Home » Perkembangan Bayi » Perkembangan Bayi Tiap Minggu » Perkembangan Bayi Usia 1 Minggu

Perkembangan Bayi Usia 1 Minggu

Perkembangan bayi usia 1 minggu – Pada bulan-bulan pertamanya, bayi akan sibuk mencari cara untuk mengontrol tubuhnya sendiri. Ia akan kehilangan refleks dari gerakan yang mendadak seperti terkejut dan mulai menggerakan kaki dan tangannya dalam cara yang lebih lembut.

Perkembangan bayi usia 1 minggu memang menjadi hal yang menarik untuk disimak. Apalagi jika ini merupakan kelahiran bayi pertama anda, pastinya anda akan dengan lebih bersemangat mengetahui perkembangan apa saja yang terjadi dengan buah hati anda. Akan tetapi, sebelum itu kami ucapkan selamat terlebih dahulu ya bunda atas proses kelahiran yang baru saja selesai bunda alami.

Perjalanan panjang dan penantian yang sudah tidak sabar akan kehadiran si buah hati dalam pelukan anda. Kini berbuah manis dengan hadirnya si malaikat mungil dalam pelukan anda. Lembut kulitnya, mungil anggota tubuhnya, serta wangi aroma tubuhnya membuat bunda semakin tak percaya bahwa kini anda adalah seorang ibu dari bayi yang lucu dan menggemaskan.

Rasanya tak sabar untuk segera memberitahu semua anggota keluarga tentang berita kelahiran ini. Apalagi melihat rona lega pada wajah suami seperti menjadi kekuatan yang besar yang mengganti energi yang telah hilang dihempaskan dimeja kelahiran. Perjuangan besar yang bunda lakukan bersama dengan si buah hati kini berbuah bahagia dengan kehangatan tubuh si kecil yang bisa bunda rasakan.

Perkembangan Bayi Usia 1 Minggu

Tak heran bila saat ini sepekan selepas kelahiran si buah hati bunda akan cukup penasaran apa saja yang terjadi dengan buah hati anda saat ini. Sebab saat ini bunda hanya dapat menyaksikan geliat manja dan ketanangan dari hembusan nafas si kecil yang begitu menggemaskan.

Dengan demikianlah beberapa informasi seputar perkembangan bayi usia 1 minggu atau dua pekan setelah kelahirannya akan menjadi informasi penting untuk disimak bersama dengan pasangan. Dengan mengetahui informasi ini bunda akan dapat menentukan perawatan dan stimulasi apa saja yang harus bunda lakukan pada si buah hati. Selain itu, pengetahuan ini pun memungkinkan bunda lebih waspada terhadap masalah yang umum dialami oleh anak bayi yang baru berusia satu pekan.

Ingin tahu seperti apa perkembangan bayi usia 1 minggu setelah dilahirkan? Simak dibawah ini.

Perkembangan Bayi Usia 1 Minggu

Usia bayi yang masih begitu muda membuat mereka belum siap mengembangkan kemampuan fisik dengan begitu cepat dan seketika. Setiap perkembangan besar yang terjadi dengan bayi akan berjalan secara bertahap seiring dengan berjalannya waktu.

Perhatiannya Hanya Tertuju Pada Anda

Pada masa ini, penglihatan si kecil masih begitu kabur. Bahkan sebuah penelitian menunjukan bahwa bayi baru lahir umumnya masih rabun dan belum dapat melihat dengan jelas. Akan tetapi, tak perlu khawatir perkembangan ini tentu akan terus berjalan dan bertumbuh. Tak lama setelah beberapa bulan kemudian bayi anda akan dapat melihat dengan lebih baik sehingga ia pun akan dapat melihat wajah anda dengan jelas dan mulai merabanya dengan erat.

Selain itu, jangan khawatir bila anda mendapati pandangan si kecil tidak langsung tertuju pada mata anda. Sebab hal ini dikarenakan bayi baru lahir cenderung lebih tertarik melihat alis, mulut atau bahkan rambut anda pada saat anda berkomuniksi dengannya. Hal ini akan tentu saja berubah menjadi lebih baik saat bayi menginjak bulan pertamanya. Ia akan mulai tertarik untuk melakukan kontak mata dengan anda.

Selain itu, jangan heran bila pada waktu ini anda belum bisa memastikan kemiripan wajah si kecil. Karena sebuah studi menunjukan bahwa bayi baru lahir umumnya memiliki semua pola wajah dan warna. Meskipun anda dan pasangan memiliki kulit yang terang atau lebih gelap, bayi anda mungkin bisa terlihat berbeda dengan anda dan pasangan. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu maka and akan mulai melihat kemiripannya.

Stimulasi Penglihatannya dengan Baik

Berikan kesempatan buah hati anda untuk dapat melihat segala hal dengan lebih dekat, semisal melihat wajah anda. Mengigat pada saat ini penglihatannya belum dikembangkan dengan baik, maka cobalah untuk mendekatkan wajah anda pada saat anda menyusui si kecil. Biarkan si kecil melihat lebih dekat wajah anda meskipun dalam keadaan yang masih kabur. Gerakan kepala anda dengan perlahan dari sisi ke sisi dan lihat dengan perlahan bila bola matanya mulai bergerak mengikuti wajah anda.

Perlu diketahui latihan ini akan dapat membantu memperkuat otot-otot pada mata si kecil. Selain itu, jangan khawatir bila anda mendapati si kecil terlihat juling sewaktu memperhatikan anda. Hal ini normal untuk mata bayi sebagaimana ia masih belajar dalam mengenali objek dengan kemampuan penglihatan yang masih terbatas.

Kenali Masalah Berat Badannya

Ketika anda menyusui si kecil, anda mungkin bertanya-tanya apakah berat tubuhnya bertambah pada masa ini. Mengingat si kecil lebih intens dan terlihat selalu lapar saat anda memberikan mereka ASI. Si kecil bisa saja mulai menaikan berat badannya. Namun sebagian besar bayi lain bisa jadi belum menaikan berat tubuhnya meski terlihat sering menyusu. Akan tetapi, hal ini adalah hal yang wajar dan normal terjadi pada bayi sebab beberapa waktu yang akan datang perkembangan berat dan panjang tubuhnya akan terus meningkat.

Hanya saja, pastikan bila anda terus memberikan mereka ASI sebab ini adalah satu-satunya sumber asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh buah hati anda.

Tanda Bayi Mendapatkan Cukup ASI

Pada tahapan ini ASI adalah hal yang penting yang dibutuhkan oleh bayi. Pemberian ASI yang cukup akan menunjang bayi dalam mengembangkan segala hal dalam tubuhnya dengan lebih baik. Nah, untuk mengetahui jika bayi anda mendapatkan asupan ASI yang cukup, maka berikut ini adalah beberapa tandanya:

  • Payudara anda akan terasa kosong jika bayi anda mendapatkan cukup ASI. Hal ini dikarenakan pada usia ini, bayi anda meng-ASI dalam jumlah yang bayak.
  • Selain itu payudara umumnya akan terasa lebih lembut setelah anda menyusui si kecil. Perbedaan ini akan terlihat saat payudara anda masih penuh dengan air susu.
  • Bayi yang mendapatkan asupan ASI yang cukup akan terlihat dari kualitas kulit bayi yang lebih cerah dan umumnya lebih kenyal.
  • Bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI yang cukup atau dehidrasi akan dapat terlihat ketika anda mencubit halus kulitnya, maka kulit tersebut akan tetap mengkerut.
  • Bayi anda akan dapat mengembangkan berat dan panjang tubuhnya dengan baik.
  • Bayi yang mendapatkan cukup ASI akan tedengar suara hisapan saat ia menyusu pada ibunya.
  • Bayi yang mendapatkan cukup ASI pun akan dapat buang air besar dengan teratur dan tekstur kotorannya berwarna kuning lembut.

Meskipun anda teratur dalam memberikan ASI atau susu formula untuk si buah hati pada usia ini. Akan tetapi satu hal yang perlu diingat adalah tumbuh kembang setiap bayi berbeda-beda. Dan pada tingkatan yang berbeda-beda pertumbuhan si kecil bisa saja melambat pada waktu tertentu.

Selain itu, perlu diketahui jika bayi anda terlahir dengan ukuran tubuh yang besar, maka kemungkinan tumbuh kembangnya tidak akan secepat saat ia dilahirkan. Perkembangan bayi usia 1 minggu tersebut akan berjalan dengan bertahap dan beraturan.

Demikian beberapa hal yang dapat disampaikan dari perkembangan bayi usia 1 minggu. Semoga bermanfaat.