tanpa hambatan sebab masalah sedikit saja maka akan fatal akibatnya.

Perkembangan Bayi Usia 10 Bulan Kemampuan Motorik

Pada saat ini, bayi anda akan mulai dapat berdiri dan berjalan merambat sambil berpegangan pada perabotan rumah tangga yang kokoh. Hal ini dilakukannya sebagai media untuk menyangga berat badannya karena keseimbangan tubuhnya belum terbangun dengan sempurna. Nah, pada masa ini anda tentunya harus lebih waspada dan pastikan bila perabotan rumah tangga yang ada disekitar si kecil adalah benda yang aman.

Si kecil pun sudah mulai senang berkeliling dan mengeksplor area dirumah dengan jangkauan yang lebih luas. Biasanya ia akan merangkak kesana kemari untuk melihat sekelilingnya. Untuk itu, maka mungkin anda perlu membersihkan seisi ruangan rumah untuk berjaga-jaga jika ruangan tersebut dilalui si kecil saat merangkak. Selain itu, pastikan bila keamanan si buah hati tetap terjaga dengan baik.

Pada usia ini sebagian bayi bahkan sudah mulai mengembangkan kemampuannya untuk berjalan yakni dengan melangkahkan kakinya untuk pertama kalinya. Meski demikian, umumnya tidak sedikit anak yang mulai mengembangkan kemampuan berjalan sebelum usia 1 tahun akan lama untuknya mulai berjalan sesudahnya.

Bayi usia 10 bulan pun sudah mulai dapat diajarkan untuk bertepuk tangan sebab otot-otot tangannya sudah semakin kuat dan cekatan. Setelah bayi mempelajari hal ini mereka akan mulai menyadari bahwa kegiatan ini menyenangkan untuknya. Sehingga tidak heran bila anda akan sering menjumpai bayi anda menepuk-nepukan kedua tangannya.

Perkembangan Bayi Usia 10 Bulan Kemampuan Bicara

Usia 10 bulan pada bayi anda membuat mereka semakin mengembangkan kemampuan bicaranya dengan lebih baik. Bayi anda kini sudah semakin memahami perkataan-perkataan yang sering didengarnya. Bahkan pada saat anda berbicara pada mereka, si kecil akan berusaha belajar untuk merespon hal tersebut dengan kata-kata juga.

Untuk itu, maka biasakan untuk selalu mengajak mereka berbicara dan beriteraksi. Sebuah penelitian menunjukan anak-anak yang sering diajak berbicara sejak mereka lahir menunjukan perkembangan IQ yang lebih baik dibandingkan anak-anak sebayanya. Meski anak anda belum memahami dengan baik maksud dari perkataan anda, namun perlahan ia akan mulai menyerap hal tersebut dan belajar untuk melafalkannya.

Perkembangan Bayi Usia 10 Bulan Kemampuan Sosial

Pada perkembangan bayi usia 10 bulan ada cukup banyak hal yang membuat oranglain semakin senang berinteraksi dengannya. Hal ini dikarenakan pada usia ini si kecil sudah mulai mampu:

Menunjukan ketertarikannya pada suatu hal. Dengan demikian pada saat anda atau oranglain mengajak mereka bermain dan si kecil mendapati hal tersebut menyenangkan maka ia akan berusaha untuk berinteraksi dengan mereka. Sebaliknya, saat permainan tersebut dihentikan maka hal tersebut akan membuat si kecil menangis.

Kepekaan emosi pada si kecil semakin dikembangkan dengan baik. Hal ini membuat mereka tidak hanya mengungkakan emosinya dengan menangis dan tertawa saja. Namun si kecil pun akan mulai berteriak dan memukul-mukul untuk menarik perhatin orang lain.

Si kecil akan lebih senang untuk selalu disertai dengan orang-orang terdekatnya. Sebaliknya keberadaan orang asing yang ada didekatnya akan membuat mereka merasa tidak nyaman. Dengan begini bunda bisa mulai memperkenalkan si kecil pada teman atau kerabat agar interaksinya dengan oranglain bisa terjalin dengan lebih baik.

Bagaimana Memberikan Stimulasi Pada Anak Usia Ini?

Dalam rangka membantu si kecil mengembangkan kemampuan baru yang dipelajarinya, maka penting untuk orangtua agar selalu memberikan stimulasi yang baik untuk tubuhnya. Berikut ini adalah beberapa stimulasi yang dapat diberikan pada anak berusia 10 bulan.

Bayi anda sudah mulai dapat berdiri tanpa bantuan dari siapapun. Untuk menstimulasi si kecil agar mau berdiri sendiri, maka cobalah mengacungkan kedua tangan dihadapan si kecil. Hal ini akan berguna untuk menariknya supaya ia bisa berpegangan pada kedua tangan anda, berdiri serta melangkahkan kedua kakinya dengan perlahan.

Letakkan maiann kesukaannya pada tempat yang dapat dijangkaunya. Hal ini bertujuan untuk mendukung bayi agar mau merangkak dan mendukung mereka untuk menguasi kemampuan ini.

Hindari menggunakan sarana baby walker untuk membantu si kecil agar bisa cepa berjalan. Sarana ini masih menjadi kontroversi yang cukup besar hingga sampai saat ini. Penggunaan baby walker akan cenderung mencelakai buah hati anda.

Demikian beberapa hal yang dapat disampaikan dari perkembangan bayi usia 10 bulan. Semoga bermafaat dan memberikan cukup informasi yang anda cari. Simak perkembangan bayi sebelumnya di Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan